Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN Oleh : Dr. DJOKO SANTOSA TH, MPd. TIM PENGAMPU.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN Oleh : Dr. DJOKO SANTOSA TH, MPd. TIM PENGAMPU."— Transcript presentasi:

1 MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN Oleh : Dr. DJOKO SANTOSA TH, MPd. TIM PENGAMPU

2 Pengertian Strategi Pembelajaran Dick dan Carey (1985) : Strategi pembelajaran menjelaskan komponen-komponen umum dari suatu setting bahan instruksional dan prosedur-prosedur yang akan digunakan bersama bahan-bahan tersebut untuk menghasilkan hasil belajar tertentu pada mahasiswa.

3 Komponen Strategi Pembelajaran 1.Urutan Kegiatan Instruksional 2.Metode 3.Media 4.Waktu

4 1. Urutan Kegiatan Instruksional Komponen Pendahuluan : 1.Penjelasan singkat isi materi Pada permulaan pembelajaran, peserta didik ingin segera mengetahui apa yang akan dipelajarinya. 2.Relevansi materi dengan pengalaman peserta didik yang akan lebih cepat mempelajari hal baru bila sesuatu yang akan dipelajarinya itu dikaitkan dengan sesuatu yang telah diketahuinya. 3.Penjelasan tujuan pembelajaran Tujuan instruksional berisi kemampuan yang akan dicapai peserta didik pada akhir proses belajarnya.

5 1. Urutan Kegiatan Instruksional Komponen Penyajian : 1.Uraian Adanya penjelasan tentang materi pelajaran atau konsep, prinsip, dan prosedur yang akan dipelajari peserta didik. 2.Contoh Benda atau kegiatan yang terdapat dalam kehidupan peserta didik sebagai wujud dari materi yang sedang diuraikan. 3.Latihan kegiatan peserta didik dalam rangka menerapkan konsep, prinsip, atau prosedur yang sedang dipelajarinya ke dalam praktik yang relevan dengan pekerjaan atau kehidupannya sehari-hari.

6 1. Urutan Kegiatan Instruksional Komponen Penutup : 1.Tes formatif dan umpan balik Satu set pertanyaan untuk dijawab atau seperangkat tugas untuk dilakukan untuk mengukur kemajuan belajar mahasiswa setelah menyelesaikan suatu tahap pelajaran. 2.Tindak lanjut Kegiatan yang dilakukan mahasiswa setelah melakukan tes formatif dan mendapatkan umpan balik.

7 2. Metode Pembelajaran Metode pembelajaran berfungsi sebagai cara dalam menyajikan (menguraikan, memberi contoh, dan memberi latihan) isi pelajaran kepada mahasiswa untuk mencapai tujuan tertentu.

8 Macam-macam metode pembelajaran 1.Metode Ceramah Berbentuk penjelasan pengajar kepada mahasiswa dan biasanya diikuti tanya jawab tentang isi pelajaran yang belum jelas. 2.Metode Demonstrasi Mengambil gaya/aksi sebagai contoh dari pelaksanaan suatu ketrampilan atau proses kegiatan.

9 Macam-macam metode pembelajaran 3. Metode Penampilan Berbentuk pelaksanaan praktik oleh mahasiswa di bawah supervisi dari dekat oleh pengajar. 4.Metode Diskusi Interaksi antara mahasiswa dan mahasiswa atau mahasiswa dengan pengajar untuk menganalisis, meng- gali, atau memperdebatkan topik atau per- masalahan tertentu.

10 Macam-macam metode pembelajaran 5.Metode Studi Mandiri Berbentuk pelaksanaan tugas membaca atau penelitian oleh peserta didik tanpa bimbingan guru atau pengajaran khusus. 6.Metode kegiatan pembelajaran terprogram Menggunakan bahan pembelajaran yang disiapkan secara khusus. Isi pelajaran didalamnya harus dipecah menjadi langkah-langkah kecil, diurutkan dengan cermat, diarahkan untuk mengurangi kesalahan, dan mengikuti umpan balik dengan segera. Peserta didik mendapat kebebasan untuk belajar menurut kecepatannya masing-masing.

11 Macam-macam metode pembelajaran 7.Metode latihan dengan teman Memanfaatkan seorang peserta didik yang telah lulus dalam latihan tertentu untuk bertindak sebagai pelatih bagi seorang peserta didik lainnya. 8.Metode Simulasi Menampilkan simbol-simbol atau peralatan yang menggantikan proses, kejadian, atau benda yang sebenarnya.

12 Macam-macam metode pembelajaran 9.Metode sumbang saran atau pendapat Proses penampungan pendapat dari peserta didik tanpa evaluasi terhadap kualitas pendapat tersebut. 10. Metode Studi Kasus Berbentuk penjelasan tentang masalah, kejadian, atau situasi tertentu, kemudian mahasiswa ditugaskan mencari alternatif pemecahannya.

13 Macam-macam metode pembelajaran 11.Metode Computer Assisted Learning (CAL) Berbentuk suatu seri kegiatan belajar yang sangat berstruktur dengan menggunakan komputer. 12.Metode Insiden Merupakan variasi dari metode studi kasus. Siswa diberi data dasar yang tidak lengkap tentang suatu peristiwa atau masalah. Ia harus mencari data tambahan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya tentang peristiwa atau masalah tersebut.

14 Macam-macam metode pembelajaran 13.Metode Praktikum Pemberian tugas kepada mahasiswa untuk menyelesaikan suatu proyek dengan berpraktik dan menggunakan instrumen tertentu. 14.Metode Proyek Pemberian suatu tugas kepada semua mahasiswa untuk dikerjakan secara individual. Laporan penyelesaian dituangkan dalam makalah dan dipresentasikan.

15 Macam-macam metode pembelajaran 15.Metode Bermain Peran Berbentuk interaksi antara dua atau lebih peserta didik tentang suatu topik atau situasi. Dalam interaksi itu tiap peserta didik melakukan peran terbuka. 16.Metode Seminar Berbentuk kegiatan belajar bagi sekelompok peserta didik untuk membahas topik atau masalah tertentu. Setiap anggota seminar diharapkan aktif berpartisipasi.

16 Macam-macam metode pembelajaran 17.Metode Simposium Mengetengahkan suatu seri ceramah mengenai berbagai kelompok topik dalam bidang tertentu. Ceramah tersebut diberikan oleh beberapa ahli. 18.Metode Tutorial Pemberian bahan belajar yang telah dikembang- kan untuk dipelajari peserta didik secara mandiri dan berkesempatan berkonsultasi secara periodik tentang kemajuan dan masalah yang dialaminya.

17 Macam-macam metode pembelajaran 19.Metode Deduktif Dimulai dengan pemberian penjelasan tentang prinsip-prinsip isi pelajaran, kemudian disusul dengan penerapannya atau contoh-contohnya pada situasi tertentu. 20.Metode Induktif Pemberian berbagai kasus, fakta, contoh, atau prinsip. Kemudian, peserta didik dibimbing untuk berusaha keras mensintesis, menemukan, atau menyimpulkan prinsip dasar dari pelajaran tersebut.

18 3. Media Pembelajaran Arti Media adalah wahana/alat /instrumen yang digunakan untuk menyalurkan pesan atau informasi dari pengirim kepada penerima pesan. Media pembelajaran adalah suatu alat yang digunakan untuk aktivitas pembelajaran

19 Fungsi media dalam Pembelajaran 1.Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata menjadi tampak besar. 2.Menyajikan benda atau peristiwa yang terletak jauh dari peserta didik ke hadapan peserta didik. 3.Menyajikan peristiwa yang kompleks, rumit, berlangsung sangat cepat atau sangat lambat menjadi lebih sistematik dan sederhana.

20 Lanjutan Fungsi Media…………. 4.Menampung sejumlah besar peserta didik untuk mempelajari materi pelajaran dalam waktu yang sama. 5.Menyajikan benda atau peristiwa berbahaya ke hadapan peserta didik. 6.Meningkatkan daya tarik pelajaran dan perhatian peserta didik. 7.Meningkatkan sistematika pengajaran.

21 Pertimbangan dalam memilih media 1.Biaya yang lebih murah, baik pada saat pembelian maupun perawatan. 2.Kesesuaiannya dengan metode pembelajaran 3.Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik. 4.Pertimbangan praktis ( mudah dibawa, aman, daya tahan dan kemudahan perbaikan) 5.Ketersediaan media tersebut berikut suku cadangnya di pasaran serta ketersediaannya bagi peserta didik.

22 4. Waktu Komponen terakhir dalam strategi pembelajaran adalah waktu, yaitu jumlah waktu dalam menit yang dibutuhkan oleh pengajar dan peserta didik untuk menyelesaikan setiap langkah pada urutan kegiatan pembelajaran. Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mengajar, terbatas kepada waktu yang digunakan pengajar dalam pertemuan dengan peserta didik.

23 Menyusun Strategi Pembelajaran Penyusunan strategi pembelajaran haruslah didasarkan atas tujuan pembelajaran yang akan dicapai sebagai kriteria utama. Di samping itu, penyusunan tersebut didasarkan pula atas pertimbangan lain, yaitu hambatan yang mungkin dihadapi pengembang pembelajaran atau pengajar seperti waktu, biaya, dan fasilitas.

24 TUGAS INDIVIDUAL TUGAS UJI KOMPETENSI : BUAT SUATU PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI YANG SESUAI DENGAN MATERI PEMBELAJARAN YANG AKAN DIAJARKAN ( SESUAI DENGAN PENTAHAPANNYA)


Download ppt "MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN Oleh : Dr. DJOKO SANTOSA TH, MPd. TIM PENGAMPU."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google