Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEMBACA CEPAT Membaca cepat adalah membaca suatu wacana secara sistematis mulai dari kata, kalimat, paragraf tanpa ada satu kata pun yang terlewatkan sampai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEMBACA CEPAT Membaca cepat adalah membaca suatu wacana secara sistematis mulai dari kata, kalimat, paragraf tanpa ada satu kata pun yang terlewatkan sampai."— Transcript presentasi:

1 MEMBACA CEPAT Membaca cepat adalah membaca suatu wacana secara sistematis mulai dari kata, kalimat, paragraf tanpa ada satu kata pun yang terlewatkan sampai tuntas. Standar kecepatan membaca siswa SMP adalah 200 kata – 250 kata per menit. Kecepatan membaca tersebut harus disertai dengan pemahaman isi 70 % Kecepatan membaca yang disertai dengan pemahaman isi disebut Kecepatan Membaca Efektif (KEM) JENJANG KECEPATAN MEMBACA KEM SD200 kpm140 KPM SMP kpm kpm SMA kpm kpm PT kpm

2 MEMBACA CEPAT Tampubolon, 1990 : Membaca cepat adalah membaca yang mengutamakan kecepatan dengan tidak mengabaikan pemahamannya. Membaca cepat adalah membaca yang mengutamakan kecepatan dengan tidak mengabaikan pemahamannya. Biasanya kecepatan itu dikaitkan dengan tujuan membaca, keperluan, dan bahan bacaan. Biasanya kecepatan itu dikaitkan dengan tujuan membaca, keperluan, dan bahan bacaan.

3 Artinya, seorang pembaca cepat yang baik, tidak menerapkan kecepatan membacanya secara konstan di berbagai cuaca dan keadaan membacanya. Artinya, seorang pembaca cepat yang baik, tidak menerapkan kecepatan membacanya secara konstan di berbagai cuaca dan keadaan membacanya. Penerapan kemampuan membaca cepat itu disesuaikan dengan tujuan membacanya, aspek bacaan yang digali (keperluan) dan berat ringannya bahan bacaan. Penerapan kemampuan membaca cepat itu disesuaikan dengan tujuan membacanya, aspek bacaan yang digali (keperluan) dan berat ringannya bahan bacaan.

4 Colin Rose (2002): Membaca cepat adalah keterampilan yang sangat bermanfaat untuk keperluan membaca sekilas dan pemahaman secara cepat serta biasanya mencegah kita bosan. Membaca cepat adalah keterampilan yang sangat bermanfaat untuk keperluan membaca sekilas dan pemahaman secara cepat serta biasanya mencegah kita bosan.

5 Tujuan Membaca Cepat Memperoleh kesan umum dari suatu buku, artikel, atau tulisan singkat. Memperoleh kesan umum dari suatu buku, artikel, atau tulisan singkat. Menemukan hal tertentu dari suatu bahan bacaan; Menemukan hal tertentu dari suatu bahan bacaan; Menemukan/menempatkan bahan yang diperlukan dalam perpustakaan Menemukan/menempatkan bahan yang diperlukan dalam perpustakaan

6 Manfaat Membaca Cepat Untuk mencari informasi yang kita perlukan dari sebuah bacaan secara cepat dan efektif. Untuk mencari informasi yang kita perlukan dari sebuah bacaan secara cepat dan efektif. Dalam waktu yang singkat dapat menelusuri bahan halaman buku atau bacaan; Dalam waktu yang singkat dapat menelusuri bahan halaman buku atau bacaan; Tidak banyak waktu yang terbuang karena tidak perlu memperhatikan atau membaca bagian yang tidak kita perlukan. Tidak banyak waktu yang terbuang karena tidak perlu memperhatikan atau membaca bagian yang tidak kita perlukan.

7 KEBIASAAN BURUK MEMBACA Membaca dengan vokalisasi (suara nyaring) Membaca dengan vokalisasi (suara nyaring) Membaca dengan gerakan bibir Membaca dengan gerakan bibir Membaca dengan gerakan kepala Membaca dengan gerakan kepala Membaca dengan menunjuk baris bacaan Membaca dengan menunjuk baris bacaan Membaca dengan pengulangan kata, kelompok kata, atau baris bacaan (regresi) Membaca dengan pengulangan kata, kelompok kata, atau baris bacaan (regresi) Membaca dengan subvokalisasi (melafalkan bacaan dalam batin atau pikiran) Membaca dengan subvokalisasi (melafalkan bacaan dalam batin atau pikiran) Membaca kata demi kata Membaca kata demi kata Membaca dengan konsentrasi yang tidak sempurna Membaca dengan konsentrasi yang tidak sempurna Membaca hanya jika perlu/ditugasi/dipaksa (insidental) Membaca hanya jika perlu/ditugasi/dipaksa (insidental)

8 Cara Mengatasinya Vokalisasi atau membaca dengan bersuara atau mungkin bergumam. Vokalisasi atau membaca dengan bersuara atau mungkin bergumam. Cara mengatasinya, Cara mengatasinya, tiuplah (bibir seperti bersiul) ketika membaca dan letakan tangan di leher untuk meyakinkan bahwa tidak ada getaran. tiuplah (bibir seperti bersiul) ketika membaca dan letakan tangan di leher untuk meyakinkan bahwa tidak ada getaran.

9 Menggerakan bibir atau komat kamit ketika membaca sama lambatnya dengan membaca bersuara. Cara mengatasinya: Menggerakan bibir atau komat kamit ketika membaca sama lambatnya dengan membaca bersuara. Cara mengatasinya: a. telunjuk jari ke pipi dan sandarkan siku a. telunjuk jari ke pipi dan sandarkan siku tangan ke meja selama membaca; tangan ke meja selama membaca; b. peganglah dagu seperti memegang b. peganglah dagu seperti memegang jenggot; jenggot; c. letakan ujung telunjuk jari hidung c. letakan ujung telunjuk jari hidung sehingga bila kepala bergerak anda akan sehingga bila kepala bergerak anda akan segera menyadari dan dapat segera menyadari dan dapat menghentikannya. menghentikannya.

10 Gerakan kepala. Gerakan kepala. Cara mengatasinya: pandangan tegak lurus dengan bacaan; pandangan tegak lurus dengan bacaan; usahakan yang bergerak bukan kepala tetapi mata. usahakan yang bergerak bukan kepala tetapi mata. Kebiasaan selalu kembali ke belakang (regresi) untuk melihat kata atau beberapa kata yang baru dibaca. Cara mengatasinya adalah: Kebiasaan selalu kembali ke belakang (regresi) untuk melihat kata atau beberapa kata yang baru dibaca. Cara mengatasinya adalah:  tanamkan kepercayaan diri, jangan berusaha menghapal dan mengerti setiap kata kalimat pada paragraf itu jangan terpaku pada detail. Terus saja membaca, jangan tergoda untuk kembali ke belakang;  pusatkan perhatian pada bahan bacaan, bila ada yang tertinggal, tinggalkan saja;  bacalah terus sampai kalimat selesai. Apa yang tertinggal nanti akan muncul lagi atau kita temui lagi. Tidak ada alasan untuk mengecek ke belakang (regresi).

11 Subvokalisasi atau melafalkan dalam hati/pikiran kata-kata yang dibaca akan lebih memperhatikan bagaimana melafalkan secara benar daripada memahami ide yang terkandung. Subvokalisasi atau melafalkan dalam hati/pikiran kata-kata yang dibaca akan lebih memperhatikan bagaimana melafalkan secara benar daripada memahami ide yang terkandung. Cara mengatasinya, usahakan melebarkan jangkauan mata sehingga satu pandangan mata dapat menangkap beberapa kata sekaligus dan langsung menyerap ide daripada melafalkannya. Cara mengatasinya, usahakan melebarkan jangkauan mata sehingga satu pandangan mata dapat menangkap beberapa kata sekaligus dan langsung menyerap ide daripada melafalkannya.

12 TEKNIK MEMBACA CEPAT Scanning Scanning adalah upaya untuk mengambil intisari dari suatu bacaan, berupa ide pokok atau detail penting tersebut yang berada di awal, di tengah, atau di akhir. adalah upaya untuk mengambil intisari dari suatu bacaan, berupa ide pokok atau detail penting tersebut yang berada di awal, di tengah, atau di akhir.

13 Skimming Skimming adalah teknik membaca cepat untuk memperoleh suatu informasi tanpa membaca yang lain, tetapi langsung ke masalah yang dicari, yang berupa fakta khusus atau informasi tertentu. adalah teknik membaca cepat untuk memperoleh suatu informasi tanpa membaca yang lain, tetapi langsung ke masalah yang dicari, yang berupa fakta khusus atau informasi tertentu. Dalam kegiatan sehari-hari scanning biasanya digunakan untuk mencari nomor telepon, kata pada kamus, entri pada indeks, angka-angka statistik, acara siaran TV, dan daftar perjalanan. Dalam kegiatan sehari-hari scanning biasanya digunakan untuk mencari nomor telepon, kata pada kamus, entri pada indeks, angka-angka statistik, acara siaran TV, dan daftar perjalanan.

14 KIAT MENINGKATKAN KECEPATAN MEMBACA Membaca tanpa bersuara, gerak bibir, atau gelengan kepala Membaca tanpa bersuara, gerak bibir, atau gelengan kepala Jangan berhenti membaca pada satu kata atau bagian yang sulit Jangan berhenti membaca pada satu kata atau bagian yang sulit Jangan mengulang bacaan Jangan mengulang bacaan Jangan membaca kata demi kata. Jangan membaca kata demi kata. Jangan membaca bergumam Jangan membaca bergumam Jangan berhenti lama di awal baris Jangan berhenti lama di awal baris Membaca per satuan makna atau fungsi kalimat Membaca per satuan makna atau fungsi kalimat Jangan menggunakan telunjuk tangan Jangan menggunakan telunjuk tangan Berlatih konsentrasi dengan mengatur pernafasan dan pemfokusan bacaan Berlatih konsentrasi dengan mengatur pernafasan dan pemfokusan bacaan

15 RUMUS KEM Jumlah kata yang dibaca x Jawaban benar _____________________ ____________ Jumlah waktu bacaSkor ideal Jumlah waktu bacaSkor idealContoh: 600 kata 7 ________ x _____ = 140 kpm 3 menit 10


Download ppt "MEMBACA CEPAT Membaca cepat adalah membaca suatu wacana secara sistematis mulai dari kata, kalimat, paragraf tanpa ada satu kata pun yang terlewatkan sampai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google