Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN 11 TAHAP DESAIN SISTEM SECARA UMUM. Adalah untuk memberikan gambaran secar umum kepada user tentang sistem yang baru. Desain sistem secara umum.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN 11 TAHAP DESAIN SISTEM SECARA UMUM. Adalah untuk memberikan gambaran secar umum kepada user tentang sistem yang baru. Desain sistem secara umum."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN 11 TAHAP DESAIN SISTEM SECARA UMUM

2 Adalah untuk memberikan gambaran secar umum kepada user tentang sistem yang baru. Desain sistem secara umum merupakan persiapan dari desain terinci. Desain secara umum mengidentifikasikan komponen - komponen sistem informasi yang akan didesain secara rinci. TUJUAN :

3 TAHAP DESAIN SISTEM SECARA GLOBAL 1. DESAIN MODEL Analaisa sistem dapat mendesain model dari sistem informasi yang diusulkan dalam bentuk : Phisical System contoh : bagan alir system merupakan bagan alir yang tepat. Logical Model Lebih menjelaskan kepada user bagaimana nantinya sistem secara fisik dapat diterapkan.

4 2. DESAIN OUTPUT Dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa tipe, yaitu : Output Intern : Output yang dimaksudkan untuk mendukung kegiatan manajemen. Output Eksternal : Output yang akan didistribusikan kepada pihak luar yang membutuhkan. LANGKAH DESAIN OUTPUT : –Menentukan kebutuhan output dari sistem baru. –Menentukan parameter dari output.

5 3. DESAIN INPUT 1. TUJUAN : –Mengefektifkan biaya pemasukan data –untuk mencapai keakuratan yang tinggi –Untuk menjamin pemasukan data dapat diterima dan dimengerti oleh pemakai. Alat input digolongkan kedalam 2 golongan : Alat input langsung : alat yang langsung diproses oleh CPU. Alat input tidak langsung : alat yang tidak langsusng diproses oleh CPU.

6 2. PROSES INPUT –Penangkapan data ( capture ) –Penyiapan data ( preparation ) –Pemasukan data ( entry ) Catatan : Input yang mempunyai atau menggunakan alat input tidak langsung mempunyai 3 tahapan utama, sedangkan input yang menggunakan alat input langsung terdiri dari 2 tahapan saja yaitu : Data capture dan data entry.

7 3.3 LANGKAH - LANGKAH DESAIN INPUT SECARA UMUM Menetukan kebutuhan input dari sistem baru. Menetukan parameter dari input. 4. DESAIN DATABASE Basis data ( database ) adalah kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan diluar komputer dan digunakan perangkat lunak tertentu untuk memanipulasi. Penerapan database dalam sistem informasi disebut dengan database sistem. Sistem basis data adalah : suatu sistem informasi yang mengintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam dalam suatu organisasi.

8 4.1 TIPE DARI FILE : File induk : File yang penting dan bersifat relatif tetap. File transaksi : File untuk merekam hasil dari suatu transaksi. File Laporan : File yang berisi informasi yang akan ditampilkan. File sejarah: File yang berisi data masa lalu yang sudah tidak aktif lagi. File pelindung : File yang digunakan sebagai cadangan.

9 2. AKSES FILE Metode yang menunjukkan bagaimana suatu program komputer kan membaca record-record dari suatu file: A. Sequential dan direct B. Direct ( Random / Langsung ) 3. ORGANISASI FILE Pengaturan dari record secara logika dalam file dihubungkan satu dengan yang lainnya. Terbagi atas 3 jenis : a.File urut ( sequential File ): File dengan organisasi urut dan pengaksesan urut juga b.File Urut Index ( Indexed Sequential file ) atau ISAM ( Indexed Secuential Access Methodes ) c.File akses langsung( Direct Access File ): File dengan organisasi acak dengan akses langsung

10 4. YANG HARUS DIPERHATIKAN A. Fleksibel FormatF. Keamanan B. KecepatanG. Mudah digunakan C. AkuratH. Kompatibel dengan sistem yang lain D. Metode Verifikasi I. Biaya yang ekonomis E. Mudah dikoreksiJ. Type input 5. LANGKAH – LNGAKA H DESAINDATABASE a. Menentukan kebutuhan file database untuk sistem baru. b. Menentukan parameter dari file database.

11 5. DESAIN TEKNOLOGI Digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan. Teknologi terdiri dari 3 bagian : 1.HARDWARE 2.SOFTWARE 3.TEKNISI ( SOFTWARE DAN HARDWARE )

12 Latihan Soal: 1.Data yang saling berhubungan satu dengan yang lain yang tersimpan di media hardware dan memerlukan software untuk manipulasi disebut: a. Sistemb. Databasee. Sistem Operasi c. DFDd. Program 2.File yang bersifat relatif permanen dan biasanya sangat penting: a. File Masterb. File transaksie. File Sementara c. File BackUpd. File Sejarah

13 3.File dengan organisasi urut dan aksesnya urut juga disebut: a. Sequential Fileb. Random Filee. Semua Benar c. Direct Accesd. Index Seqential 4.Berikut adalah Tahap desain sistem secara global, kecuali: a. Desain Modelb. Desain Inpute. Salah Semua c. Desain Outputd. Desain Software

14 5.Proses input data terdiri tahap-tahap berikut ini : a. Data Capture b. Data Preparation c. Data Entry d. Semua benar e. Salah Semua


Download ppt "PERTEMUAN 11 TAHAP DESAIN SISTEM SECARA UMUM. Adalah untuk memberikan gambaran secar umum kepada user tentang sistem yang baru. Desain sistem secara umum."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google