Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

COVER DAFTAR ISI 1. Pendahuluan................................................................................................................................

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "COVER DAFTAR ISI 1. Pendahuluan................................................................................................................................"— Transcript presentasi:

1

2 COVER

3 DAFTAR ISI 1. Pendahuluan Tujuan Luaran Kegiatan Kriteria dan Pengusulan Sistematika Usulan Sumber Dana Kegiatan Seleksi dan Evaluasi Proposal Pelaksanaan dan Pelaporan LAMPIRAN Lampiran 1. Format Halaman Sampul Lampiran 2. Format Halaman Pengesahan Lampiran 3. Formulir Penilaian Usulan Program KKN-PPM Lampiran 4. Lembar Monitoring Dan Evaluasi Administrasi Kegiatan Program KKN-PPM Lampiran 5. Format Rincian Pembiayaan yang Diajukan Lampiran 6. Format Jadwal Kegiatan Lampiran 7. Format Biodata Ketua/Anggota Tim Pelaksana Lampiran 8. Format Catatan Harian (Logbook) Lampiran 9. Format Laporan Kemajuan Lampiran 10. Format Laporan Akhir

4 PANDUAN PENGAJUAN PROPOSAL KULIAH KERJA NYATA-PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (KKN-PPM) TAHUN 2014 Tujuan Kegiatan revitalisasi KKN-PPM menjadi Program Pemberdayaan Masyarakat di PerguruanTinggi ini bertujuan untuk: a.mempertahankan mata kuliah KKN-PPM menjadi mata kuliah wajib pada Perguruan Tinggi di Indonesia; b. mengubah pelaksanaan program KKN-PPM dari paradigma pembangunan (development) menjadi paradigma pemberdayaan (empowerment); c. menerapkan KKN-PPM di Perguruan Tinggi agar dalam pelaksanaannya dapat menjadi tools solusi penanganan masalah pembangunan di Indonesia; d. mengembangkan tema-tema KKN-PPM dengan konsep co-creation, co- financing dan co-benefit; dan e. mengembangkan tema-tema KKN-PPM yang bermitra dengan pemerintah dan dunia usaha.

5 3. Luaran Luaran kegiatan revitalisasi KKN-PPM menjadi Program Pemberdayaan Masyarakat di Perguruan Tinggi ini dapat berupa: a. peningkatan produksi; b. efisiensi biaya; c. perbaikan system; d. peningkatan partisipasi masyarakat; dan e. peningkatan swadana dan swadaya masyarakat.

6 4. Kriteria dan Pengusulan Kriteria dan persyaratan umum pengusulan hibah kegiatan revitalisasi KKN-PPM adalah: a. jangka waktu kegiatan minimum 2 bulan dan maksimum 3 bulan; b. tim pelaksana meliputi Dosen Pembimbing Lapangan dan mahasiswa; c. dana kegiatan maksimum Rp ,-; d. usulan hibah KKN-PPM disimpan menjadi satu file dalam format PDF dengan ukuran maksimum 5 MB dan diberi nama NamaKetuaPelaksana_PT_KKNPPM.PDF, kemudian diunggah ke SIM-LITABMAS dan hardcopy dikumpulkan di perguruan tinggi masing-masing.

7 5. Sistematika Usulan Usulan hibah kegiatan revitalisasi KKN-PPM maksimum berjumlah 20 halaman (tidak termasuk halaman sampul, halaman pengesahan, dan lampiran), yang ditulis menggunakan font Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1,5 spasi dan ukuran kertas A-4 serta mengikuti sistematika sebagai berikut: a. HALAMAN SAMPUL (Lampiran 1) b. HALAMAN PENGESAHAN (Lampiran 2) c. DAFTAR ISI d. RINGKASAN (maksimum 1 halaman) Kemukakan tujuan dan target khusus yang ingin dicapai serta metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut. Ringkasan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang rencana kegiatan yang diusulkan dan ditulis dengan jarak 1 spasi.

8 BAB 1 PENDAHULUAN Pada bab ini diuraikan hal-hal berikut: 1. Jelaskan secara rinci potensi unggulan atau masalah di masyarakat sehingga perlu dilakukan pengatasan masalah. Identifikasikan dan rumuskan potensi/masalah utama terkait dengan keadaan yang ingin diperbaiki melalui Program KKN-PPM. 2. Jelaskan usulan penyelesaian permasalahan, dan bagaimana cara pemberdayaan masyarakat agar kegiatan dapat berlangsung secara berkelanjutan! 3. Sebutkan teknologi/metoda/kebijakan/konsep yang akan digunakan untuk mengatasi permasalahan dan uraikan alasannya. Sebutkan lembaga yang menjadi mitra Program KKN-PPM, disertai dengan profil singkat lembaga mitra, jumlah lembaga mitra, kesediaan adanya dana pendamping dari lembaga mitra, serta bidang usaha/permasalahan yang akan diangkat dan diselesaikan selama pelaksanaan program KKN-PPM berlangsung. 4. Susun secara lengkap profil kelompok sasaran beserta potensi/permasalahannya dari berbagai aspek.

9 BAB 2. TARGET DAN LUARAN.Jelaskan secara rinci indikator capaian produk Program KKN-PPM yang dituju, misalnya peningkatan produksi, efisiensi biaya, perbaikan sistem, peningkatan partisipasi masyarakat, peningkatan swadana dan swadaya masyarakat atau pemda dan lain-lain. yang dihasilkan oleh Program KKN-PPM untuk kelompok sasaran dan lingkungan sekitarnya. (KUANTITATIF TERUKUR DAN DALAM BENTUK TABEL)

10 BAB 3. METODE PELAKSANAAN Metode pelaksanaan kegiatan menjelaskan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan yang memuat tahapan berikut ini. 1. Persiapan dan Pembekalan Mekanisme pelaksanaan kegiatan KKN-PPM. Materi Persiapan dan pembekalan KKN-PPM yang perlu diberikan kepada mahasiswa.

11 METODE PELAKSANAAN (LANJUTAN) 2. Pelaksanaan Sebutkan langkah-langkah dalam bentuk program yang akan dilaksanakan untuk mencapai hasil yang diharapkan dari tema KKN-PPM yang diajukan. Sebutkan metode yang digunakan dalam melakukan pemberdayaan kelompok sasaran. Langkah-langkah operasional yang diperlukan untuk mengatasi permasalahan yang dideskripsikan pada Pendahuluan. Sebutkan volume pekerjaan dalam bentuk Jam Kerja Efektif Mahasiswa (JKEM). Setiap mahasiswa harus melakukan pekerjaan sebanyak 144 JKEM selama minimal 1 bulan kegiatan KKN-PPM.

12 METODE PELAKSANAAN (LANJUTAN)

13 BAB 4. KELAYAKAN PERGURUAN TINGGI Jelaskan hasil Tema KKN-PPM yang dicapai oleh LP/LPM/LPPM dari Perguruan Tinggi pengusul dalam jangka panjang untuk suatu seri Program KKN PPM dalam tema tertentu yang dilaksanakan secara berkelanjutan harus dapat mewujudkan capaian hasil yaitu meningkatnya keberdayaan masyarakat secara terukur (seperti kenaikan income percapita, penurunan emisi CO2, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Indeks Pembangunan Gender (IPG), penurunan angka kematian ibu melahirkan, dan peningkatan umur harapan hidup).

14 BIAYA DAN JADWAL

15 FORM RINCIAN PEMBIAYAAN YANG DIAJUKAN

16 JADWAL KEGIATAN DAN TEMPAT KEGIATAN

17 FORMAT JADWAL KEGIATAN

18 DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN-LAMPIRAN DAFTAR PUSTAKA Daftar Pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun, dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan, dan sumber. Hanya pustaka yang dikutip dan diacu dalam usulan pengabdian yang dicantumkan dalam Daftar Pustaka. LAMPIRAN-LAMPIRAN Lampiran 1. Peta lokasi pelaksanaan program KKN-PPM. Lampiran 2. Rincian Pembiayaan yang diajukan (Lampiran 3). Lampiran 3. Biodata Ketua dan Anggota Tim Pengusul yang telah ditandatangani (Lampiran 7).

19 Sumber Dana Kegiatan 6. Sumber Dana Kegiatan Sumber dana kegiatan revitalisasi KKN- PPM dapat berasal dari: a. Ditlitabmas Ditjen Dikti;(Max Rp 100 jt) b. dana internal perguruan tinggi; dan c. dana kerjasama dengan industri, atau lembaga pemerintah/swasta.

20 PENILAIAN USULAN

21

22 LEMBAR PENGESAHAN

23 FORMAT BIODATA KETUA DAN TIM PELAKSANA

24 LANJUTAN BIODATA

25

26 Lokasi dan tema yang direkomendasikan SUMBER KKN PPM UGM

27 Lokasi dan tema yang direkomendasikan (lanjutan)

28

29

30

31 Seleksi dan Evaluasi Proposal Seleksi dan evaluasi proposal Hibah kegiatan revitalisasi KKN-PPM dilakukan dengan evaluasi proposal online. Formulir evaluasi proposal online yang dilengkapi dengan komponen penilaiannya mengacu pada Lampiran 3.

32 PENILAIAN USULAN

33 Pelaksanaan dan Pelaporan Pelaksanaan hibah kegiatan revitalisasi KKN-PPM akan dipantau dan dievaluasi oleh penilai internal. Hasil pemantauan dan evaluasi internal dilaporkan oleh masing-masing perguruan tinggi melalui SIM-LITABMAS. Selanjutnya penilai Ditlitabmas melakukan pemantauan dan evaluasi terpusat terhadap pelaksanaan pengabdian pada perguruan tinggi setelah menelaah hasil monitoring dan evaluasi internal yang masuk dalam SIM-LITABMAS. Hasil penilaian evaluasi terpusat diunggah ke SIM-LITABMAS. Pada akhir pelaksanaan KKN-PPM, setiap pelaksana wajib melaporkan hasil kegiatan dengan melakukan hal- hal berikut:

34 LANJUTAN a. mencatat semua kegiatan pelaksanaan program pada Buku Catatan Harian Kegiatan (logbook) sesuai dengan format seperti pada Lampiran 8 dan mengisi kegiatan harian secara rutin terhitung sejak penandatanganan perjanjian pengabdian secara online di SIM-LITABMAS; b. menyiapkan bahan pemantauan oleh penilai internal melalui SIM-LITABMAS dengan mengisi/mengunggah laporan kemajuan mengikuti format Lampiran 9; c. mengunggah ke SIM-LITABMAS softcopy laporan akhir (mengikuti format pada Lampiran 10) yang telah disahkan LPM/LPPM dalam format PDF dengan ukuran file maksimum 5 MB, berikut softcopy luaran pengabdian kepada masyarakat (publikasi ilmiah, HKI, paten, makalah yang diseminarkan, teknologi tepat guna, rekayasa sosial, buku ajar, dan lain-lain) atau dokumen bukti luaran;

35 LEMBAR MONITORING DAN EVALUASI

36 LOGBOOKS

37 FORMAT SAMPUL LAPORAN KEMAJUAN

38 FORMAT HALAMAN PENGESAHAN LAP.KEMAJUAN

39 Sistematika Laporan Kemajuan c. Sistematika Laporan Kemajuan HALAMAN PENGESAHAN RINGKASAN PRAKATA DAFTAR ISI DAFTAR TABEL DAFTAR GAMBAR DAFTAR LAMPIRAN BAB 1. PENDAHULUAN BAB 2. TARGET DAN LUARAN BAB 3. METODE PELAKSANAAN BAB 4. KELAYAKAN PERGURUAN TINGGI BAB 5. HASIL YANG DICAPAI BAB 6. RENCANA TAHAPAN BERIKUTNYA BAB 7. KESIMPULAN DAN SARAN DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN - LAMPIRAN

40 FORNAT SAMPUL LAPORAN AKHIR

41 DAFTAR ISI LAPORAN AKHIR

42 TERIMA KASIH DENGAN SEMANGAT KULIAH KERJA NYATA – PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASARAKAT ( KKN-PPM ) SEJAHTERA BANGSA KU INDONESIA


Download ppt "COVER DAFTAR ISI 1. Pendahuluan................................................................................................................................"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google