Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IbPE Disampaikan Dalam Acara Workshop PPM di UAD, Hari SDABTU, 14 MARET 2015 GUNARSO.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IbPE Disampaikan Dalam Acara Workshop PPM di UAD, Hari SDABTU, 14 MARET 2015 GUNARSO."— Transcript presentasi:

1 IbPE Disampaikan Dalam Acara Workshop PPM di UAD, Hari SDABTU, 14 MARET 2015 GUNARSO

2 KRITERIA DAN PENGUSULAN a. jangka waktu kegiatan adalah 3 tahun berurutan; b. pengusul diwajibkan bermitra dgn min 2 UKM dgn komoditas usaha sejenis sesuai kepakaran yang dipunyai; c. Dana/tahun yg disediakan maks Rp & dana dr UKM min Rp , flat selama 3 tahun. Sumber dana lain misalnya dari Pemerintah atau CSR dimungkinkan. d. biaya dari Ditlitabmas sudah diperhitungkan termasuk kewajiban yg berkenaan dGn komponen pajak yang harus dibayarkan dan penyusunan artikel untuk publikasi internasional setiap tahunnya; e. usulan pengabdian disimpan menjadi satu file dalam format pdf dengan ukuran maksimum 5 MB dan diberi nama NamaKetuaPelaksana_PT_HIPE.pdf, kemudian diunggah ke SIM- LITABMAS dan hardcopy dikumpulkan di PT masing-masing.

3 SISTEMATIKA USULAN PENGABDIAN Maks 30 hal, Times New Roman 12 ;1,5 spasi ; A-4 Sistemika: HALAMAN SAMPUL (Lampiran 18.1) HALAMAN PENGESAHAN (Lampiran 18.2) DAFTAR ISI RINGKASAN (maks 1 halaman) -> tujuan khusus BAB 1. PENDAHULUAN BAB 2. TARGET LUARAN BAB 3. METODE PELAKSANAAN BAB 4. KELAYAKAN PERGURUAN TINGGI BAB 5. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN-LAMPIRAN

4 BAB 1. PENDAHULUAN 1. Uraikan sedetil mungkin: - bahan baku (suplai, mutu, alternatif sumber); - produksi (peralatan, kapasitas, in process control, investasi); - proses (lay-out, jaminan mutu produk); - produk (jenis, jumlah, spesifikasi, mutu); - manajemen (production planning, accounting-bookkeeping, auditing, perpajakan, pola manajemen, HKI, inventory); - pemasaran (pasar, pemasaran, harga jual produk, konsumen) - SDM (kualifikasi dan jumlah, peluang training); - fasilitas (ruang administrasi, ruang produksi, ruang storage, show room, akses jalan raya, listrik, komunikasi); - finansial (modal, cash-flow, IRR). Continued...

5 BAB 1. PENDAHULUAN 2. Uraikan Pola Hubungan Kerja antar Kelompok UKM 3. Ungkapkan seluruh permasalahan teknis ataupun administratif yang teridentifikasi tim pengusul dalam setiap aspek bisnis UKM, yang mencakup bahan baku, produksi, proses, produk, manajemen, pemasaran, sumberdaya manusia, fasilitas, dan finansial. 4. Jika lokasi UKM mitra di luar kota harap digambarkan: - letak kota dan lokasi usaha, keterangan jarak dlm km - denah lokasi usaha mitra & jalan utama di kawasan tsb Continued...

6 BAB 1. PENDAHULUAN 5. Jika lokasi UKM mitra di dalam kota digambarkan denah lokasi usaha mitra dan jalan utama di kawasan tersebut, keterangan jarak dalam km. 6. Informasikan ada tidaknya IbPE di perguruan tinggi pengusul dan jelaskan kondisi dan komoditasnya. 7. Pastikan dan sepakati bersama UKM mitra, permasalahan prioritas yang akan diselesaikan selama 3 tahun, selanjutnya didistribusikan bertahap pada tahun-tahun penyelesaiannya.

7 BAB 2. METODE PELAKSANAAN Mengacu kepada butir Analisis Situasi uraikan permasalahan UKM, nyatakan dengan jelas pemilihan IPTEKS yang ditetapkan untuk menyelesaikan persoalan prioritas yang telah disepakati dalam aspek bisnis UKM berikut: bahan baku, produksi, proses, produk, manajemen, pemasaran, sumberdaya manusia, fasilitas, dan finansial.

8 BAB 3. TARGET LUARAN Mengacu kepada uraian dalam solusi yang ditawarkan, nyatakan target luaran tahunan yang meliputi aspek bisnis UKM berikut: bahan baku, produksi, proses, produk, manajemen, pemasaran, sumberdaya manusia, fasilitas, dan finansial. Sifat luaran tahunan harus dapat diukur dimensi, bentuk, jumlah dan jenisnya. Hindari uraian yang bersifat naratif

9 BAB 4. KELAYAKAN PERGURUAN TINGGI a. Uraikan secara ringkas kinerja lembaga pengabdian kepada masyarakat Perguruan Tinggi dalam bidang Kewirausahaan dan Penerapan Ipteks ke masyarakat. b. Uraikan jenis kepakaran yang diperlukan untuk melaksanakan program IbPE setiap tahunnya selama 3 tahun dan sebutkan siapa pakarnya. c. Jelaskan Fasilitas Pendukung yang tersedia di PT.

10 BAB 5. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN 5.1 Anggaran Biaya 5.2 Jadwal Kegiatan Disusun berdasarkan uraian solusi yang ditawarkan dalam bar chart (Lampiran 3) /UKM mitra selama 3 thn. Tunjukkan distribusi dana Ditlitabmas dan UKM dalam RAB tersebut. Lampirkan 2 surat pernyataan kesediaan masing” UKM mitra untuk mengalokasikan dana slm 3 thn.

11 DAFTAR PUSTAKA Daftar Pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun, dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan, dan sumber. Hanya pustaka yang dikutip atau diacu dalam usulan pengabdian yang dicantumkan dalam Daftar Pustaka.

12 LAMPIRAN-LAMPIRAN Lampiran 1. Biodata dan Kesediaan Ketua/Anggota Tim Pengusul (Lampiran 5). Lampiran 2. Biodata Pengusaha Mitra yang telah ditandatangani (Format bebas). Lampiran 3. Denah Lokasi Usaha Kecil Menengah Mitra. Lampiran 4. Surat Pernyataan Kesediaan Kerjasama (dari semua UKM mitra) yang telah ditandatangani di atas meterai Rp6.000,-.

13 INGAT! WARNA SAMPUL IbPE Putih


Download ppt "IbPE Disampaikan Dalam Acara Workshop PPM di UAD, Hari SDABTU, 14 MARET 2015 GUNARSO."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google