Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IPTEKS BAGI WILAYAH (I b W) 1.I b W adalah pengembangan dari program Sibermas yang telah dilakukan selama ini. 2.Kerjasama perguruan dengan pemerintah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IPTEKS BAGI WILAYAH (I b W) 1.I b W adalah pengembangan dari program Sibermas yang telah dilakukan selama ini. 2.Kerjasama perguruan dengan pemerintah."— Transcript presentasi:

1 IPTEKS BAGI WILAYAH (I b W) 1.I b W adalah pengembangan dari program Sibermas yang telah dilakukan selama ini. 2.Kerjasama perguruan dengan pemerintah daerah perlu tetap dipelihara dan dikembangkan. 3.I b W diharapkan menjadi wadah untuk peningkatan kerjasama perguruan tinggi dengan Pemda.

2 I b W TIDAK SAMA DENGAN SIBERMAS 1.Tidak lagi perlu menyusun profil wilayah 2.Tidak lagi menyiapkan Renstrada 3.Perlu mempelajari RPJMD bersama Pemda untuk menentukan program-program yang akan dilakukan secara bersama. 4.Dapat juga dengan mengamati potensi dan permasalahan yang dihadapi masyarakat di wilayah yang dilaksanakan program I b W ini.

3 LATAR BELAKANG PROGRAM I b W 1.Ketidakmapanan sebagian besar masyarakat terhadap pembangunan kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat dalam era globalisasi. 2.Ipteks PT belum secara sengaja ditujukan bagi kesejahteraan masyarakat. 3.Potensi masyarakat maupun sumber daya alam lingkungannya belum termanfaatkan dengan baik dan arif. 4.Penatakelolaan fisik kewilayahan belum proporsional dan profesional.

4 MISI PROGRAM I b W Meningkatkan kemandirian, kenyamanan kehidupan, sekaligus kesejahteraan masyarakat melalui keterlibatan aktif publik (inisiatif dan partisipatif), Pemkot/Pemkab (berbasis Rencana Pembangunan Jangka Menengah, RPJM) dan Perguruan Tinggi (kepakaran).

5 TUJUAN PROGRAM I b W 1.Menciptakan kemandirian, kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat melalui sinergi kepakaran masyarakat PT, kemampuan dan kebijakan Pemkot/Pemkab seperti tertuang dalam RPJM dan potensi masyarakat. 2.Menemukan solusi atas persoalan yang dihadapi Pemkab/Pemkot dan/ atau masyarakat serta secara langsung atau tidak langsung berpotensi mempengaruhi kenyamanan kehidupan masyarakat. 3.Sinergisme dalam I b W diwujudkan baik dalam pengintegrasian program maupun pendanaan.

6 LUARAN Jasa, Metode, Produk/Barang, Paten yang memberi dampak pada: 1.up-dating ipteks di masyarakat, 2.pertumbuhan ekonomi wilayah, 3.peningkatan atensi PT terhadap kawasan, 4.peningkatan mutu perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah, 5.peningkatan kegiatan pengembangan ilmu, teknologi dan seni di perguruan tinggi.

7 PELAKSANAAN I b W Sumber dana dari dua sumber: 1.APBD Pemkot/Pemkab (dana APBD disarankan lebih besar dibandingkan dana DIPA DP2M) 2.DIPA DP2M Ditjen DIKTI.

8 JANGKA WAKTU DAN BIAYA 1.Waktu: 3 (tiga) tahun. 2.Setiap kegiatan ditetapkan besaran biaya yang diperlukan dan didistribusikan sesuai tahun pelaksanaannya. 3.Dana DIPA DP2M maksimum Rp. 100 (seratus) juta/tahun 4.Dana Pemerintah Daerah minimum Rp. 100 (seratus) juta/tahun. 5.Pencairan dana DIPA DP2M dilakukan melalui dua tahap; Tahap I 70% dan II 30%. 6.Tahap II dicairkan apabila Laporan Tahunan/Laporan Akhir sudah diterima DP2M tepat waktu sesuai dalam Kontrak Kerjasama.

9 PELUANG MITRA 1.Mitra dapat bekerjasama dan/atau membiayai kegiatan yang dilaksanakan. 2.Dana kemitraan lain dapat: lembaga perbankan, non-bank, hibah dalam atau luar negeri.

10 PT MITRA dan WILAYAH KERJA 1.PT pengusul wajib bermitra dengan minimum satu PT lain sesuai kepakaran yang diperlukan. 2.Usulan disusun bersama antara Pemkab/Pemkot, PT pengusul, dan PT mitra dengan mengikuti format baku DP2M. 3.Wilayah I b W yang diusulkan ditetapkan Bupati/Walikota dengan cakupan area sesuai kesepakatan bersama. 4.Usulan lintas kepulauan hanya dapat dilakukan di wilayah yang memiliki banyak pulau dan dilakukan LPM-PT yang berpengalaman dibantu PT setempat di wilayah pelaksanaan I b W.

11 STRUKTUR USULAN Baca: PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI PERGURUAN TINGGI EDISI IX, dikeluarkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013 (http://simlitabmas.dikti.go.id) (http://simlitabmas.dikti.go.id)

12 USULAN PROGRAM IPTEKS BAGI WILAYAH (I b W-CSR atau I b W-PEMDA-CSR) I b W-CSR atau I b W-PEMDA-CSR …………………… Oleh: (ketua) (anggota) NAMA PERGURUAN TINGGI (A) NAMA PERGURUAN TINGGI (B) NAMA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA I b W TAHUN Logo Perguruan Tinggi-A Logo Perguruan Tinggi-B Logo CSR dan/atau Pemerintah Daerah

13 ANALISIS SITUASI 1.Gambarkan peta petunjuk lokasi dan batas wilayah I b W. 2.Uraikan kondisi permasalahan wilayah yang ditangani, minimum 2 aspek yang dipilih: geografis, SDA, SDM, SD Mineral dan tambang, prasarana, sandang pangan, perumahan, pendidikan, dll. Judul: cukup disebutkan I b W

14 PERMASALAHAN WILAYAH 1.Jelaskan program RPJM Pemkab/Pemkot yang menjadi skala prioritas Bupati/walikota. 2.Progam tersebut harus termasuk dalam 2 aspek yang dipilih sesuai permasalahan wialayah.

15 SOLUSI YANG DITAWARKAN 1.Uraikan metode pendekatan yang ditawarkan untuk mendukung program 2.Tuliskan rencana kegiatan selama 3 tahun yang menunjukkan langkah-langkah solusi atas persoalan yang disepakati bersama 3.Uraikan bagaimana kontribusi Pemkab/Pemkot dalam pelaksanaan program

16

17 TARGET LUARAN TAHUNAN 1.Tuliskan jenis luaran yang dihasilkan dari setiap kegiatan tahunan sesuai dengan rencana kegiatan selama 3 tahun. 2.Luaran dapat berupa produk atau barang atau sertifikat dan sejenis nyatakan spesifikasinya.

18 KELAYAKAN PT 1.Jelaskan alasan pemilihan PT Mitra, kualifikasi tim pelaksana, relevansi skill tim, sinergisme tim, pengalaman kemasyarakatan, khususnya bagi ketua tim pengusul. 2.Gambarkan struktur organisasi tim yang melibatkan PT Mitra dan Pemkab/Pemkot.

19 BIAYA PEKERJAAN 1.Buat tabel yang menunjukkan hubungan antara kegiatan tahunan dan biaya. 2.Kelayakan usulan biaya yang dirinci dari butir 1) dalam klasifikasi honor (mak 30%), bahan habis, peralatan, perjalanan, dan lain-lain pengeluaran. 3.Biaya program sudah termasuk pajak yang harus ditanggung sesuai peraturan yang berlaku dan biaya pembuatan artikel internasional. 4.Kemampuan sharing Pemkab/Pemkot yang ditunjukkan melalui Surat Pernyataan Kesediaan Mengalokasikan dana APBD untuk program I b W

20 LAMPIRAN Lampiran 1 Biodata Ketua dan Tim Pengusul Lampiran 2 Peta lokasi wilayah Lampiran 3 Surat kesepakatan untuk menjalankan kerjasama antara PT dengan Pemda yang ditandatangani Ketua LPM/LPPM-PT/Direktur Politeknik dan Bupati/Walikota serta menyebutkan peranserta dan kewajiban masing- masing pihak dalam pelaksanaan I b W


Download ppt "IPTEKS BAGI WILAYAH (I b W) 1.I b W adalah pengembangan dari program Sibermas yang telah dilakukan selama ini. 2.Kerjasama perguruan dengan pemerintah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google