Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

POTENSI BUDIDAYA SINGKONG SUPER (MUKIBAT) SINGKONG SUPER (MUKIBAT) SEJARAH Penemu singkong ini adalah Mukibat, petani desa Ngadiluwih Kediri, Jawa Timur.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "POTENSI BUDIDAYA SINGKONG SUPER (MUKIBAT) SINGKONG SUPER (MUKIBAT) SEJARAH Penemu singkong ini adalah Mukibat, petani desa Ngadiluwih Kediri, Jawa Timur."— Transcript presentasi:

1

2 POTENSI BUDIDAYA SINGKONG SUPER (MUKIBAT)

3 SINGKONG SUPER (MUKIBAT) SEJARAH Penemu singkong ini adalah Mukibat, petani desa Ngadiluwih Kediri, Jawa Timur. Singkong Super atau yang lebih kita kenal dengan nama singkong mukibat adalah singkong hasil okulasi antara singkong biasa (makan) dengan singkong karet. Perpaduan karakteristik dari kedua singkong inilah yang dapat menghasilkan singkong super ini.

4 MENGAPA YANG DI OKULASI ANTARA SINGKONG KARET DAN SINGKONG BIASA (MAKAN) Singkong BIASA yang berukuran kecil dan memiliki akar yang lebih besar berbanding terbalik dengan singkong KARET yang berukuran lebih besar, dengan daun yang juga lebih lebar dan lebat, namun ukuran akar yang lebih kecil dari singkong biasa. Akan tetapi, potensi singkong karet untuk berfotosintesis lebih besar dibanding dengan singkong biasa. Fakta inilah yang mengilhami Mukibat untuk menyambung singkong biasa sebagai batang bawah, dengan singkong karet di bagian atasnya.

5 GAMBAR OKULASI SINGKONG KARET (ATAS) DAN SINGKONG BIASA (BAWAH) SINGKONG KARET SINGKONG VARIETAS OKULAS I

6 GAMBAR OKULASI SINGKONG KARET (ATAS) DAN SINGKONG BIASA (BAWAH) OKULASI SINGKONG KARET SINGKONG VARIETAS

7 TANAMAN SINGKONG BERUMUR 1,5 BULAN

8 HASIL PANEN SETELAH 12 BULAN

9

10 ESTIMASI BIAYA PENANAMAN SINGKONG (5 HEKTAR)

11 ESTIMASI KEUNTUNGAN (HARGA SINGKONG 700/KG) ESTIMASI BERAT/PHN (KG) POPULASI HASIL (KG) HARGAHASIL BIAYA ANGKUT/ KG ONGKOS TRANSPORT MODALLABA 10 KG/BATANG Rp 700 Rp Rp Rp Rp Rp KG/BATANG Rp 700 Rp Rp Rp Rp Rp KG/BATANG Rp 700 Rp Rp Rp Rp Rp KG/BATANG Rp 700 Rp Rp Rp Rp Rp KG/BATANG Rp 700 Rp Rp Rp Rp Rp KG/BATANG Rp 700 Rp Rp 100.-Rp Rp Rp KG/BATANG Rp 700 Rp Rp RP Rp Rp KG/BATANG Rp 700 Rp Rp RP Rp Rp KG/BATANG Rp 700 Rp Rp Rp Rp Rp KG/BATANG Rp 700 Rp Rp Rp Rp Rp NOTE : o> Hasil panen : Rendah Normal Baik Luar Biasa o> ONGKOS TRANSPORT = HASIL(KG) : Kg (muatan per1 mobil) X Rp o> LABA = HASIL – (ONGKOS TRANSPORT + MODAL)

12 TERIMA KASIH Professional Procurement Indonesia Syahrul, M.Sc


Download ppt "POTENSI BUDIDAYA SINGKONG SUPER (MUKIBAT) SINGKONG SUPER (MUKIBAT) SEJARAH Penemu singkong ini adalah Mukibat, petani desa Ngadiluwih Kediri, Jawa Timur."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google