Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Yaitu Untuk mengkomunikasikan data dari 1 tempat ke tempat lainnya. Tiga elemen yang harus tersedia : SumberPenerima Media transmisi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Yaitu Untuk mengkomunikasikan data dari 1 tempat ke tempat lainnya. Tiga elemen yang harus tersedia : SumberPenerima Media transmisi."— Transcript presentasi:

1 Yaitu Untuk mengkomunikasikan data dari 1 tempat ke tempat lainnya. Tiga elemen yang harus tersedia : SumberPenerima Media transmisi

2 A. Transmisi Data merupakan proses pengiriman data dari sumber ke penerima. Hal-hal yang berhubungan dengan trnsmisi data : + Media Transmisi + kapasitas chanel transmisi + Tipe dari chanel transmisi + Kode Transmisi yang digunakan + Mode Transmisi + Protocol

3 Media Transmisi - Kabel : Coaxial cable, Fiber Optic - Radiasi Elektromagnetik: Microwave, Satelite System, Sistem Laser Kapasitas chanel transmisi - Narrowband channel : bandwith rendah ( bps), cost lebih mahal, telegraph - Voiceband Channel : bandwith sedang ( bps). Telephone - Wideband cchannel : bandwith cepat (>1jt bps), cost lebih murah. System satelit, microwave (gelombang elektromagnetik)

4 - One-way Transmision tipe transmisi dengan satu arah (simplex), merupakan channel transmisi yang hanya dapat membawa informasi data dalam bentuk satu arah saja. Contoh: gelombang TV dan radio. - Either-way Transmision tipe transmisi dua arah secara bergantian (half- dumplex). Contoh : HT - Both-way transmision tipe transmisi 2 arah secara serentak (full duplex). Contoh : HP Tipe Channel Transmisi

5  Mode Transmisi - Parallel Transmision - Serial Transmision (Synchronous, asynchronous)  Protokol kumpulan dari aturan-aturan yang berhubungan dengan komunikasi data antara alat-alat komunikasi supaya komunikasi data dapat dilakukan dengan benar. handshaking merupakan istilah apabila suatu protokol dari komunikasi data telah kompatibel.

6 B. Perangkat keras Komunikasi Data - Modem modulator-demodulator adalah perangkat yang digunakan untuk merubah data dari bentuk digital ke bentuk analog. MODEM Pulsa digital

7 - Multiplexer alat yang memungkinkan beberapa signal komunikasi menggunakan sebuah transmisi bersama-sama. - Concentrator lebih mahal karena mempunyai alat sismpanan luar (mass storage).

8 3. Bentuk Sistem komunikasi data a. Off line Communication System Yaitu data yang ditransmisikan tidak langsung diproses oleh CPU penerima b. On-Line Communication system yaitu data yang ditransmisikan langsung diproses oleh CPU penerima. On-line communication dapat berupa : Remote Job Entry System, Real Time System, Time Sharing System, Client Server Sytem, Distribuited data processing system.

9  Network adalah jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi. Komponen Network: Node merupakan titik yang dapat menerima input ke dalam network atau menghasilkan output informasi atau kedua-duanya. Link adalah channel atau jalur transmisi untuk arus informasi data diantara node. Link dapat berupa kabel, gelombang elektromagnetik. Contoh : LAN, WAN, MAN

10  WAN dan LAN WAN disebut juga external network. transmisi data dalam LAN punya kecepatan yang berbeda-beda dan dapat dikategorikan sebagai berikut : 1. High Speed network (20 mbps), contoh : Loosely Coupled Network, hyperchannel. 2. Medium Speed Network (1 – 20 Mbps), contoh : Ethernet dikembangkan oleh Xerox, kecepatan 1 Mbps. Menggunakan coaxial cable dan dapat duhubungkan sistem komputer Xerox dengan mesin copy xerox dan alat lainnya. 3. low Speed PC Network (< 1 Mbps), contoh : antar PC.


Download ppt "Yaitu Untuk mengkomunikasikan data dari 1 tempat ke tempat lainnya. Tiga elemen yang harus tersedia : SumberPenerima Media transmisi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google