Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komunikasi Data Pengantar Sistem Informasi D3-Manajemen Informatika Diny Wahyuni.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komunikasi Data Pengantar Sistem Informasi D3-Manajemen Informatika Diny Wahyuni."— Transcript presentasi:

1 Komunikasi Data Pengantar Sistem Informasi D3-Manajemen Informatika Diny Wahyuni

2 Komunikasi Data Berbasis Komputer Pergerakan data dan informasi yang dikodekan dari satu titik ke titik lain melalui peralatan listrik atau elektromagnetik, kabel serat optik (fibre optic cables) atau sinyal gelombang mikro (microwave signal).

3 Model Dasar Komunikasi Source  Menghasilkan data yang akan ditransmisikan Transmitter  Mengubah data menjadi sinyal transmisi Transmission System  Membawa data Receiver  Merubah sinyal yang diterima menjadi data Destination  Menerima data yang datang

4 Model Dasar Komunikasi Data Modem (Modulator-demodulator) = alat yang dapat mengubah sinyal elektronik dari peralatan komputer menjadi sinyal elektronik dari sirkuit telepon ataupun sebaliknya

5 Model Dasar Jaringan

6 Jenis Jaringan WAN (Wide Area Network) : Meliputi Area Geografis yang luas dilengkapi dengan beragam fasilitas komunikasi;seperti : jasa telepon jarak jauh, Transmisi Satelit dan Kabel bawah laut Contoh : Internet, Jaringan Perbankan antar Daerah LAN (Local Area Network) : Meliputi Area Geografis yang terbatas (satu Gedung atau kampus) Contoh : Intranet

7 Perangkat Keras Komunikasi (INPUT) Terminal  Keyboard  Telepon  Terminal Titik Penjualan  Terminal Khusus

8 Perangkat Keras Komunikasi (Jaringan) Cluster Control Unit Membangun hubungan antara terminal yang dikendalikan dengan peralatan dan saluran. Alat ini memungkinkan beberapa terminal berbagi satu printer atau mengakses beberapa komputer melalui saluran yang berbeda Modem (Modulator-demodulator) Alat yang dapat mengubah sinyal elektronik dari peralatan komputer menjadi sinyal elektronik dari sirkuit telepon ataupun sebaliknya

9 Perangkat Keras Komunikasi (Jaringan) cont’d Multiplexer Alat yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan beberapa pesan secara serentak Local Loop Terdiri dari kawat atau kabel coaxial (biasanya dipilin berpasangan (Twisted)) Saluran (Channel) Kabel CoaxialTwisted Pair Interexchange Channel (IXC) Bagian dari saluran yang menjangkau jarak terjauh. Contohnya : Kabel Serat Optik, terdiri dari serat- serat kaca sehalus rambut dan pulsa cahaya melewatinya. Kabel Serat Optik (fiber-optic)

10 Perangkat Keras Komunikasi (Jaringan) cont’d Front-end Processor Menangani lalu lintas data yang masuk dan keluar bagi host komputer. Sebagian front-end processor melakukan message switching dengan mengatur rute (routing) tanpa melibatkan host. Host Mengerjakan pemrosesan data untuk jaringan. Setelah pemrosesan data dapat ditransmisikan kembali ke front-end processor untuk routing (pengaturan rute).

11 Jaringan Komunikasi Data yang Diperluas

12 Perangkat Lunak Jaringan Perangkat Lunak dalam Host Disebut dengan Telecommunication Monitor (TCM). TCM memungkinkan Host untuk : Menempatkan pesan dalam urutan berdasar prioritasnya Melaksanakan fungsi keamanan dengan membuat catatan (log) kegiatan dari setiap terminal & memeriksa wewenang suatu terminal untuk mengerjakan tugas yang diminta Menghubungkan jaringa KOMDAT dengan database. Menangani gangguan kecil dalam pemrosesan (seperti listrik padam) dengan menyimpan status dari penyimpanan primer secara periodik.

13 Perangkat Lunak Jaringan cont’d Perangkat Lunak dalam Front-end Processor Disebut dengan Network Control Program (NCP). NCP memiliki fungsi : Melakukan cek terminal (poll the terminal)dan menanyai tiap terminal secara berurutan (roll call polling), untuk menentukan apakah terminal ingin meggunakan saluran. Memelihara catatan kegiatan saluran seperti memberi tanggal dan waktu pada tiap pesan dan juga nomor seri yang unik Mengubah kode-kode yang digunakan oleh satu jenis peralatan ke jenis lain. Melaksanakan fungsi editing pada data yang masuk Memelihara file historis dari pesan-pesan (selama 20 menit terakhir) dalam memory sekunder Memelihara statistik penggunaan jaringan.

14 Pendekatan Dasar Jaringan pada Pemrosesan Timesharing komputer Dumb-terminal

15 Pendekatan Dasar Jaringan pada Pemrosesan Distribusi Pemrosesan Komputer Pusat Komputer Terdistribusi

16 Pendekatan Dasar Jaringan pada Pemrosesan Client/Server Computing


Download ppt "Komunikasi Data Pengantar Sistem Informasi D3-Manajemen Informatika Diny Wahyuni."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google