Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

NAMA : EDI SUCIPTO NO : 081 DIKSUSKIM II TUGAS KOMUNIKASI PUBLIK Herbert Blumer :"Sociological Analysis and the "Variable.“ Halaman : 132 - 139.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "NAMA : EDI SUCIPTO NO : 081 DIKSUSKIM II TUGAS KOMUNIKASI PUBLIK Herbert Blumer :"Sociological Analysis and the "Variable.“ Halaman : 132 - 139."— Transcript presentasi:

1 NAMA : EDI SUCIPTO NO : 081 DIKSUSKIM II TUGAS KOMUNIKASI PUBLIK Herbert Blumer :"Sociological Analysis and the "Variable.“ Halaman :

2 BATAS ANALISIS VARIABEL  PENERAPAN BATAS ANALISIS VARIABEL DITENTUKAN OLEH PROSES INTERPRETASI / PEMAKNAAN DIDALAM KELOMPOK MANUSIA

3  PROSES INTERPRETASI MERUPAKAN PROSES MENTERJEMAHKAN MAKNA YANG DILAKUKAN DALAM KEGIATAN SEHARI – HARI

4  DALAM RANGKAIAN TES PENERAPAN ANALISIS VARIABEL, DICONTOHKAN ORANG YANG SEDANG BERHADAPAN DENGAN MASALAH BAIK LANGSUNG MAUPUN TIDAK LANGSUNG.  AKIBAT ATAU EFEK DARI KEGIATAN YANG DILAKUKAN ORANG TERSEBUT MERUPAKAN HASIL DARI PROSES INTERPRETASI.

5  ANALISIS VARIABEL DALAM PROSES INTERPRETASI TERDIRI DARI DUA VARIABEL YAITU : VARIABEL TERIKAT DAN VARIABEL BEBAS  VARIABEL BEBAS ADALAH VARIABEL YANG MENYEBABKAN ATAU MEMPENGARUHI  VARIABEL TERIKAT ADALAH FAKTOR – FAKTOR YANG TELAH DI UKUR UNTUK MENENTUKAN ADANYA PENGARUH VARIABEL BEBAS  CONTOH : - PROGRAM POLITIK DI RADIO YANG DI DENGAR OLEH PENDENGAR, DAMPAKNYA MEMPENGARUHI PEMILIH DALAM PEMILIHAN.  - MASUKNYA PENDUDUK KULIT HITAM (NEGRO) KE DALAM LINGKUNGAN PENDUDUK KULIT PUTIH YANG MENGAKIBATKAN EFEK PADA TINGKAH LAKU PENDUDUK KULIT PUTIH.

6  MENURUT H. BLUMER: KOMENTAR KRITISNYA DALAM JURNAL ANALISIS SOSIOLOGIS DAN VARIABEL TIDAK DISALAHARTIKAN, BAHWA ANALISIS VARIABEL TIDAK PENTING DALAM ANALISIS SOSIOLOGIS, MALAH SEBALIKNYA ANALISIS VARIABEL MERUPAKAN PROSEDUR YANG DI BUTUHKAN DALAM KEHIDUPAN SOSIAL UNTUK MEMAHAMI KEHIDUPAN MANUSIA SERTA KARAKTERNYA.

7  Menurut H. Blumer  (1) manusia bertindak terhadap sesuatu berdasarkan makna yang ada pada “sesuatu” itu bagi mereka,  (2) makna tersebut berasal atau muncul dari “interaksi sosial seseorang dengan orang lain”, dan  (3) makna tersebut disempurnakan melalui proses penafsiran pada saat “proses interaksi sosial” berlangsung. “Sesuatu” – alih-alih disebut “objek” – ini tidak mempunyai makna yang intriksik. Sebab, makna yang dikenakan pada sesuatu ini lebih merupakan produk interaksi simbolis.

8  Bagi H. Blumer, “sesuatu” itu – biasa diistilahkan “realitas sosial” – bisa berupa fenomena alam, fenomena artifisial, tindakan seseorang baik verbal maupun nonverbal, dan apa saja yang patut “dimaknakan”.  Sebagai realitas sosial, hubungan “sesuatu” dan “makna” ini tidak inheren, tetapi volunteristrik. Sebab,. Menurut Blumer proses self- indication adalah proses komunikasi pada diri individu yang dimulai dari mengetahui sesuatu, menilainya, memberinya makna, dan memutuskan untuk bertindak berdasarkan makna tersebut. Dengan demikian, proses self-indication ini terjadi dalam konteks sosial di mana individu mengantisipasi tindakan-tindakan orang lain dan menyesuaikan tindakannya sebagaimana dia memaknakan tindakan itu.

9  kata Blumer sebelum memberikan makna atas sesuatu, terlebih dahulu aktor melakukan serangkaian kegiatan olah mental: memilih, memeriksa, mengelompokkan, membandingkan, memprediksi, dan mentransformasi makna dalam kaitannya dengan situasi, posisi, dan arah tindakannya. Dengan demikian, pemberian makna ini tidak didasarkan pada makna normatif, yang telah dibakukan sebelumnya, tetapi hasil dari proses olah mental yang terus-menerus disempurnakan seiring dengan fungsi instrumentalnya, yaitu sebagai pengarahan dan pembentukan tindakan dan sikap aktor atas sesuatu tersebut.  Dari sini jelas bahwa tindakan manusia tidak disebabkan oleh “kekuatan luar” (sebagaimana yang dimaksudkan kaum fungsionalis struktural), tidak pula disebabkan oleh “kekuatan dalam” (sebagaimana yang dimaksud oleh kaum reduksionis psikologis) tetapi didasarkan pada pemaknaan atas sesuatu yang dihadapinya lewat proses yang oleh Blumer disebut self- indication

10 TERIMA KASIH


Download ppt "NAMA : EDI SUCIPTO NO : 081 DIKSUSKIM II TUGAS KOMUNIKASI PUBLIK Herbert Blumer :"Sociological Analysis and the "Variable.“ Halaman : 132 - 139."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google