Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teks Algorithma Ery Setiyawan Jullev A. Pendahuluan  Teks algoritma yang dimaksud di sini adalah teks pseudocode yang dianggap perlu untuk menjembatani.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teks Algorithma Ery Setiyawan Jullev A. Pendahuluan  Teks algoritma yang dimaksud di sini adalah teks pseudocode yang dianggap perlu untuk menjembatani."— Transcript presentasi:

1 Teks Algorithma Ery Setiyawan Jullev A

2 Pendahuluan  Teks algoritma yang dimaksud di sini adalah teks pseudocode yang dianggap perlu untuk menjembatani keragaman dan kompleksitas bahasa sehingga dapat dilakukan “abstraksi”  Teks ini lebih berorientasi kepada detail design dibandingkan coding, (merupakan rancangan secara prosedural yang selanjutnya dengan mudah dapat ditranslasi menjadi salah satu program dalam bahasa tertentu)  Di sini contoh bahasa pemrograman yang digunakan adalah Bahasa CPP. Jadi dalam pembahasan berikutnya, translasi teks algoritma adalah ke dalam teks program Bahasa CPP.

3 Bagian-bagian (blok) dalam teks algoritma  bagian judul (header) algoritma  bagian deklarasi  bagian deskripsi algoritma

4 Bagian-bagian (blok) dalam teks algoritma  Setiap bagian disertai dengan komentar untuk memperjelas maksud teks yang dituliskan. Komentar dalah kalimat yang diapit oleh pasangan tanda kurung kurawal (‘{‘ dan ‘}’).

5 Judul Algorithma  Judul algoritma adalah terdiri dari nama dan penjelasan (spesifikasi) tentang algoritma tersebut  Nama algoritma yang digunakan sebaiknya singkat akan tetapi sudah dapat menggambarkan apa yang dilakukan oleh algoritma tersebut. Biasanya di bawah nama algoritma diberi penjelasan singkat mengenai apa yang dilakukan oleh algoritma. Penjelasan semacam ini sering kali disebut sebagai spesifikasi algoritma. Algoritma yang akan ditulis nantinya harus sesuai dengan spesifikasi

6 Deklarasi  DEKLARASI adalah merupakan tempat untuk mendefinisikan berbagai macam nama, yaitu:  Nama tipe  Nama konstanta  Nama informasi/peubah (nama variabel)  Nama fungsi, sekaligus spesifikasinya  Nama prosedur, sekaligus spesifikasinya  Semua nama tersebut baru dapat digunakan jika telah didefinisikan di dalam DEKLARASI. Penulisan sekumpulan nama dalam DEKLARASI sebaiknya dikelompokkan menurut jenis nama tersebut.

7 Deklarasi  Dalam pendefinisian nama-nama, ada ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan:  Nama peubah belum terdefinisi harganya ketika didefinisikan.  Pendefinisian konstanta sekaligus juga memberikan harganya.  Pendefinisian nama fungsi sekaligus juga dengan domain dan range serta spesifikasinya.  Pendefinisian nama prosedur sekaligus juga dengan pendefinisian  parameter (jika ada) dan spesifikasi prosedur (kondisi awal, kondisi akhir dan proses yang dilakukan).

8

9  Dalam bahasa pemrograman, setiap nama memiliki aturan penulisan atau sintaks tertentu, misalnya aturan yang menyangkut karakter yang diperbolehkan, jumlah maksimum karakter, dan sebagainya. Di dalam teks algoritma, tidak terdapat aturan ketat mengenai nama. Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa pemilihan nama harus tidak menimbulkan kerancuan dan jika nama yang digunakan adalah singkat maka harus disertai dengan penjelasannya. Sebuah nama harus dituliskan secara utuh dan tidak boleh dipisahkan dengan spasi.  Deklarasi global atau umum dikenal untuk seluruh program sedangkan deklarasi lokal hanya dikenal pada teks algoritma tempat deklarasi tersebut dituliskan.

10 Deskripsi  DESKRIPSI adalah bagian inti dari algoritma. Bagian ini berisi instruksi-instruksi atau pemanggilan aksi-aksi yang telah didefinisikan. Komponen di dalam teks algoritma dapat berupa:  Instruksi dasar seperti input/output, assignment  Urutan (sequence)  Pemilihan  Pengulangan

11 Translasi teks algorithma kedalam bahasa pemrogram  Teks algoritma adalah hasil pemikiran yang konseptual. Agar dapat dilaksanakan oleh komputer maka algoritma harus ditranslasi ke dalam notasi bahasa pemrograman.  Struktur program CPP mempunyai 3 bagian : Judul Program(class), bagian deklarasi dan bagian deskripsi

12 Perbandingan notasi dengan code sesungguhnya

13 Table Transaksi  Notasi Algoritma ke dalam Notasi Bahasa CPP  Notasi Algoritma Pengisian Nilai, Pembacaan dan Penulisan ke dalam Notasi Bahasa CPP  Notasi Algoritma Struktur Penyeleksian ke dalam Notasi Bahasa CPP  Notasi Algoritma Struktur Pengulangan ke dalam Notasi Bahasa CPP  Notasi Algoritma Prosedur ke dalam Notasi Bahasa CPP  Notasi Algoritma Fungsi ke dalam Notasi Bahasa CPP

14 Notasi Algorithma dalam CPP kelompok AlgoritmikCPPKeterangan Tipe Dasar Boolean Numeric integer Double LongInteger Real Charchar String String[n] record String[n] int[n] char[n]

15 Parameter  and (&)  Or (||)  Lebih besar (>)  Lebih Besar sama dengan (>=)  Lebih kecil (<)  Lebih Kecil sama dengan (<=)  Sama dengan (==)

16 Struktur kontrol  If(kondisi){ nilai }  For(){}  While(){}

17 Pertanyaan?


Download ppt "Teks Algorithma Ery Setiyawan Jullev A. Pendahuluan  Teks algoritma yang dimaksud di sini adalah teks pseudocode yang dianggap perlu untuk menjembatani."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google