Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Peran dan Tanggung Jawab Perawat CAPD. Perawat CAPD  Anggota dari grup spesialis dan harus mempunyai keahlian khusus yang diperlukan pasien.  Mengikuti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Peran dan Tanggung Jawab Perawat CAPD. Perawat CAPD  Anggota dari grup spesialis dan harus mempunyai keahlian khusus yang diperlukan pasien.  Mengikuti."— Transcript presentasi:

1 Peran dan Tanggung Jawab Perawat CAPD

2 Perawat CAPD  Anggota dari grup spesialis dan harus mempunyai keahlian khusus yang diperlukan pasien.  Mengikuti Perkembangan yang cepat dari ilmu dan teknologi maju dalam pengobatan medis dan keperawatan.  Keahlian harus disertai/sejalan dengan pengetahuan.

3 Perawatan Prima  Berkesinambungan.  Bisa diharapkan/diandalkan  Otonomi.  Kewenangan/hak.  Personalized patient-centered care. Diberikan dengan cara :

4 Peran Perawat CAPD  Advokasi/konsultasi pasien  Administrasi  Pendidik  Mentor untuk staf  Peneliti

5 Peran Advokasi / Konsultasi Pasien  Mempunyai pengetahuan perawatan dasar.  Bertanggung jawab terhadap kesinambungan perawatan di rumah.  Pengkajian pasien Pre Dialisis.  Komunikasi/ konsultasi dengan dokter dan anggota tim kesehatan lainnya dalam masalah pasien.

6 Advokasi…., cont’d  Bekerja sama dengan perawat dimana pasien dirawat.  Bertanggung jawab terhadap kontrol infeksi.  Berkomunikasi dengan keluarga pasien dan mengkaji strategi koping.  Mengetahui dan dapat mengelola peritonitis dan komplikasi lain PD.

7 Peran Administrasi  Organisasi dan administrasi pelayanan perawatan.  Program dari follow up klinik.  Evaluasi dari peralatan baru  Partisipasi dalam organisasi ginjal, berbagai disiplin ilmu lain.

8 Administrasi….. cont’d  Koordinasi dari pengajaran termasuk pengamanan sumber dan pelajaran kedaruratan.  Bertanggung jawab untuk pengumpulan data dan komputerisasi data.  Melaksanakan program mutu.  Pendokumentasian tindakan keperawatan.

9 Peran Pendidik  Pengembangan dan melaksanakan program training pasien  Guru & pengevaluasi dari perawat yang sedang training.  Membantu dalam pendidikan pasien.

10 Peran Pendidik ……, cont’d  Mengajar staf secara keseluruhan dalam pelayanan keperawatan.  Presentasi pada lokal, regional, nasional dan pertemuan internasional.  Mengajar proses perawatan untuk meningkatkan perawatan pasien

11 Peran Mentor untuk staf  Bertanggung jawab atas kebaikan dan moral staf.  Konsultator untuk staf untuk mencegah burnt out (kejenuhan).  Bertanggung jawab atas kesinambungan program pendidikan.  Mendorong dan memberi semangat kepada staf agar berpartisipasi dalam organisasi profesional.

12 Peran Peneliti  Melaksanakan program penelitian PD  Partisipasi dan memberi semangat staf agar berpartisipasi dalam organisasi yang profesional  Evaluasi dari praktek perawatan  Kerja sama dengan dokter dan peneliti dalam penelitian PD

13 Kriteria Perawat CAPD / PD  Latar belakang pendidikan dan perawatan ginjal dalam dan luar negeri.  Komitmen.  Keahlian mengajar.  Konsisten (menetap).  Tidak kaku (mudah menyesuaikan).

14 Kualitas perawat CAPD / PD…., cont’d  Penilaian baik.  Bisa bekerja sendiri.  Sabar  Mempunyai rasa humor  Dapat berkomunikasi dengan baik.

15 Tanggung Jawab Perawat CAPD 1. Tanggung jawab administratif. 2. Tanggung jawab klinik.

16 Tanggung Jawab Administrasi Mencakup : 1. Implementasi dan kemajuan dari program pelatihan (training) dan program training ulang dari pasien PD. 2. Sebagai koordinator dalam pembuatan dari protokol : a) Penggantian set. b) Pergantian cairan. c) Kejadian kontaminasi. d) Perawatan exit site

17 Tanggung Jawab Adm…., cont’d e)Perawatan exit site. f)Terapi peritonitis. g)Pemberian obat intra peritoneal. h)Pemasangan kateter dan kondisi. i)Jumlah siklus yang digunakan pasien.

18 3. Koordinator terhadap berbagai peranan disiplin ilmu yang termasuk dalam perawatan dari pasien PD antara lain : a)Pekerja sosial b)Ahli diet c)Ahli terapi fisik (psioterapi) d)Tim bedah e)Ahli laboratorium

19 f)Farmasi g)Ahli kejiwaan h)Bagian penagihan i)Pegawai non medik j)Staf ruang gawat darurat k)Biro kemasyarakatan (bila diperlukan) Koordinator ……cont’d

20 4. Menciptakan dan melaksanakan metode pencatatan data dan dokumentasi yang diandalkan

21 Tanggung Jawab Klinik Observasi perkembangan pasien di klinik dan di rumah.

22 Tanggung Jawab Klinik untuk Pasien Pre - dialisis 1. Mengkaji pasien untuk pilihan metode dialisis (APD dan CAPD) dan menginformasikan kepada dokter 2. Menginformasikan kelebihan dan keterbatasan metode yang dipilih oleh pasien 3. Memastikan perawatan yang tepat atas calon pasien PD sebelum pemasangan kateter.

23 Tanggung Jawab Klinik untuk Pasien Rawat Inap 1. Pengajaran sebelum operasi 2. Mendokumentasikan dan memantau perawatan pasca operasi termasuk kondisi kateter dan perawatan 3. Mengatur untuk alternatif dialisis 4. Petunjuk untuk pasien pulang

24 Tanggung Jawab Klinik untuk Pasien Sebelum dan Selama Pelatihan /Training 1. Konsultasi dengan dokter dan kolaborasi atas sistem PD dan obat yang dipakai 2. Training pasien termasuk alat-alat training dan tehnik untuk memastikan training yang efektif

25 Untuk Pasien di Rumah 1. Tindak lanjut/termasuk hubungan melalui telp. 2. Kunjungan klinik pasien. 3. Kunjungan rumah (pilihan) 4. Pengkajian dan pendidikan pasien yang berkesinambungan 5. Koordinasi atas perawatan pasien 6. Memulai pengkajian perawatan 7. Berpartisipasi dalam program on call 8. Melakukan pencatatan data baru dari setiap pasien

26 Penutup Peran perawat dalam pelayanan pasien dengan CAPD sebagai pelaksana, pengelola, pendidik dan peneliti harus mengikuti perkembangan sesuai ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dengan dialisis khususnya CAPD. Perawat profesional dalam memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas pada pasien dialisis dengan CAPD harus mempunyai pengetahuan,keterampilan dan sikap yang handal & terpuji.

27


Download ppt "Peran dan Tanggung Jawab Perawat CAPD. Perawat CAPD  Anggota dari grup spesialis dan harus mempunyai keahlian khusus yang diperlukan pasien.  Mengikuti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google