Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RANCANG BANGUN APLIKASI INTERACTIVE WHITEBOARD UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GAMING CONTROLLER Oleh : Andre Yusdianto 07.41010.0041.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RANCANG BANGUN APLIKASI INTERACTIVE WHITEBOARD UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GAMING CONTROLLER Oleh : Andre Yusdianto 07.41010.0041."— Transcript presentasi:

1 RANCANG BANGUN APLIKASI INTERACTIVE WHITEBOARD UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GAMING CONTROLLER Oleh : Andre Yusdianto

2 Latar Belakang

3 Pembelajaran di dalam kelas bertujuan untuk membangun pengetahuan mahasiswa dalam bidang studi atau ketrampilan tertentu. Pembelajaran di kelas terjadi karena ada interaksi dan komunikasi antara peserta didik dengan pendidik Diperlukan media yaitu salah satunya papan tulis untuk menyampaikan materi pembelajaran

4 Latar Belakang Terdapat keterbatasan dalam media tersebut. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah dalam menggunakan media pembelajaran yang berupa papan tulis yang tidak perlu memakai sepidol, penghapus dan tinta isi ulang, maka diusulkan dibuatnya interactive whiteboard.

5 Latar Belakang Namun dalam penerapannya untuk membuat sebuah interactive whiteboard diperlukan teknologi yang mampu menangkap pergerakan dari suatu benda yang mengirimkan sinyal berupa infrared. Dalam mengatasi permasalahan di atas ternyata terdapat sebuah teknologi yang dapat dikatakan sebagai alternatif penyelesaian masalah tersebut.

6 Latar Belakang Adapun teknologi yang dimanfaatkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah perangkat kontrol yang dikeluarkan oleh perusahaan Nitendo yang umumnya digunakan sebagai alat kontrol dalam permainan game Nitendo DS, yaitu wiimote.

7 Latar Belakang Berdasarkan permasalahan di bidang pembelajaran diperlukan interactive whiteboard dan pemanfaatan teknologi game Nintendo yang digunakan untuk menggantikan fungsi papan tulis pada umumnya yaitu menulis dan menghapus.

8 Interactive Whiteboard

9 Rumusan Masalah Bagaimana membuat sebuah aplikasi interactive whiteboard yang digunakan untuk menulis dan menghapus. Bagaimana membuat sebuah aplikasi interactive whiteboard yang bisa mengganti slide, menyimpan slide dan menampilkan slide yang disimpan.

10 Tujuan Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah membuat sebuah aplikasi dimana pengguna bisa menulis, menggambar menganti slide dan menyimpan slide pada layar proyektor seperti menggunakan papan tulis dengan menggunakan Wiimote.

11 Batasan Menggunakan bahasa pemograman C#. Menggunakan SDK WiimoteLib untuk membuat aplikasi ini. Memakai Wiimote sebagai infrared receiver dan sebuah infrared pen sebagai sensor infrared Letak Wiimote berada di depan tengah layar

12 Batasan Jarak Wiimote dengan komputer harus berada dalam jangkauan bluetooth Sudut infrared receiver Wiimote tegak lurus dengan layar. Jarak lampu infrared dengan Wiimote harus berada dalam jangkauan infrared.

13 Wiimote

14 Wiimote adalah perangkat komunikasi nirkabel yang mentransmisikan dan menerima data melalui media bluetooth dengan microprocessor bit dan memory on-board. Wiimote memiliki kamera beresolusi 1024x768 yang dipasang perangkat untuk melacak infrared sampai 4 point pada 100Hz

15 Block Diagram

16 Use Case

17 Sequence Diagram Menulis

18 Sequence Diagram Menyimpan dan Membuka Slide

19 Class Diagram


Download ppt "RANCANG BANGUN APLIKASI INTERACTIVE WHITEBOARD UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GAMING CONTROLLER Oleh : Andre Yusdianto 07.41010.0041."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google