Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

L/O/G/O Kelompok 8 Kukuh Darmawan S.(111910201061) Edo Anggit Prabawa(111910201062) Dwi Suputera Adi(111910201064) Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "L/O/G/O Kelompok 8 Kukuh Darmawan S.(111910201061) Edo Anggit Prabawa(111910201062) Dwi Suputera Adi(111910201064) Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang."— Transcript presentasi:

1 L/O/G/O Kelompok 8 Kukuh Darmawan S.( ) Edo Anggit Prabawa( ) Dwi Suputera Adi( ) Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut (PLTGL) MEMPRSENTASIKANMEMPRSENTASIKAN

2 Pokok Bahasan Apa itu PLTGL ? Jenis-jenis PLTGL. Prinsip Kerja PLTGL. Komponen Utama PLTGL. Potensi Daya yang dihasilkan Kelebihan dan Kekurangan PLTGL. Kesimpulan

3 Pengertian PLTGL Pembangkit listrik tenaga gelombang laut merupakan pembangkit listrik yang menfaatkan energi gelombang laut untuk menggerakkan generator. Pembangkit listrik tenaga gelombang laut ini merupakan energi yang terbarui.

4 Jenis-jenis PLTGL PLTGL-OWC (Oscilatting Water Column)  merupakan salah satu sistem dan peralatan yang dapat mengubah energi gelombang laut menjadi energi listrik dengan menggunakan kolom osilasi. PLTGL-Pelampung Buoy  prinsip kerja alat ini akan membangkitkan listrik dari hasil gerakan vertikal dan rotasional pelampung dan dapat ditambatkan pada sebuah rakit yang mengambang atau alat yang tertambat di dasar laut. Wave Surge atau Focusing Devices peralatan ini biasa juga disebut sebagai tapered channel atau kanal meruncing, dipasang pada sebuah struktur kanal yang dibangun di pantai untuk mengkonsentrasikan gelombang, membawanya ke dalam kolam penampung yang ditinggikan.

5 Prinsip Kerja PLTGL Generator Turbin Mesin konversi energi Gelombang laut Energi Gelombang laut Beban/konsumen

6 Komponen utama PLTGL 1)Piston Hidrolik Piston hidrolik adalah bagian yang berfungsi menjaga keseimbangan generator agar kedudukanya tidak terpengaruh oleh laju ombak yang bergerak. 2)turbin Turbin adalah bagian converter yang merubah energi mekanik ombak menjadi energi mekanik (gerak )yang mana menggerakan generator adapun turbin impuls 3)Generator Generator adalah mesin listrik yang prinsip kerjanya berdasarkan prinsip elektromagnetik yang merubah energy mekanik menjadi listrik,adapun generator yang digunakan adalah generator 3 fasa dengan frekuensi 50-60Hz dengan kapasitas daya yang di hasilkan adalah 2.25MW. 3)Submarine towers Submarine towers adalah menara pemantau yang mana di dalamnya terdapat jaringan interkoneksi dari generator menuju gardu induk atau kendali. 1)Piston Hidrolik Piston hidrolik adalah bagian yang berfungsi menjaga keseimbangan generator agar kedudukanya tidak terpengaruh oleh laju ombak yang bergerak. 2)turbin Turbin adalah bagian converter yang merubah energi mekanik ombak menjadi energi mekanik (gerak )yang mana menggerakan generator adapun turbin impuls 3)Generator Generator adalah mesin listrik yang prinsip kerjanya berdasarkan prinsip elektromagnetik yang merubah energy mekanik menjadi listrik,adapun generator yang digunakan adalah generator 3 fasa dengan frekuensi 50-60Hz dengan kapasitas daya yang di hasilkan adalah 2.25MW. 3)Submarine towers Submarine towers adalah menara pemantau yang mana di dalamnya terdapat jaringan interkoneksi dari generator menuju gardu induk atau kendali.

7 4)Gardu induk atau kendali Gardu induk adalah tempat kendali dimana energy yang didapatkan ditransformasikan ke grid conection atau saluran transmisi,didalam gardu induk terdapat : a)kapasitor. b) auto transformator c)trafo step up d)trafo step down

8 5)Grid conection Grid conection :suatu proses pentransmisian energy dari gardu induk ke saluran distribusi yang mana selanjutnya akan disalurkan kepada konsumen Secara umum, sistem kerja pembangkit listrik tenaga gelombang laut sangat sederhana. Sebuah tabung beton dipasang pada ketinggian tertentu di pantai dan ujungnya dipasang di bawah permukaan air laut. Ketika ada ombak yang datang ke pantai, air dalam tabung beton tersebut mendorong udara di bagian tabung yang terletak di darat. Gerakan yang sebaliknya terjadi saat ombat surut. Gerakan udara yang berbolak-balik inilah yang dimanfaatkan untuk memutar turbin yang dihubungkan dengan sebuah pembangkit listrik. Terdapat alat khusus yang dipasang pada turbin sehingga turbin berputar hanya pada satu arah walaupun arus udara.

9 Kelebihan & Kekurangan PLTGL Kelebihan Kekurangan Biaya perawatan dan pemeliharaan cenderung mahal Kendala teknis  Renewable Energy  Go green  Konversi mudah  Perancangan PLTG mudah Diperlukan tenaga ahli Biaya instalasi mahal

10 Potensi Daya yang dihasilkan Berikut contoh tabel energi kinetik, joule dan daya yang dihasilkan oleh energi gelombang laut setiap bulan pada 1 tahunnya dengan PLTGL-OWC. Energi kinetikJouleDaya

11 KESIMPULAN 1.Indonesia merupakan negara kepulauan di daerah khatulistiwa yang dikelilingi oleh sejumlah lautan dengan potensi sumberdaya energi kelautan cukup besar termasuk di antaranya energi gelombang. 2. Ada tiga alat untuk membangkitkan listrik dengan tenaga ombak, diantaranya: 1. Dengan Pelampung Buoy 2. Kolom Air (Oscillating Water Column) 3. Wage Surge atau Focusing Devices 3. Keuntungan menggunakan pembangkit listrik tenaga ombak antara lain memiliki intensitas energi kinetik yang besar dibandingkan dengan energi terbarukan yang lain, dan tidak perlu perancangan struktur yang kekuatannya berlebihan. 4. Hambatan penerapan sistem pembangkit listrik tenaga ombak antara lain tenaga ahli yang menghandle sistem ini sangat kurang, kesulitan birokrasi, kesulitan untuk mendapatkan alat-alat yang dibutuhkan, kesulitan dana untuk menerapkan sistem pembangkit ini, serta kesulitan birokrasi untuk menyelesaikan proyek ini dengan cepat.

12 Terima Kasih


Download ppt "L/O/G/O Kelompok 8 Kukuh Darmawan S.(111910201061) Edo Anggit Prabawa(111910201062) Dwi Suputera Adi(111910201064) Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google