Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDAHULUAN. Ruang Lingkup Artificial Intellegence (Kecerdasan Tiruan) Artificial Intellegence Robotic Computer Vision Jaringan Syaraf Sistem Pakar Fuzzy.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDAHULUAN. Ruang Lingkup Artificial Intellegence (Kecerdasan Tiruan) Artificial Intellegence Robotic Computer Vision Jaringan Syaraf Sistem Pakar Fuzzy."— Transcript presentasi:

1 PENDAHULUAN

2 Ruang Lingkup Artificial Intellegence (Kecerdasan Tiruan) Artificial Intellegence Robotic Computer Vision Jaringan Syaraf Sistem Pakar Fuzzy Logic Playing Game Algoritma Genetic Pemrogra man Otomatis Salah Satu bagian dari ilmu komputer yang membuat agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia

3 Apa itu Sistem Pakar? Sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang dilakukan oleh para ahli Pengetahuan PakarSistem Pakar Orang yang memiliki pengetahuan, penilaian, pengalaman dan metode khusus, serta kemampuan untuk menerapkan bakat ini dalam memberi nasehat dan memecahkan masalah

4 Konsep Dasar Sistem Pakar USER Knowledge-base Mesin inferensi Sistem Pakar Fakta keahlian Berisi fakta, ide, hubungan dan interaksi suatu domain kecil Menganalisis pengetahuan dan menarik kesimpulan berdasarkan pengetahuan

5 Perbandingan kemampuan seorang pakar dan sistem pakar FaktorSeorang pakarSistem Pakar Time AvailibilityHari kerjaSetiap saat GeografisLokal/tertentuDimana saja KeamananTidak tergantikanDapat diganti Perishable/dapat habisYaTidak PerformansiVariableKonsisten KecepatanVariabelKonsisten BiayaTinggiTerjangkau

6 Keunggulan sistem pakar di banding seorang pakar Sistem pakar dapat di gunakan setiap hari, seorang pakar tidak Sistem pakar dapat di perbanyak, seorang pakar hanya bekerja pada suatu tempat Sistem pakar lebih aman dengan memberikan hak akses pengguna, seorang pakar ada kemungkinan mendapat tekanan atau ancaman Pengetahuan Sistem pakar tidak akan hilang, seorang pakar suatu saat akan hilang Pemecahan masalah pada sistem pakar tidak di pengaruhi faktor luar, seorang pakar dapat di pengaruhi faktor luar (misal: intimidasi, kejiwaan, ekonomi, perasaan tidak suka) Sistem pakar lebih cepat Biaya menggaji seorang pakar lebih mahal

7 Yang terlibat dalam lingkungan sistem pakar Pakar Knowledge enggineer (perekayasa sistem) Pemakai

8 Arsitektur sistem pakar Membangun kompoonen dan memasukkan pengetahuan kedalam basis pengetahuan Di gunakan oleh nonpakar untuk memperoleh pengetahuan dan nasihat pakar Terjadi dialog antara pemakai dengan Sistem pakr Berisi pengetahuan untuk memahami, merumuskan, memcahkan masalah Mengandung mekanisme pola pikir dan penalaran yang digunakan oleh pakar dalam menelesaikan suatu masalah Akumulasi, transfer, dan transformasi pengetahuan keahlian dari pakar ke program Untuk perekaman hipotesis dan keputusan sementara Menggambarkan penelaran sistem kepada pemakai

9 Contoh Aplikasi Sistem Pakar (1) ADVER atau Advertising Digunakan untuk strategi media periklanan yang sesuai dengan kondisi internal dan eksternal perusahaan. BERT atau Brickwork expERT Digunakan untuk memeriksa sebuah disain bangunan, kemudian memberikan beberapa rekomendasi untuk perbaikan. DELTA Untuk mendiagnosa kerusakan pada mesin-mesin Diesel Electric Locomotive. DENDRAL Untuk analisis struktur molekul suatu senyawa yang belum diketahui.

10 Contoh Aplikasi Sistem Pakar (2) MYCIN Untuk mendiagnosa infeksi akibat bakteri dan menyarankan jenis obat dan dosisnya untuk penyembuhan. OPERA Untuk mendiagnosa dan menangani kerusakan pada suatu jaringan komputer. PROSPECTOR untuk membantu menemukan lokasi yang mengandung bahan tambang.


Download ppt "PENDAHULUAN. Ruang Lingkup Artificial Intellegence (Kecerdasan Tiruan) Artificial Intellegence Robotic Computer Vision Jaringan Syaraf Sistem Pakar Fuzzy."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google