Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Modul 1 Perancangan Database Secara Konseptual Dosen: Drs. Wimmie Handiwidjojo, MIT. URL: www2.ukdw.ac.id/kuliah/info/IF5153.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Modul 1 Perancangan Database Secara Konseptual Dosen: Drs. Wimmie Handiwidjojo, MIT. URL: www2.ukdw.ac.id/kuliah/info/IF5153."— Transcript presentasi:

1 Modul 1 Perancangan Database Secara Konseptual Dosen: Drs. Wimmie Handiwidjojo, MIT. URL: www2.ukdw.ac.id/kuliah/info/IF5153

2 Beberapa Pengertian Database Merupakan koleksi dari fakta-fakta yang saling berhubungan Database Management System (DBMS) Suatu sistem software untuk mengelola database serta menjawab query yang berhubungan dengan database tersebut. Sistem Informasi Merupakan koleksi dari aktivitas yang mengatur pembagian dan pendistribusian informasi serta bagaimana menyimpan data sesuai dengan kebutuhan organisasi.

3 Keuntungan menggunakan pendekatan database Mengurangi redudansi Mengurangi inkonsistensi Pembagian data Standardisasi Mempertahankan integritas Kebebasan data Pengembangan aplikasinya mudah Mengurangi pemeliharan program Keamanan data

4 Database Relasional (1) Suatu database yang dinyatakan oleh tabel dimana setiap sel pada tabel hanya boleh diwakili oleh satu nilai. Data pada tabel diatas tidak dapat disimpan/dibangun sebagai database relasional.

5 Database Relasional (2) Setiap tabel relasional harus mempunyai nama (dalam contoh berikut bernama “Movie”). Tabel berikut merupakan tabel relational dengan desain yang jelek, mengapa?

6 Database Relasional (3) Desain yang benar adalah dengan membagi 2 tabel sebelumnya seperti pada tabel samping.

7 Object Role Modelling (ORM) Universe of Discourse (UoD) Suatu wilayah aplikasi yang sedang kita modelkan. Cara mendiskripsikan UoD secara jelas dengan: – bahasa alami – diagram – mempopulasikan dengan contoh-2 Entity Relationship (ER) Modelling - Diperkenalkan oleh Peter Chen Menggambarkan UoD dalam batasan-2 entity dengan masing-masing atributnya dalam suatu relasi.

8 Object Role Modelling (ORM)-2 Entity Relationship...

9 Object Role Modelling (ORM)

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19


Download ppt "Modul 1 Perancangan Database Secara Konseptual Dosen: Drs. Wimmie Handiwidjojo, MIT. URL: www2.ukdw.ac.id/kuliah/info/IF5153."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google