Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAHAN RUJUKAN Nurul Hikmah, S. Hum. I. PENGERTIAN, JENIS & FUNGSI BAHAN RUJUKAN II. KAMUS & ENSIKLOPEDI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAHAN RUJUKAN Nurul Hikmah, S. Hum. I. PENGERTIAN, JENIS & FUNGSI BAHAN RUJUKAN II. KAMUS & ENSIKLOPEDI."— Transcript presentasi:

1 BAHAN RUJUKAN Nurul Hikmah, S. Hum

2 I. PENGERTIAN, JENIS & FUNGSI BAHAN RUJUKAN II. KAMUS & ENSIKLOPEDI

3 DEFINISI  Sri Marnodi :”Sumber-sumber dasar yang bisa dipakai untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan rujukan”

4  ALA Glossari of Library Terms : 1. Sebuah buku yang disusun dan diolah sedemikian rupa untuk digunakan sebagai sumber menemukan informasi tertentu dan tidak untuk dibaca secara keseluruhan. 2. Sebuah buku yang penggunaannya terbatas dalam gedung perpustakaan.

5 SHORES & KRZYS (ENCYCLOPEDIA OF LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE) Buku yang diterbitkan terutama untuk dibaca untuk mendapatkan keterangan ketimbang untuk dibaca secara menyeluruh atau secara berkesinambungan

6 KESIMPULAN Bahan yang digunakan untuk mendapatkan informasi tertentu. Tidak untuk dibaca secara menyeluruh, ttpi hanya dibaca pada bagian2 tertentu sj. Penggunaannya terbatas (tdk bleh dbwa kluar ppustkn). Biasanya terdapat tanda tertentu pada bagian punggung buku.

7 MANFAAT BAHAN RUJUKAN Secara Umum : Memberikan keterangan atau penjelasan langsung dan mendasar ttg suatu hal yg ingin diketahui. Dapat mengetahui seluk-beluk serta keadaan suatu negara/tempat2 lain di dunia. Dapat mengetahui riwayat hidup tokoh terkemuka dan terkenal (Biografi) Penunjang kegiatan penelitian Mengetahui lokasi suatu daerah Bagi Pustakawan : Sarana penting dalam membantu pengguna jika mereka memerlukan informasi.

8 JENIS – JENIS BAHAN RUJUKAN MENURUT SIFAT INFORMASINYA (IRAWATI SINGARIMBU ) 1. Bahan rujukan yang memberikan informasi langsung (ex: kamus, ensiklopedi, atlas/peta, direktori, buku statistik. 2. Bahan rujukan yang memberikan petunjuk kepada suatu sumber informasi (ex: katalog, bibliografi, indeks, abstrak)

9 PENGELOMPOKKAN BAHAN RUJUKAN SECARA UMUM Jenis bahan rujukan yang memuat informasi mengenai kata dan istilah Jenis bahan rujukan yang memuat informasi mengenai sumber kepustakaan Jenis bahan rujukan lainnya

10 A. BAHAN RUJUKAN untuk KATA dan ISTILAH KAMUSENSIKLOPEDI

11 APA ITU KAMUS ???? Adalah daftar kata yang disusun urut abjad/alfabetis disertai artinya

12 PEMBAGIAN KAMUS MENURUT ISINYA : Kamus Umum Daftar kata atau istilah yg umum dipakai sehari2. Kamus Khusus Kamus yg berisi informasi mngnai kata2 umum dgn susunan tertentu.

13 KAMUS MENURUT JUMLAH BAHASANYA Kamus Ekabahasa Kamus yg kata-kata/istilah dalam kamus itu dijelaskan dgn menggunakan bahasa yg sama dgn kata2/istilah itu. Kamus Dwibahasa Kamus yg menggunakan dua bahasa Kamus Anekabahasa Kamus yg kosakata/istilah di dalamnya diberi padanan kata2 dlm lebih dr 2 bahasa.

14 KAMUS MENURUT JUMLAH KANDUNGAN ENTRINYA Kamus Singkat Kamus yg memuat kurang dr entri. Kamus Sedang Kamus yg memuat hingga Kamus Lengkap Kamus yg memuat lebih dari entri.

15 ENSIKLOPEDI Adalah bahan rujukan yg menyajikan informasi secara mendasar namun lengkap mengenai berbagai masalah dalam berbagai bidang atau cabang ilmu pengetahuan.

16 PEMBAGIAN ENSIKLOPEDI Ensiklopedi Umum/ Nasional Ex: Ensiklopedi Anak Nasional, Ensiklopedi Indonesia,dll Ensiklopedi Khusus/ E. Subjek Ex: Ensiklopedi Tari Indonesia, E. Tumbuhan, dll Ensiklopedi Internasional Ex: Encyclopedia American Internasional Edition

17 B. BAHAN RUJUKAN untuk KEPUSTAKAAN Merupakan jenis bahan rujukan yang memberikan petunjuk kpd suatu sumber informasi. Maksudnya, bahan rujukan ini hanya sebagai peta, petunjuk keberadaan informasi yg diinginkan pemustaka.

18 1. KATALOG Adalah Daftar yg berisi informasi ttg bahan pustaka/dokumen yg terdapat pd perpustakaan,toko buku maupun penerbit tertentu.

19 BEBERAPA KATALOG yang ada di PERPUSTAKAAN Katalog Nasional Adalah katalog yg memuat informasi mngenai dokumen yg diterbitkan oelh suatu negara&disimpan pd lokasi atau ppustakaan tertentu. Katalog Induk Daftar buku dari beberapa perpustakaan yg bergabung u/ mllkn kerjasama.

20 Katalog Induk Majalah Katalog majalah gabungan beberapa perpustakaan. Katalog Penerbit/Toko buku Daftar buku yg diterbitkan atau dijual oleh suatu penerbit. Katalog Tambahan Buku dan Majalah Suatu terbitan yang dikeluarkan oleh perpustakaan u/ memberitahu kpd pengguna ppustakaan, mengenai buku2&majalah yg baru diterima dan siap untuk digunakan pengguna.

21 MANFAAT KATALOG Sarana untuk mengetahui buku2 apa sj yg ada di perpustakaan Untuk mengetahui bahan pustaka yg ada di perpustakaan lain. Untuk mengetahui bahan pustaka yg ada di pasaran. Untuk mengetahui bahan pustaka yg ada dan diterbitkan di dalam suatu negara. Sarana pencari informasi Sarana promosi bahan pustaka.

22 2. BIBLIOGRAFI Adalah buku yang memuat daftar terbitan baik dalam bentuk buku maupun artikel majalah, atau sumber kepustakaan lain yg berhubungan dengan suatu subjek atau hasil karya seseorang.

23 3. INDEKS Adalah daftar yang disusun secara secara sistematis yang bisa memberikan informasi tentang sesuatu hal dan memungkinkannya untuk diikuti

24 4. ABSTRAK 5. PAKET INFORMASI / INFORMASI KILAT

25 C. BAHAN RUJUKAN LAIN 1. Buku petunjuk (handbook), sumber biografi, sumber geografi dan direktori. Contoh : Handbook “Pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi” Sumber Geografi “peta, atlas, buku petunjuk perjalanan, globe” Direktori adalah daftar nama orang dan/ atau organisasi dalam bidang tertentu yang disusun sistematis.

26 2. Statistik, Buku Tahunan & Terbitan Pemerintah 3. Terbitan Pemerintah Ex: Karya Perundang-Undangan 4. Makalah, Laporan Penelitian, dll

27 SEKIAN & TERIMA KASIH


Download ppt "BAHAN RUJUKAN Nurul Hikmah, S. Hum. I. PENGERTIAN, JENIS & FUNGSI BAHAN RUJUKAN II. KAMUS & ENSIKLOPEDI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google