Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SIKLUS TRANSFER INFORMASI Pertemuan 6. KLASIFIKASI INFORMASI MENURUT SUMBER  Informasi Primer  Informasi Sekunder  Informasi Tersier.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SIKLUS TRANSFER INFORMASI Pertemuan 6. KLASIFIKASI INFORMASI MENURUT SUMBER  Informasi Primer  Informasi Sekunder  Informasi Tersier."— Transcript presentasi:

1 SIKLUS TRANSFER INFORMASI Pertemuan 6

2 KLASIFIKASI INFORMASI MENURUT SUMBER  Informasi Primer  Informasi Sekunder  Informasi Tersier

3 1. INFORMASI PRIMER  Informasi primer adalah hasil karya pengarang atau peneliti yang orisinil, naskah yang ditulis langsung ini bisa juga disebut naskah orisinil.  Jadi, informasi primer adalah tulisan-tulisan yang di buat dari para peneliti/pengarang bukan berdasarkan referensi dari buku lain/orang lain.  Contohnya apabila ada seorang peneliti, dia meneliti sesuatu tentang hal-hal yang belum pernah ditemukan/diteliti oleh orang lain, kemudian dia menuliskan hasil penelitiannya, maka tulisan yang dia tulis tentang penelitian itu di sebut naskah orisinil (sumber informasi primer).

4 CONTOH INFORMASI PRIMER 1. laporan penelitian 2. monografi yang deskripsikan suatu masalah 3. teori yang belum pernah di cetuskan oleh seseorang 4. hasil penemuan 5. thesis, skripsi, dll. Dari naskah tersebut yang diterbitkan disebut terbitan primer

5 2. INFORMASI SEKUNDER  Informasi sekunder adalah susunan-susunan informasi yang telah di rapikan dari sumber informasi primer, dengan suatu cara tertentu.  Bisa juga dikatakan sebagai ulasan-ulasan dari pengetahuan-pengetahuan baru/sumber informasi primer.  Informasi ini membantu para pembaca untuk memahami informasi dari sumber informasi primer.  Informasi ini berdasarkan referensi-referensi dari naskah orisinil (informasi primer).

6 CONTOH INFORMASI SEKUNDER  Majalah yang mengulas informasi primer  Indeks, mendaftar sekumpulan buku/artikel atau jenis karya lainnya  Buku-buku referensi

7 3. INFORMASI TERSIER Informasi tersier adalah sumber informasi untuk memudahkan para peneliti/para pencari informasi untuk mencari suatu informasi yang mereka cari. Contoh Informasi Tersier: Direktori dan buku tahunan Daftar dari Bibliografi Katalog induk majalah Daftar dari indeks Daftar dari majalah Abstrak Petunjuk informasi Daftar laporan penelitian Daftar perpustakaan dan sumber informasi Petunjuk organisasi

8 SIKLUS TRANSFER INFORMASI Masyarakat pemakai Penelitian & Pengembangan Aplikasi/praktek Sumber: Lancaster, FW, Information retrieval systems: Characteristic, testing and evaluation, 2nd ed. New York: Wiley. Penulisan Naskah Penerbitan Dokumen Primer Penyebaran ke 1/Primer Peran Penulis Peran Penerbitan Primer Role of Primary Distribution Asimilasi/ Pembauran Pemakai Penerbitan Dokumen Sekunder Pengadaan Penyebaran ke 2/ sekunder Organisasi & kontrol Role of Information Centers Role of Secondary Publication Peran Pemakai

9 PERAN PERPUSTAKAAN DALAM SIKLUS TRANSFER INFORMASI 1. Sebagai pengelola informasi primer yang telah diterbitkan 2. Sebagai pengelola informasi sekunder 3. Sebagai pembuat dan pengelola informasi tersier 4. Sebagai jembatan penghubung kepada user (masyarakat)


Download ppt "SIKLUS TRANSFER INFORMASI Pertemuan 6. KLASIFIKASI INFORMASI MENURUT SUMBER  Informasi Primer  Informasi Sekunder  Informasi Tersier."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google