Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAHAN KIMIA DALAM MAKANAN A. Penggolongan Bahan Kimia dalam Makanan Bahan kimia dalam makanan digolongkan menjadi 4 macam, yaitu: 1.Zat Pewarna 2.Zat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAHAN KIMIA DALAM MAKANAN A. Penggolongan Bahan Kimia dalam Makanan Bahan kimia dalam makanan digolongkan menjadi 4 macam, yaitu: 1.Zat Pewarna 2.Zat."— Transcript presentasi:

1

2 BAHAN KIMIA DALAM MAKANAN

3 A. Penggolongan Bahan Kimia dalam Makanan Bahan kimia dalam makanan digolongkan menjadi 4 macam, yaitu: 1.Zat Pewarna 2.Zat Pemanis 3.Zat Pengawet 4.Zat Penyedap Cita Rasa

4 1.Zat Pewarna Pemberian warna pada makanan bertujuan agar makanan terlihat lebih segar dan dapat untuk meningkatkan daya tarik konsumen.Warna makanan umum nya disesuaikan dengan warna alami dari bahan makanan.Misalnya, warna oranye pada makana di hubungkan dengan warna jeruk dll.

5 Pewarna makanan dibedakan menjadi 3,yaitu pewarna alami,pewarna yang identik dengan pewarna alami,dan pewarna sintetik. a. Pewarna Alami Pewarna alami adalah pewarna yang diperoleh dari bahan-bahan alami,misalnya warna hijau dari daun pandan atau daun suji,warna kuning dari kunyit, warna coklat dari buah coklat

6 b. Pewarna Identik Alami Pewarna Identik Alami adalah pigmen yang dibuat secara sintetik, tetapi struktur kimianya sama dengan pewarna alami, misalnya beta karoten dan santoxantin. c. Pewarna Sintetik Pewarna Sintetik dibuat dari bahan- bahan kimia.

7 Pewarna Sintetik memiliki beberapa kelebihan, dibandingkan dengan pewarna alami yaitu memiliki pilihan warna yang lebih banyak, mudah disimpan, dan lebih tahan lama. Penggunaan warna Sintetik untuk makanan harus melalui pengujian yang ketat. Hal itu dilakukan untuk menjamin keselamatan konsumen.

8 Pewarna yang telah melalui pengujian yang telah diizinkan penggunaannya disebut permitted colour atau certified colour. Beberapa keunggulan itu antara lain warnanya seragam, tajam, dan diperlukan dalam jumlah sedikit. Zat pewarna Sintetik, misalnya conaranth (penghasil warna merah), tertrazin (penghasil warna kuning), fast green FCF (penghasil warna hijau).

9 2. Zat Pemanis Zat Pemanis berfungsi untuk menambah rasa manis pada makanan dan minuman. Zat Pemanis dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu sebagai berikut : a. Zat Pemanis Alami Pemanis ini dapat diperoleh dari tumbuhan seperti kelapa, tebu dan aren. Selain itu zat pemanis alami dapat pula diperoleh dari buah.

10 b. Zat Pemanis Buatan Namun, sekarang telah banyak digunakan bahan pemanis buatan. Bahan pemanis buatan digunakan terutama oleh penderita kencing manis (Diabetes melitus). Contoh pemanis buiatan adalah aspartam, siklamat, dan sakarin.

11 3. Zat Pengawet Zat pengawet adalah zat-zat yang sengaja ditambahkan pada bahan makanan dan minuman agar makana dan minuman tersebut tetap segar, bau dan rasanya tidak berubah atau melindungi makanan dari kerusakan akibat membusuk atau terkena bakteri/jamur.

12 4. Zat Penyedap dan Pemberi Aroma Penyedap adalah zat yang dapat meningkat kan makanan.Penyedap yang alami antara lain bawang putih dan bumbu dapur lainnya. Penyedap Sintetik yang terkenal adalah vetsin atau MSG (monosodium glutamat )yang dikenal secara luas di rumah tangga.

13 Pengguna MSG yang berlebihan telah menyebabkan “Chinese restaurant syndrome”

14

15

16

17 Contoh pemanis alami

18 Sekian presentasi kami, kami mohon maaf bila ada kekurangan.

19 Nama Kelompok:  Anisah purwanti  Erina oktafiani  Julyana magdalena  Maria usava


Download ppt "BAHAN KIMIA DALAM MAKANAN A. Penggolongan Bahan Kimia dalam Makanan Bahan kimia dalam makanan digolongkan menjadi 4 macam, yaitu: 1.Zat Pewarna 2.Zat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google