Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP kelas III smt 1 Oleh : Siti Rohimah Kelas 1B NIM: 1201100064.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP kelas III smt 1 Oleh : Siti Rohimah Kelas 1B NIM: 1201100064."— Transcript presentasi:

1

2 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP kelas III smt 1 Oleh : Siti Rohimah Kelas 1B NIM:

3 Standar kompetensi kompetensi dasar Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi  Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup  Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal- hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga) Kelas III semester 1

4 A. Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Manusia

5 Dari gambar tersebut kita dapat melihat bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Manusia tumbuh dari kecil hingga menjadi besar. Bukti bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan dapat dilihat dari dirimu sendiri dari mulai bayi, hingga seperti sekarang.

6 B. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia 1.Makanan Bergizi Seimbang. makanan yang kita makan tidak hanya melezatkan dan mengenyangkan, melainkan menyehatkan. 4 Sehat 5 Sempurna

7 Setiap orang memerlukan makanan yang bergizi agar pertumbuhan dan perkembangannya berlangsung dengan baik. Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung zat- zat makanan dengan gizi seimbang atau menu seimbang.

8 Menu makanan bergizi seimbang terdiri dari bahan- bahan sebagai berikut :  Makanan Pokok yang mengandung karbohidrat, contohnya nasi, roti,jagung, ubi dll

9  Lauk pauk yang banyak mengandung protein dan lemak contohnya daging, ikan, telur, tahu dan tempe.  Sayur – mayur yang banyak mengandung vitamin dan mineral, contohnya bayam, kangkung dan sawi.

10  Buah- buahan yang banyak mengandung vitamin contohnya jeruk, mangga rambutan dll.  Selain itu, untuk melengkapinya ditambah dengan segelas susu yang banyak mengandung protein.

11 Pertumbuhan bayi dibawah usia lima tahun ( balita ) harus diperhatikan agar menjadi anak yang sehat. Pernahkah kalian sewaktu kecil dibawa ke Posyandu ? Nah sekarang apa yang kalian ketahui tentang Posyandu? Posyandu atau pos pelayanan terpadu adalah tempat pelayanan kesehatan untuk ibu hamil dan anak balita.

12 a. Bahan Penyedap Makanan  Penyedap alami yang berasal dari tumbuhan, misalnya bawang putih, bawang merah, daun pandan, kemiri dan kunyit.  Penyedap Buatan misalnya vetsin, sakarin, dan asam sitrat.

13 b. Bahan Pengawet makanan  Pengawet alami yaitu garam dan gula  Pengawet buatan seperti asam benzoat, asam sitrat, kalium benzoat, atau belerang dioksida.

14 Perlu kalian ketahui makanan yang telah basi memiliki ciri- ciri seperti tutup botol atau kaleng menjadi cembung, cairan akan muncrat keluar ketika botol atau kaleng dibuka, tercium bau yang tidak sedap, atau warna makanan telah berubah.

15 c. Bahan Pewarna Makanan terbagi menjadi dua Pewarna Alami Pewarna Buatan Contohnya Kunyit menghasilkan warna kuning, daun suji menghasilkan warna hijau, anggur menggunakan warna ungu. Makanan dari pabrik, seperti permen, sirop, atau selai menggunakan bahan pewarna buatan.

16 3. Olahraga Olahraga yang teratur akan membuat tubuh menjadi sehat sehingga tidak mudah sakit.

17 Tidur merupakan bentuk istirahat yang sempurna. Pada saat tidur kita menghentikan semua kegiatan dan melupakan hal- hal yang sedang kita pikirkan.

18 Berapa lama waktu yang kita perlukan untuk tidur? Anak- anak membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dibanding orang dewasa, karena anak-anak berada dalam masa pertumbuhan. Anak Bayi 16 Jam Anak usia tahun 10 Jam

19 5. Rekreasi Rekreasi adalah penyegaran kembali badan dan pikiran. Rekreasi dapat mencegah kita dari rasa bosan.

20 1. Hewan yang bertelur Dibedakan menjadi dua kelompok Hewan yang menetes dari telur kemudian mengalami pertumbuhan dan perkembangan Hewan yang mengalami metamorfosis Contohnya Ayam, Contohnya kupu- kupu dan katak.

21 Metamorfosis adalah Hewan yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan dari telur dengan melalui beberapa tahap yang berbeda.

22 2. Hewan Yang Melahirkan Hewan yang melahirkan disebut juga mamalia.Contohnya Sapi, Kuda, Gajah, rusa dll.

23 D. P ERTUMBUHAN DAN P ERKEMBANGAN T UMBUHAN Pertumbuhan dan perkembangan ditandai dengan pertambahan tinggi dan besar tumbuhan, pertambahan jumlah dan daun ranting, serta tumbuhnya buah atau bunga.

24 Tahap tahap Pertumbuhan

25 Terimakasih Selamat Belajar !


Download ppt "PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP kelas III smt 1 Oleh : Siti Rohimah Kelas 1B NIM: 1201100064."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google