Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

NAMA : DAROJATUL ISTIQOMAH KELAS : E JURUSAN : PGMI MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "NAMA : DAROJATUL ISTIQOMAH KELAS : E JURUSAN : PGMI MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN."— Transcript presentasi:

1 NAMA : DAROJATUL ISTIQOMAH KELAS : E JURUSAN : PGMI MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN

2 STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP SERTA HAL-HAL YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN PADA MAKHLUK HIDUP MEMAHAMI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP SERTA HAL-HAL YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN PADA MAKHLUK HIDUP

3 KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASIKAN CIRI- CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP. MENGIDENTIFIKASIKAN CIRI- CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP. MENGGOLONGKAN MAKHLUK HIDUP SECARA SEDERHANA MENGGOLONGKAN MAKHLUK HIDUP SECARA SEDERHANA

4 INDIKATOR MENGIDENTIFIKASIKAN CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP MENGIDENTIFIKASIKAN CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP MENGIDENTIFIKASIKAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP MENGIDENTIFIKASIKAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP

5 MATERI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP

6 CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP Makhluk hidup mempunyai ciri-ciri yang khas. Makhluk hidup mempunyai ciri-ciri yang khas. Makhluk hidup berbeda dengan makhluk tak hidup,karena makhluk hidup mempunyai ciri-ciri yang tak dimiliki oleh benda tak hidup. Makhluk hidup berbeda dengan makhluk tak hidup,karena makhluk hidup mempunyai ciri-ciri yang tak dimiliki oleh benda tak hidup.

7 A. BERNAPAS Bernapas merupakan proses pengambilan oksigen yang berada dilingkungan sekitar. Bernapas merupakan proses pengambilan oksigen yang berada dilingkungan sekitar. Manusia dan hewan mempunyai alat khusus untuk bernapas. Manusia dan hewan mempunyai alat khusus untuk bernapas. Manusia bernapas dengan paru-paru. Manusia bernapas dengan paru-paru. Hewan yang hidup didarat pada umumnya juga bernapas dengan paru-paru. Hewan yang hidup didarat pada umumnya juga bernapas dengan paru-paru. Sedangkan hewan yang hidup di air pada umumnya bernapas dengan insang. Sedangkan hewan yang hidup di air pada umumnya bernapas dengan insang.

8 B. MEMERLUKAN MAKANAN Semua makhluk hidup harus tetap makan agar bisa tetap hidup. Semua makhluk hidup harus tetap makan agar bisa tetap hidup. Manusia kalau tidak makan selama berhari-hari bisa meninggal. Manusia kalau tidak makan selama berhari-hari bisa meninggal. Makanan manusia berasal dari hewan dan tumbuhan. Makanan manusia berasal dari hewan dan tumbuhan. Tumbuhan yang berhijau daun dapat membuat makanan sendiri. Tumbuhan yang berhijau daun dapat membuat makanan sendiri. Proses pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan sinar matahari disebut Fotosintesis. Proses pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan sinar matahari disebut Fotosintesis. Tumbuhan menyerap air dari dalam tanah yang banyak mengandung zat hara. Tumbuhan menyerap air dari dalam tanah yang banyak mengandung zat hara.

9 C. MAKHLUK HIDUP BERGERAK Makhluk Semua makhluk hidup bergarak. Makhluk Semua makhluk hidup bergarak. hidup bergerak untuk mendapatkan makanan. hidup bergerak untuk mendapatkan makanan. Contoh hewan yang bergerak atau berjalan dengan kaki: kambing,kuda,kerbau,dan lain-lain. Contoh hewan yang bergerak atau berjalan dengan kaki: kambing,kuda,kerbau,dan lain-lain. Contoh hewan yang bergerak dengan sayap atau terbang : kupu- kupu,capung,lebah, dan lain-lain. Contoh hewan yang bergerak dengan sayap atau terbang : kupu- kupu,capung,lebah, dan lain-lain. Contoh hewan yang bergerak dengan sirip : ikan. Contoh hewan yang bergerak dengan sirip : ikan. Contoh hewan yang bergarak dengan perut : cacing dan ular. Contoh hewan yang bergarak dengan perut : cacing dan ular.

10 D. MAKHLUK HIDUP BERKEMBANGBIAK Semua makhluk hidup akan berkembangbiak. Semua makhluk hidup akan berkembangbiak. Berkembangbiak artinya menghasilkan keturunan (anak) yang sama dengan induknya. Berkembangbiak artinya menghasilkan keturunan (anak) yang sama dengan induknya. Tujuan makhluk hidup berkembangbiak untuk melestarikan jenisnya atau supaya tidak punah. Tujuan makhluk hidup berkembangbiak untuk melestarikan jenisnya atau supaya tidak punah. Hewan yang berkembangbiak dengan bertelur antara lain burung,bebek,ayam,cicak. Hewan yang berkembangbiak dengan bertelur antara lain burung,bebek,ayam,cicak. Hewan yang berkembangbiak dengan melahirkan antara lain kuda,kambing,kerbau,singa,ha rimau. Hewan yang berkembangbiak dengan melahirkan antara lain kuda,kambing,kerbau,singa,ha rimau.

11 E. MAKHLUK HIDUP TUMBUH Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan. Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan. Manusia,hewan,dan tumbuhan tumbuh dari kecil menjadi besar. Manusia,hewan,dan tumbuhan tumbuh dari kecil menjadi besar. Tanda-tanda pertumbuhan : Tanda-tanda pertumbuhan : - Bertambah panjang - Bertambah tinggi - Bertambah besar

12 KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP Manusia,hewan,dan tumbuhan mempunyai bagian-bagian tertentu. Manusia,hewan,dan tumbuhan mempunyai bagian-bagian tertentu. Bagian tumbuahan berupa akar,batang,daun,bunga,buah,dan biji. Bagian tumbuahan berupa akar,batang,daun,bunga,buah,dan biji. Bagian hewan berupa kepala,badan,kaki,ekor. Bagian hewan berupa kepala,badan,kaki,ekor.

13 EVALUSI 1. Semua makhluk hidup bernapas memerlukan….. 2. Alat pernapasan pada ikan berupa….. 3. Proses pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan sinar matahari adalah….. 4. Ayam berkembangbiak dengan cara….. 5. Contoh hewan yang bergerak dengan sayap adalah…..

14 KUNCI JAWABAN 1. Oksigen. 2. Insang. 3. Fotosintesis. 4. Bertelur. 5. Burung,capung,kupu-kupu,dan lebah.


Download ppt "NAMA : DAROJATUL ISTIQOMAH KELAS : E JURUSAN : PGMI MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google