Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Guru Klas IV B SDN Suryodiningratan 3 UPT Pengelola TK-SD Yogyakarta Selatan Kota Yogyakarta.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Guru Klas IV B SDN Suryodiningratan 3 UPT Pengelola TK-SD Yogyakarta Selatan Kota Yogyakarta."— Transcript presentasi:

1

2 Guru Klas IV B SDN Suryodiningratan 3 UPT Pengelola TK-SD Yogyakarta Selatan Kota Yogyakarta

3

4 PETA KONSEP Hewan Omnivora KarnivoraHerbivora Harimau, singa, elang, ular, katak, dll. Ayam, itik,kutilang,babi, beruang Sapi, kambing, kuda, kupu- kupu, dll. contohnya

5 Pernahkah kamu mengamati hewan di sekitarmu ? Tentu kamu sering memperhatikan berbagai jenis hewan yang ada di lingkungan sekitar kita! Jenis hewan sangatlah banyak, demikian pula jenis makanannya. Makanan hewan dapat berupa tumbuhan atau hewan lain. Ada hewan yang memangsa hewan lain, yaitu pemakan daging, ikan, atau serangga. Ada pula hewan pemakan segala jenis makanan, baik yang berasal dari tumbuhan maupun hewan.

6 Makanan hewan.... Di alam bebas, hewan mempunyai jenis makanan tersendiri. Jenis makanan hewan yang dipelajari adalah makanan yang tersedia di alam. Sumber makanan hewan dikelompokkan ke dalam dua macam, yaitu tumbuhan dan hewan. Makanan yang berasal dari tumbuhan di antaranya dapat berupa daun, batang, buah, biji-bijian, dan akar atau umbi-umbian. Sedangkan makanan yang berasal dari hewan dapat berupa daging, ikan, tulang, dan serangga.

7 Penggolongan hewan 1. Herbivora Hewan pemakan tumbuhan saja atau disebut herbivora. Herbivora dapat memakan bagian tumbuhan berupa daun, batang, biji dan juga umbi-umbian. Contoh herbivora pemakan rumput dan dedaunan misalnya sapi, kuda dan kambing. Kelinci sangat menyukai jenis umbi-umbian seperti wortel.

8 Lanjutan Karnivora Hewan yang memakan hewan lain disebut karnivora. Hewan karnivora yang hidup di sekitar kita seperti anjing dan kucing. Anjing memakan daging dan tulang. Di rumah kucing memangsa tikus, memakan daging ayam dan ikan. Harimau dan serigala merupakan hewan karnivora yang hidup di hutan belantara. Mereka berburu untuk mendapatkan makanannya. Bagaimanakah bentuk gigi dan cakar harimau? Hewan ini memiliki taring yang berguna untuk merobek daging hewan yang dimangsanya. Kakinya memiliki cakar yang berguna untuk mencengkram mangsanya. Ciri hewan yang termasuk karnivora mempunyai indra penglihat, pencium, dan pendengar yang baik. Hewan karnivora dapat memiliki racun (bisa) dan gigi taring yang kuat seperti ular.

9 Lanjutan Omnivora Gambar 3.4 Beberapa hewan pemakan semua jenis makanan Hewan omnivora atau pemakan segala yang sering kita jumpai sehari-hari seperti: ayam, tikus, bebek, ikan, dan lain-lain. Contoh: ayam memakan biji-bijian seperti beras dan jagung dapat pula makan cacing. Ikan memakan tumbuhan air dan cacing yang ada di kolam atau akuarium.

10 Hewan di samping makanannya adalah.... biji-bijian tumbuhan daging Daging dan tumbuhan

11 Hewan di samping termasuk jenis.... herbivora karnivora Pemakan daging omnivora

12 Binatang ini termasuk herbivora karena makanannya.... Rumput, biji-bijian, ikan Daun, rumput,tumbuhan Tumbuhan, daging, ikan Biji-bijian, rumput, daging

13 Manakah diantara hewan di bawah ini yang makannya hewan lain dan tumbuhan ?

14 Manusia makanannya berasal dari tumbuhan dan juga dari hewan, maka manusia digolongkan kedalam …. herbivora carnivora mamalia omnivora

15 Ter masuk dalam kelompok carnivora adalah …. Ayam, itik, ular,kambing Elang, ular, singa,kucing Kucing, tkus, ayam, sapi Kelelawar, cecak, kelinci,kutilang

16 Di sawah ular itu memangsa katak, berarti ular termasuk …. Hewan melata herbivora omnivora karnivora

17 Kelompok hewan di bawah ini yang tergolong herbivora yaitu ….

18 IPAAAAAAAA…………… “Paling mengasyikkan….!!”

19 Matur nuwun …..


Download ppt "Guru Klas IV B SDN Suryodiningratan 3 UPT Pengelola TK-SD Yogyakarta Selatan Kota Yogyakarta."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google