Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Standar Kompetensi : Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya. Kompetensi Dasar: 1.1.Mendeskripsikan hubungan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Standar Kompetensi : Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya. Kompetensi Dasar: 1.1.Mendeskripsikan hubungan."— Transcript presentasi:

1 Standar Kompetensi : Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya. Kompetensi Dasar: 1.1.Mendeskripsikan hubungan antara ciri- ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkunga hidupnya. BAB I Ciri-ciri Kusus Makhluk Hidup

2 1.Menentukan ciri khusus yang dimiliki oleh Kelelawar. 2.Menjelaskan hubungan antara ciri khusus yang dimiliki kelelawar dengan linggkungannya 3.Menentukan ciri-ciri khusus yang dimiliki pada cicak. 4.Menjelaskan hubungan antara ciri khusus yang dimliliki cecak dengan lingkunggannya. Indikator :

3 5. Menentukan ciri-ciri khusus yang dimiliki bebek. 6. Menjelaskan hubungan antara ciri khusus yang dimiliki bebek dengan lingkungannya. 7. Menentukan ciri khusus yang sama hewan yang dikenal pada suatu daerah

4 Peta Konsep

5 Setiap hewan memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan hewan lain. Ciri khusus ini berhubungan dengan kemampuannya untuk bertahan hidup. Dengan ciri khusus yang dimilikinya, hewan dapat tetap bertahan hidup. Setiap hewan memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan hewan lain. Ciri khusus ini berhubungan dengan kemampuannya untuk bertahan hidup. Dengan ciri khusus yang dimilikinya, hewan dapat tetap bertahan hidup. A. Ciri Khusus pada Beberapa Hewan

6 1. Ciri Khusus yang Dimiliki Kelelawar

7 Kelelawar merupakan mamalia yang dapat terbang. Kelelawar tinggal di gua atau di pohon-pohon yang tinggi. Di samping memakan buah-buahan, ada juga kelompok kelelawar yang memakan serangga dan mengisap madu.

8 Untuk mendapatkan makanannya kelelawar telah dilengkapi dengan sepasang sayap dengan kulit yang lentur. Kulit tersebut membentang di antara tulang-tulang jari dan lengannya. Ada bagian yang mirip cakar pada sayapnya itu sebenarnya ibu jari kelelawar yang berfungsi untuk mendaki di bebatuan atau di pohon.

9 Pada siang hari, kelelawar tidur. Kelelawar memiliki cara tidur yang unik. Ketika tidur, kelelawar bergantung dengan badan terbalik, yaitu kepala berada di bawah. Sayapnya dilipat dan kakinya dikaitkan pada tempat bergantungnya sehingga kelelawar tidak jatuh.

10 Kelelawar mencari makan pada malam hari. Pada saat terbang, kelelawar tidak sepenuhnya menggunakan indra penglihatannya. Kelelawar dilengkapi dengan kemampuan lain.Pada saat terbang, kelelawar sesekali mengeluarkan bunyi. Ketika gelombang bunyi itu mengenai benda, seperti pohon atau serangga, gelombang bunyi akan memantul.

11 Pantulan gelombang bunyi itu akan ditangkap kembali oleh indra pendengarannya yang tajam. Dengan cara seperti itulah kelelawar dapat terbang pada malam hari tanpa menabrak benda-bendayang ada di sekitarnya. Kemampuan yang dimiliki kelelawar untuk mengetahui arah terbang, makanan, dan keadaan lingkungannya dengan meng-gunakan bunyi disebut ekolokasi.

12 Perhatikan gambar berikut ini ! Sumber: ww.drpez.org Rositawati-Aris Muhrom Ekolokasi dan cara kelelawar tidur

13 2. Ciri Khusus yang Dimiliki Cecak C ecak merupakan reptilia (hewan melata) yang hidup di pohon atau di rumah. Makanan cecak ialah serangga, seperti nyamuk. Nyamuk merupakan serangga yang dapat terbang, sedangkan cecak tidak dapat terbang. Cecak memiliki ciri khusus, se-hingga cecak dapat bertahan hidup di lingkungannya. Ciri khusus yang dimiliki oleh cecak antara lain :

14 Pada telapak kaki cecak ada bagian menonjol yang berbentuk garis. Bagian itu berfungsi sebagai alat pelekat sehingga cecak dapat merayap untuk mendekati serangga yang sedang hinggap di dinding atau di langit-langit. Setelah cukup dekat dengan serangga yang akan dimangsanya, dengan cepat, cecak akan menangkap serangga dengan lidahnya. Jadi, lidah cecak pun merupakan ciri khusus yang dimiliki cecak.

15 Cecak memiliki lidah yang panjang dan lengket. Oleh karena itu, dengan sekali menjulurkan lidahnya, serangga langsung menempel pada lidahnya dan dilahapnya. Perhatikan gambar berikut ini Sumber: ww.drpez.org Rositawati-Aris Muhrom

16 3. Ciri Khusus Yang Dimiliki Bebek Bebek merupakan jenis unggas yang hidup di air, terutama di perairan yang dangkal. Oleh karena itu, kaki bebek pendek dan pada sela-sela kakinya dilengkapi dengan selaput kulit yang dapat membantunya ketika berenang di air. Selain, itu dengan bentuk seperti ini, memudahkan bebek berjalan di atas permukaan tanah berlumpur.

17 Makanan bebek ialah cacing. Bagaimana bebek dapat menangkap cacing dari balik lumpur? Ternyata, bebek telah dilengkapi dengan bentuk paruh yang pipih dan lebar. Bentuk paruh seperti itu membantu bebek untuk mencari cacing yang ada di balik lumpur. Perhatikan gambar berikut ! Sumber: ww.drpez.org Rositawati-Aris Muhrom

18 Bebek mencari makan di air, baik kolam atau danau yang dangkal. Agar tubuhnya tidak basah jika terkena air, bulu bebek dilapisi oleh minyak. Dengan demikian, pada saat bebek sampai di darat ia hanya tinggal mengibas-ngibaskan badannya dan air yang menempel di tubuhnya keluar. Jika bulu tubuhnya tidak dilapisi oleh minyak, air yang menempel akan terus menyerap ke dalam bulu tubuh bebek.

19 Selain lapisan minyak pada tubuh bebek, hewan ini mempunyai ciri khusus berupa kaki yang berselaput di antara jari kakinya. Jika kita perhatikan, bebek dapat berenang di air karena kakinya memiliki semacam selaput renang. Tunggir bebek

20 4.Unta Unta merupakan salah satu "makhluk hidup istimewa". Hal ini disebabkan struktur tubuhnya yang tidak terpengaruh oleh kondisi alam paling panas sekalipun. Tubuh unta memiliki beberapa keistimewaan yang memungkinkan bagi unta bertahan hidup berhari-hari tanpa air dan makanan. Selain itu, unta mampu mengangkut beban ratusan kilogram selama berhari-hari. Bulu mata unta memiliki sistem pengaitan.

21 Dalam keadaan bahaya, bulu ini secara otomatis menutup. Bulu mata yang saling berkait ini mencegah masuknya debu ke mata. Hidung dan telinga ditutupi oleh bulu panjang agar terlindungi dari debu dan pasir. Unta memiliki punuk, yaitu gundukan lemak yang terdapat di punggung. Punuk unta menyediakan sari makanan bagi hewan ini ketika ia mengalami kesulitan makanan dan kelaparan.

22 Dengan demikian, unta dapat hidup hingga tiga minggu tanpa air. Kaki unta memiliki ukuran besar. Bentuk kaki seperti ini secara khusus "diciptakan" untuk membantunya berjalan di atas pasir tanpa terperosok. Kaki unta memiliki telapak yang luas dan menggembung. Selain itu, kulit teba khusus di bawah telapak kaki merupakan perlindungan terhadap pasir yang sangat panas. ab Keterangan : a.Bulu mata unta b.Kaki Unta c.Punuk Unta

23 5.Semut S emut merupakan serangga yang hidup didalam tanah. Untuk mencari makan, semu keluar dari sarangnya.perlu diketahui bahwa beberapa jens semut bermata buta, dan juga ada yang tidak memiliki telinga. Semut mempunyai dua buah antene di kepalanya. Antena digunakan untuk menyentuh, membau, dan merasakan getaran bunyi. Sementara itu,mulu semu digunakan untuk mengecap. Semut juga mengeluarkan bau khusus sebagai tanda bahaya dan menunjukkan adanya makanan.

24 6. Kucing Kucing merupakan pemburu yang sering berkeliaran di sekitar rumah. Kucing dapat mencium bau dalam jarak beberapa ratus meter. Selain itu kucing juga dapat berlari cepat,walau ia sering terjatuh tetapi ia tetap selamat. Berikut ini beberapa ciri khusus yang dimilki kucing :

25 Memiliki otot yang kuat Dapat membuat gerakan berputar di udara saat ia terjatuh dari ketinggian Mampu mengatur posisi tubuh agar mendarat dengan keempat kakinya Dapat mendengar bunyi ultrasonik Memiliki pengelihatan yang tajam terutama di malam hari

26 7. Landak landak adalah hewan yang unik. Landak memiliki bulu keras di bagian atas tubuhnya. Bulu landak mengandung riubuan duri yang dihasilkan oleh otot-otot kulit

27 Rangkuman 1. Makhluk hidup memiliki ciri khusus untuk dapat melangsungkan hidupnya. 2. Kelelawar memiliki sistem sonar yang dapat menentukan arah gerak dan letak benda walaupun kondisi lingkungan yang gelap. 3. Cicak memiliki kemampuan memutuskan ekor, dapat merayap di dinding dengan kaki yang beralur sejajar, serta lidah yang panjang untuk menangkap mangsanya. 4. Bebek dapat berenang di air karena ciri khusus pada kakinya yang berselaput. 5. Unta dapat hidup di lingkungan yang panas karena ciri khusus yang dimilikinya mulai dari punuk untuk menyimpan sari makanan, bulu mata yang panjang untuk menghalangi debu, kaki dan telapak kaki yang tebal supaya tidak terperosok di pasir serta berjalan di pasir yang sangat panas. MENU


Download ppt "Standar Kompetensi : Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya. Kompetensi Dasar: 1.1.Mendeskripsikan hubungan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google