Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Standar Kompetensi 1.Mengenal pengelompokkan hewan Kompetensi Dasar 1.1 Menyebutkan pengelompokkan hewan berdasarkan tempat hidupnya. 1.2 Mengetahui.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Standar Kompetensi 1.Mengenal pengelompokkan hewan Kompetensi Dasar 1.1 Menyebutkan pengelompokkan hewan berdasarkan tempat hidupnya. 1.2 Mengetahui."— Transcript presentasi:

1

2

3 Standar Kompetensi 1.Mengenal pengelompokkan hewan Kompetensi Dasar 1.1 Menyebutkan pengelompokkan hewan berdasarkan tempat hidupnya. 1.2 Mengetahui pengelompokkan hewan berdasarkan cara berkembangbiaknya.

4 A.Pengelompokkan hewan berdasarkan tempat hidupnya Berdasarkan tempat hidupnya,hewan-hewan dapat dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu:  Hewan yang hidup di darat  Hewan yang hidup di air  Hewan yang hidup di darat dan di air

5 1. HEWAN YANG HIDUP DI DARAT KUDA KELELAWAR KELINCI HARIMAU

6 Di darat terdapat berbagai jenis tempat hidup.Contoh: a.Hewan darat yang hidup di sekitar rumah maupun di dalam rumah. nyamuk belalang lalat kucing

7 b. Hewan darat yang hidup di hutan banteng anoa tapirBurung kasuari

8 c. Hewan darat yang hidup di dalam tanah Hewan-hewan tertentu dapat menggali lubang dan tinggal di dalam tanah. d. Hewan darat yang hidup di dalam gua Beberapa hewan bertempat tinggal di dalam gua yang gelap dan lembap. BURUNG WALETSARANG BURUNG WALET CACING RAYAP

9 2. HEWAN YANG HIDUP DI AIR Hewan air atau hewan akuatik menetap sepanjang hidupnya di dalam air. Hewan-hewan ini tidak dapat hidup tanpa air. Tidak mempunyai alat-alat tubuh seperti tangan,kaki,atau sayap yang memungkinkannya hidup di darat. Ada 3 jenis perairan yaitu: 1.Perairan asin Air di tempat-tempat tersebut berasa asin karena kadar garamnya tinggi.

10 2. Perairan tawar atau perairan darat Disebut perairan tawar karena airnya tidak berasa (tawar).Kadar garam di perairan tawar sangat rendah.Ikan-ikan yang hidup di air tawar ada yang biasa dimakan dan ada yang sebagai ikan hias. BERUDU IKAN KOI IKAN BETOK

11 3. Perairan payau Biasanya terdapat di muara sungai atau tambak.Diperairan payau airnya agak asin karena air sungai tercampur air laut. Diperairan ini misalnya di tambak dipelihara ikan bandeng atau udang,seperti udang galah dan udang windu. 3. HEWAN YANG HIDUP DI DARAT DAN DI AIR Kadang-kadang hewan-hewan itu hidup di darat.Namun,ada kalanya mereka hidup di dalam air.

12 B. Pengelompokkan hewan berdasarkan cara berkembangbiaknya Berkembangbiak merupakan salah satu ciri makhluk hidup.Seperti halnya tumbuhan dan manusia,hewan juga berkembangbiak. Hewan-hewan berkembangbiak untuk melestarikan jenisnya. 1.Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur. Hewan ini disebut hewan ovipar. BURUNG PRENJAK

13 Telur berbagai hewan yang bertelur di darat biasanya dilindungi cangkang.Telur-telur berbagai hewan yang bertelur di dalam air umumnya tidak bercangkang. Telur-telur ini dilindungi bahan seperti lendir.

14 2. Hewan yang berkembangbiak dengan melahirkan anak Hewan ini disebut hewan vivipar. Induk betina hewan tersebut setelah melahirkan anak akan menyusuinya. Hewan-hewan yang melahirkan anak disebut hewan menyusui(mamalia).

15


Download ppt "Standar Kompetensi 1.Mengenal pengelompokkan hewan Kompetensi Dasar 1.1 Menyebutkan pengelompokkan hewan berdasarkan tempat hidupnya. 1.2 Mengetahui."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google