Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 3.  Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 3.  Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia."— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK 3

2

3  Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia

4 EKONOMI Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di lingkungannya KEGIATAN EKONOMI PENDUDUK GEOGRAFI Menemutunjukkan dalam peta lokasi SDA Kab/Kota provinsi Jambi SOSIOLOGI Persebaran SDA terhadap kegiatan ekonomi masyarakat setempat

5 Nelayan  Usaha perikanan dapat juga diebut dengan nelayan  Usaha perikanan dibedakan menjadi perikanan darat dan perikanan laut.  Perikanan darat adalah usaha memelihara dan menangkap ikan di perairan darat.  Perikanan darat meliputi perikanan air tawar dan perikanan air payau.

6  Perikanan air tawar diusahakan di sungai, danau, rawa, waduk, atau bendungan di lembah-lembah sungai dan empang, serta sawah yang digenangi air selama tanaman padi masih muda  Perikanan air payau diusahakan di tambak- tambak yang terdapat di tepi pantai.  Perikanan air laut adalah usaha menangkap ikan di pantai atau di laut dan pembudidayaan ikan laut dalam tambak- tambak.

7  Pedagang Perdagangan adalah kegiatan yang bertujuan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Barang-barang yang diperdagangkan merupakan hasil-hasil pertanian, peternakan, perikanan, hutan, dan barang-barang hasil industri.

8  Pertanian Hasil tanah pertanian Indonesia, antara lain padi, jagung, ubi, tembakau, kelapa sawit,karet, cengkeh, palm, kopi, cendana, kayu putih, lada, dan teh. Upaya untuk meningkatkan hasil pertanian dilakukan dengan cara intensifikasi, ekstensifikasi, diversifikasi, dan rehabilitasi

9  Intensifikasi adalah upaya untuk meningkatkan hasil pertanian tanpa memperluas lahan pertanian yang telah ada. Intensifikasi dilakukan dengan melaksanakan panca usaha tani, yaitu: penggunaan pupuk, pemilihan bibit unggul, pengairan, pemeliharaan dan penyuluhan  Ekstensifikasi adalah usaha meningkatkan hasil pertanian dengan memperluas lahan pertanian.

10  Peternakan Peternakan adalah usaha memelihara binatang peliharaan yang diambil manfaatnya. Usaha peternakan dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu 1. peternakan hewan besar (sapi, kerbau, kuda) 2. peternakan hewan kecil (kambing, domba, kelinci, babi) 3. peternakan unggas (ayam, burung, itik) Usaha peternakan menghasilkan daging, telur, susu, dan kulit.

11 Apakah didaerahmu ada penduduk yang bekerja sebagai nelayan,petani,pedagang, atau peternak ?. Apakah kegiatan masyarakat yang hidup diperkotaan ?.Apakah kamu pernah menjumpai lahan pertanian yang subur ?. Hewan apakah yang banyak dipelihara didaerahmu ?. Nelayan,Pertanian,peternakan dan perdagangan adalah merupakan kegiatan ekonomi masyarakat.

12 Kemudian kamu bisa  Menyebutkan sumber ekonomi penduduk di daerahmu masing-masing.  Kamu juga bisa menceritakan kegiatan ekonomi penduduk didaerahmu dan juga dapat melestarikannya.

13  Kelompok 1 Nelayan Usaha perikanan dibedakan menjadi perikanan darat dan perikanan laut,Perikanan darat adalah usaha memelihara dan menangkap ikan di perairan darat,Perikanan darat meliputi perikanan air tawar dan perikanan air payau,

14  Kelompok 2 Pedagang Perdagangan adalah kegiatan yang bertujuan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen.Barang-barang yang diperdagangkan merupakan hasil-hasil pertanian, peternakan, perikanan, hutan, dan barang-barang hasil industri.

15  Kelompok 3 Petani Hasil tanah pertanian Indonesia, antara lain padi, jagung, ubi, tembakau, kelapa sawit, karet, cengkeh, palm, kopi, cendana, kayu putih, lada, dan teh.Upaya untuk meningkatkan hasil pertanian dilakukan dengan cara intensifikasi, ekstensifikasi, diversifikasi, dan rehabilitasi.

16  Intensifikasi adalah upaya untuk meningkatkan hasil pertanian tanpa memperluas lahan pertanian yang telah ada.Intensifikasi dilakukan dengan melaksanakan panca usaha tani, yaitu: penggunaan pupuk, pemilihan bibit unggul, pengairan, pemeliharaan dan penyuluhan Ekstensifikasi adalah usaha meningkatkan hasil pertanian dengan memperluas lahan pertanian.

17  Kelompok 4 Peternak Peternakan adalah usaha memelihara binatang peliharaan yang diambil manfaat nya Usaha peternakan dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu 1. peternakan hewan besar (sapi, kerbau, kuda) 2. peternakan hewan kecil (kambing, domba, kelinci, babi) 3. peternakan unggas (ayam, burung, itik) Usaha peternakan menghasilkan daging, telur, susu, dan kulit.

18 1. Kumpulkan informasi tentang sumber ekonomi yang ada di lingkunganmu 2. Gambarkan peta wilayah kabupatenmu

19 MENANAM JAGUNG Ayo kawan kita bersama Menanam Jagung Dikebun Kita Ambil cangkulmu,ambil cangkulmu Kita bekerja tak jemu-jemu Cangkul –cangkul,cangkul yang dalam Menanam jagung di kebun kita

20 Cara-cara menjaga kelestarian air 1. Tidak membuang sampah kesungai atau kelaut 2. Menghemat pemakaian air 3. Menghindari menangkap ikan dengan menggunakan BOM atau pukat harimau

21 Cara-cara menjaga kelestarian tanah 1. Melakukan pemupukan secara benar 2. Tidak menebangsemua pohon-pohon besar

22 1. Sumber daya alam yang kita milikki sangat erat hubungan nya dengan kegiatan ekonomi 2. Setiap kegitan ekonomi masyarakat harus memanfaatkan SDA yang ada.

23 1. Penduduk yang tinggal di tepi pantai bermata pencaharian……. a.Petanib.Nelayan c.Pedagang 2. Sumber daya alam yang dapat di perbaharui adalah…… a.Tanahb.Batu Bara c.Timah

24


Download ppt "KELOMPOK 3.  Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google