Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FADHIL MAYARIS NIM: 115050101111076 TUGAS: Dasar komputer.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FADHIL MAYARIS NIM: 115050101111076 TUGAS: Dasar komputer."— Transcript presentasi:

1 FADHIL MAYARIS NIM: TUGAS: Dasar komputer

2 Apakah peternakan itu ?  Peternakan berarti usaha pemeliharaan dan pengembangbiakan binatang.  Usaha yang dimaksud meliputi proses perlakuan biologis yang terjadi secara eksternal maupun internal,serta interaksinya melalui rekayasa dan input teknologi yang diarhkan untuk tujuan produksi daging,susu,telur,kerja ternak/tenaga ternak,serta hasil sampinan yang lain.

3 Apa arti beternak? KKata beternak mengandung arti yang luas, yaitu usaha untuk merawat, memelihara, mengatur kehidupan, perkawinan, kelahiran, penjagaan kesehatannya,serta penggunaannya hasil dari ternak yang diusahakannya, dalam bahasa inggris disebut dengan istilah “Animals Husbandry”.

4 Hewan yang bisa diternakkan  Oleh karena banyak sekali jenis hewan peliharaan yang sudah berabad-abad lazim dipelihara dalam usaha pertanian (dalam arti luas), maka umumnya yang diternakkan adalah jenis seperti kuda,sapi,kerbau, babi, kambing, domba,dan untuk unggas, misalnya ayam,itik,dan kalkun.

5 Apakah arti domestikasi ?  Domestikasi berarti proses penjinakan hewan-hewan yang hidup liar menjadi hewan-hewan piaraan.Sampai ekarang,proses domestikasi belum berakhir karena manusia masih juga menambah jenis-jenis hewan piaraan yang baru,misalnya rubah untuk diambil bulunya.

6 Yang dipelajari di Fakultas Peternakan  Produksi Ternak Produksi Ternak  Nutrisi dan Makanan Ternak Nutrisi dan Makanan Ternak  Sosial Ekonomi Peternakan Sosial Ekonomi Peternakan  Teknologi Hasil Ternak Teknologi Hasil Ternak

7 Produksi Ternak  Ilmu Ternak Potong dan Kerja  Ilmu Ternak Perah  Ilmu Ternak Unggas

8 Nutrisi dan Makanan Ternak  Kita bisa mengetahui nilai nutrisi dari pakan yang kita berikan kepada ternak,sehingga pakan untuk ternak dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan ternak,serta dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan ternak,serta dapat meningkatkan keefektifan dan efisiensi.

9 Sosial Ekonomi Peternakan  Kita bisa memperhitungkan faktor teknis dan ekonomis,apabila kita ingin melakukan suatu usaha peternakan.Dengan demikian,maka kita dapat menentukan segala yang berhubungan dengan hal-hal financial serta peluang pasar yang cocok dengan produk peternakan kita.

10 Teknologi Hasil Ternak  Kita bisa mengetahui cara-cara dan teknologi,baik yang sederhana maupun yang modern,untuk mengolah hasil ternak,sehinggga dapat menaikkan nilai jual dan nilai guna dari produk ternak yang kita hasilkan.Misal:pengolahan susu menjadi susu pasteurisasi,susu bubuk, keju,yoghurt,susu krim;pengolahan telur menjadi telur bubuk,telur asin dan sebagainya.

11 Karier dan Dunia Nyata  Praktisi dan Peternak Praktisi dan Peternak  Konsultan Konsultan  Pemerintahan Pemerintahan

12 Praktisi dan Peternak  Peternak mandiri adalah peternak yang secara makro segalanya bersifat mandiri, sehingga peternak mandiri berhak menentukan kebijakan seluruh operasional secara bebas menurut kemauannya. Sedangkan, peternak plasma adalah peternak yang bekerja sama dengan system kemitraan ini, peternak yang memiliki modal dalam bidang kandang, tenaga kerja dan peralatan, disebut sebagai peternak plasma.

13 Konsultan  Pekerjaan seorang konsultan adalah memberikan sumbang saran berupa jasa untuk para praktisi yang mengalami kesulitan dalam bidang peternakan. Karena tidak semua praktisi tersebut punya dasar ilmu yang cukup mengenai peternakan, namun punya modal yang cukup untuk membuka usaha peternakan. Wujud sumbang saran tersebut antara lain adalah dalam bidang pemasaran, masalah teknis di lapangan, masalah manajemen pakan, serta masalah tentang pencegahan dan pengobatan penyakit.

14 Pemerintahan  Lapangan pekerjaan yang dimaksud adalah menjadi tenaga kerja pada suat instansi dinas tertentu milik pemerintah. Instansi dinas yang dapat dimasuki sarjana peternakan adalah Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Perikanan, Dinas Perkebunan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Kedokteran Hewan, dan Dinas Pengembangan Masyarakat Pedesaan. Deskripsi tugasnya adalah menjadi pelaksana, koordinator, perencana, pengawas,Pembina, atau pembuat program-program untuk dinas yang bersangkutan.

15


Download ppt "FADHIL MAYARIS NIM: 115050101111076 TUGAS: Dasar komputer."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google