Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IPA SMK XII A. Perlindungan komponen Abiotik a. Tanah Perlindungan Tanah dengan cara - Rotasi tanaman - Pemberian Unsur hara atau pemupukan sesuain dosis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IPA SMK XII A. Perlindungan komponen Abiotik a. Tanah Perlindungan Tanah dengan cara - Rotasi tanaman - Pemberian Unsur hara atau pemupukan sesuain dosis."— Transcript presentasi:

1

2 IPA SMK XII

3 A. Perlindungan komponen Abiotik a. Tanah Perlindungan Tanah dengan cara - Rotasi tanaman - Pemberian Unsur hara atau pemupukan sesuain dosis - penanaman pohon untuk mencegah erosi yang dapat mengurangi kesuburan tanah b. Air Perlindungan air agar tidak tercemar dengan cara - Tindakan preventif yaitu tidak membuang limbah kebadan air langsung - tindakan kuratif yaitu pengolahan limbah - Tidak membuang sampah kelaliran air/sungai -

4 c. Udara Perlindungan Udara dengan cara - Penanaman pohon - Pembuatan taman kota - Mengurangi penggunaan barang elektonik penghasil CFC

5 B. Perlindungan Komponen Abiotik 1. Perlindungan insitu perlindungan insitu adalah perlindungan hewan dan tumbuhan di habitat aslinya. perlindungan insitu dilakukan dengan membuat a. Cagar alam b. Hutan lindung c. Suaka marga satwa d. Taman nasional e. Taman laut.

6 Perlindungan eksitu Perlindungan eksitu adalah perlindungan hewan maupun mbuahn dengan cara memindahkan individu yang di lestarikan dari habitatnya aslinya untuk di pelihara di tempat lain. Contohnya : kebun binatang, taman buah mekar sari.

7 C. Energi 1. Macam-macam sumber energi a. energi matahari b. minyak bumi c. batu bara d. gas alam e. Energi panas bumi f. Energi angin g. Energi pasang surut (energi tidal) h. Energi air i. Energi nuklir j. Energi biomassa h. kayu bakar

8 2. Dampak pemakaian energi a. dampak terhadap udara dan iklim berupa emisi (gas-gas buangan) beberapa emisi yaitu: emisi CO 2,emisi No x, emisi SO 2, emisi CH 4 dampak yang ditimbulkan oleh emisi yaitu: a) hujan asam b) smog c) pemanasan global b. dampak terhadap perairan berupa pencemaran laut akibat pengeboran minyak lepas pantai c.dampak terhadap tanah, dapat berjadi akibat penambangan batubara.

9 3. Pengguna energi Pengguna energi dikelompokkan menjadi 4 sektor a. Sektor pertanian b. Sektor rumah tangga c. Sektor industri d. Sektor transportasi 4. Konservasi dan penghematan energi konservasi adalah usaha yang dilakukan dengan cara mengefisiensikan penggunaan energi, terutama energi yang berasal dari minyak bumi dan batu barabyang disertai usaha-usaha mencari teknologi baru yang memanfaatkan SDA yang tidak bisa habis. empat cara konservasi yaitu : informasi, insentif, pengaturan dan harga diri.

10 Penghematan energi dilakukan dengan beberapa cara a. usaha yang dapat kita lakukan - mematikan lampu apabila tidak sedang di pakai - mematikan alat elektronik apabila tidak sedang dipakai - menggunakan satu mobil untuk mengangkut beberapa oarang dengan tujuan yang sama, dll b. usaha yang di lakukan pihak industri - menggunakan mesin seoptimal mungkin - memanfaatkan sisa energi (panas) untuk keperluan lain - menggunakan pemanfaatan energi dari sumber energi alternatif

11 D. Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan Sanitasi adalah usaha kesehatan preventif yang menitik beratkan pada usaha pencegahan penyakit yang di sebabkan oleh faktor-faktor lingkungan. Ruang lingkup sanitasi lingkungan terdiri atas : sanitasi air, sanitasi limbah, sanitasi ruang dan sanitasi peralatan. a. sanitasi air adalah usaha untuk menghasilkan air bersih dan sehat b. sanitasi limbah adalah usaha atau pengolahan limbah c. sanitasi ruang adalah usaha untuk menjaga agar ruangan yang dipergunakan tetap dalam keadaan bersih. d.sanitasi peralatan adalah suatu usaha untuk menjaga agar semua peralatan yang digunakan dalam keadaan bersih.

12 Penularan penyakit melalui media air digolongkan menjadi dua yaitu: 1. spesifik water borne disease adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh kuman atau bakteri yag penularannya melalui media air. Penyakit ini dibagi menjadi 3 yaitu penyakit kulit, penyakit perut, dan penyakit mata. penyakit kulit : skabies atau kudis, impetigo penyakit perut : kolera, disentri, dan tifus penyakit mata : trakoma, dan konjungtivitis 2. nonspesifik water borne disease adalah penyakit melalui perantara air yang di sebabkan oleh zat anorganik yang terdapat dalam air tersebut. Contohnya : flourisis, karies gigi, kercunan timbal, dan lain-lain.

13 Soal dan latihan 1. Tanah merupakan salah satu komponen abiotik. Jelaskan beberapa cara perlindungan tanah yang dapat kita lakukan? 2. Apa yang anda ketahui mengenai perlindungan eksitu? Berikan contohnya. 3. Apa yang dimaksud dengan biogas? Jelasakan manfaatnya 4. Sebutkan dampak dari -Emisi CO 2 -Emisi NO X -Emisi SO 2 -Emisi CH 4 -Emisi CFC 5. Apakah yang dimaksud dengan konservasi, sebutkan cara-cara untuk penghematan energi! 6. Apa yang dimaksud dengan sanitasi ruang, sebutkan cara yang dilakukan untuk sanitasi ruang! 7. Penyakit yang ditularkan melalui air terbagi menjadi dua, sebutkan dan beri contoh nama penyakitnya!

14 Terima kasih


Download ppt "IPA SMK XII A. Perlindungan komponen Abiotik a. Tanah Perlindungan Tanah dengan cara - Rotasi tanaman - Pemberian Unsur hara atau pemupukan sesuain dosis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google