Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KARAKTERISTIK DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN Kelompok II 1. Fandi Rosi S 2. Fara Dila E 3. Gaudensius.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KARAKTERISTIK DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN Kelompok II 1. Fandi Rosi S 2. Fara Dila E 3. Gaudensius."— Transcript presentasi:

1

2 KARAKTERISTIK DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN Kelompok II 1. Fandi Rosi S 2. Fara Dila E 3. Gaudensius

3 Semua tiada artinya jika kita tidak dapat mengambil hikmahnya

4 KARAKTERISTIK LINGKUNGAN Dengan pernyataan yang sederhana, lingkungan dapat didefinisikan sebagai materi dan kondisi yang ada disekitar makhluk hidup (manusia). Bagi para ahli rekayasa lingkungan, kata lingkungan barangkali mencakup demensi global, atau merujuk pada suatu areal tertentu.

5 Lingkungan global Atmosfir, terdiri dari campuran berbagai gas yang berada di atas permukaan bumi, dihasilkan dari elemen-elemen bumi yang telah mengalami proses gasfikasi sepanjang masa pembentukan dan metamorfosisnya. Hidrosfir terdiri dari lautan, danau, sungai, dan air tanah yang dalam hal ini infiltrasi dan eksfiltrasi terhadap air sungai bisa berlangsung. Litosfir adalah lapisan tanah yang menyelimuti inti bumi.

6 PENCEMARAN LINGKUNGAN LINGKUNGAN Menurut Undang-undang No. 23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup Pasal 1 ayat (1) LINGKUNGAN adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain KESEHATAN LINGKUNGAN Adalah ilmu yang mempelajari dinamika interaktif antara kelompok penduduk atau masyarakat dengan segala macam perubahan lingkungan hidup, seperti berbagai spesies kehidupan, bahan, zat disekitar manusia yang dapat menimbulkan ancaman atau berpotensi mengganggu kesehatan masyarakat serta upaya pencegahannya (Pudon, 1980 dan Trieff, 1981) PENCEMARAN LINGKUNGAN HIDUP Adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi dan/atau komponen lain kedalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukkannya. (UU No. 23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup Pasal 1 ayat (12)

7 TINGKATAN TAHAP PENCEMARAN MENURUT WHO (dikutip LAKSMI, 1992). 1. Pencemaran tingkat Pertama, yaitu pencemaran yang tidak menimbulkan kerugian pada manusia, baik dilihat dari kadar zat pencemar maupun waktu kontak dengan lingkungan 2. Pencemaran tingkat Kedua, yaitu pencemaran yang mulai menimbulkan iritasi ringan pada panca indera dan telah menimbulkan gangguan pada komponen ekosistem lain 3. Pencemaran tingkat Tiga, yaitu pencemaran yang sudah mengakibatkan reaksi faal tubuh dan menyebabkan sakit yang kronis 4. Pencemaran tingkat Empat, yaitu pencemaran yang telah menimbulkan sakit bahkan kematian dalam lingkungan karena kadar zat pencemarnya terlalu tinggi

8 POLUSI / PENCEMARAN MELIPUTI Pencemaran udara penyebabnya: (CO 2, CO, SO 2, NO, NO 2, CFC,) Pencemaran air penyebabnya: (deterjen,plastik, L.RT, L.I, L.P). Pencemaran tanah penyebabnya: (deterjen, plastik, L.RT, L.I, L.P) Pencemaran suara penyebabnya (industri, pesawat terbang, kendaraan bermotor, dll).

9 PENYEBAB PENCEMARAN UDARA PENYEBAB PENCEMARAN UDARA Berasal dari industri / pabrik yang menggunakan bahan bakar minyak bumi / batu bara. Kendaraan bermotor (sarana transportasi). Pendingin yang menggunakan bahan CFC (chloro fluoro carbon) / freon. Serta kegiatan manusia lainnya.

10 PENGARUH TERHADAP LINGKUNGAN MAUPUN KESEHATAN MANUSIA Menimbulkan hujan asam (penyebabnya SO 2 dan NO 2 yang bergabung dengan uap air di udara). Kerusakan pada bangunan terutama yang terbuat dari bahan logam/besi. Rusaknya berbagai macam tumbuhan. Gangguan pada sistem pernapasan manusia, kanker paru-paru, asma dll). Pemanasan global ( global warming).

11 POLUSI UDARA DAPAT MENYEBABKAN HUJAN ASAM HUJAN ASAM Awan dng H 2 SO 4 Asap dng gas SO 2

12 POLUSI / PENCEMARAN UDARA Asap cerobong pabrik.

13 PENCEMARAN AIR Water pollution

14 PENYEBAB POLUSI AIR Limbah rumah tangga. (detergen, sampah, kotoran/tinja manusia). Limbah Industri. (Hg, Pb, Cu, dan logam berat lainnya). Limbah Pertanian. (pupuk urea, insectisida, herbisida, dll). Pertambangan minyak lepas pantai. Kebocoran minyak tanker dll.

15 POLUSI AIR Limbah industri

16 HASIL PEMANFAATAN AIR LIMBAH RUMAH TANGGA

17 AIR BEBAS POLUSI Air siap diminum Air bebas polusi

18 AIR MINUM YANG TERKONTAMINASI PERTISIDA Air tercemar racun serangga

19 PENYEBAB PENCEMARAN TANAH Kegiatan pertanian (pupuk buatan, herbisida, insectisida). Limbah rumah tangga (sampah organik terutama sampah anorganik, yang susah diuraikan oleh bakteri). Limbah pertambangan (terutama tambang emas yang menggunakan mercury / Hg untuk memisahkan emas dari bijihnya).

20 PEMANFAATAN TANAH SECARA ORGANIK

21 PENYEBAB POLUSI SUARA Mesin industri. Mesin kendaraan bermotor. Mesin pesawat terbang. Tingkat kebisingan terjadi bila intensitas bunyi melampaui 50 desibel (db). Dapat mengganggu manusia terutama dari psikis / kejiwaan.

22 USAHA YANG DAPAT DILAKUKAN MANUSIA UNTUK MENCEGAH PENCEMARAN LINGKUNGAN Pengolahan / pemrosesan limbah industri maupun rumah tangga sebelum dibuang ke lingkungan. Lokalisasi daerah industri, jauh dari pemukiman penduduk. Memperluas reboisasi / penghijauan. Memberikan penyuluhan pada masyarakat dan memberikan tindakan tegas bagi para pelaku perusak lingkungan, supaya jera.

23 PENANGANAN LIMBAH ORGANIK DAN ANORGANIK. Pemanfaatan untuk makanan ternak. Untuk membuat pupuk kompos. Pemanfaatan untuk biogas. Daur ulang (plastik, kertas, logam dll)

24


Download ppt "KARAKTERISTIK DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN Kelompok II 1. Fandi Rosi S 2. Fara Dila E 3. Gaudensius."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google