Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENCEMARAN LINGKUNGAN Pengertian: Umum Umum Suatu kejadian yang tidak diingini, menimbulkan gangguan atau kerusakan lingkungan bahkan dapat menimbulkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENCEMARAN LINGKUNGAN Pengertian: Umum Umum Suatu kejadian yang tidak diingini, menimbulkan gangguan atau kerusakan lingkungan bahkan dapat menimbulkan."— Transcript presentasi:

1 PENCEMARAN LINGKUNGAN Pengertian: Umum Umum Suatu kejadian yang tidak diingini, menimbulkan gangguan atau kerusakan lingkungan bahkan dapat menimbulkan kematian.

2 Menurut Undang-undang UULH RI No 4 th tentang Menurut Undang-undang UULH RI No 4 th 1982 tentang Masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam lingkungan dan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam, sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya

3 Pengertian Lain (Transenden) Rusak atau kotornya lingkungan oleh karena kegiatan manusia

4 Polutan Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran

5 Suatu zat dapat disebut polutan apabila: 1. jumlahnya melebihi jumlah normal 2. berada pada waktu yang tidak tepat 3. berada pada tempat yang tidak tepat

6 Contoh: karbon dioksida dengan kadar 0,033% di udara bermanfaat bagi tumbuhan, tetapi bila lebih tinggi dari 0,033% dapat rnemberikan efek merusak.

7 Sifat polutan 1. Merusak untuk sementara, 2. Merusak dalam jangka waktu lama. Contohnya Pb tidak merusak bila konsentrasinya rendah. Akan tetapi dalam jangka waktu yang lama, Pb dapat terakumulasi dalam tubuh sampai tingkat yang merusak.

8 A. Menurut tempat terjadinya 1. Pencemaran udara a. Gas H2S. Gas ini bersifat racun, terdapat di kawasan gunung berapi, bisa juga dihasilkan dari pembakaran minyak bumi dan batu bara. bisa juga dihasilkan dari pembakaran minyak bumi dan batu bara.

9

10 b. Gas CO dan CO2 Karbon monoksida (CO) tidak berwarna dan tidak berbau, bersifat racun, merupakan hasil pembakaran yang tidak sempurna dari bahan buangan mobil dan mesin letup. Gas CO2 di udara murni berjumlah 0,03%. Bila melebihi toleransi dapat mengganggu pernapasan. Pemanasan global di bumi akibat C02 disebut juga sebagai efek rumah kaca.

11 c. Partikel SO2 dan NO2 Kedua partikel ini bersama dengan partikel cair membentuk embun, membentuk awan dekat tanah yang dapat mengganggu pernapasan.

12 d. Sulfur dioksida (SiO2) Sulfur dioksida bersama dengan udara serta oksigen dan sinar matahari dapat menghasilkan asam sulfur. Asam ini membentuk kabut dan suatu saat akan jatuh sebagai hujan yang disebut hujan asam.

13 e. Radiasi bahan radioaktif misalnya, nuklir. Setelah peledakan nuklir, materi radioaktif masuk ke dalam atmosfer dan jatuh di bumi. materi radioaktif ini akan terakumulusi di tanah, air, hewan, tumbuhan, dan juga pada manusia. Efek pencemaran nuklir terhadap makhluk hidup, dalam taraf tertentu, dapat menyebabkan mutasi, berbagai penyakit akibat kelainan gen, dan bahkan kematian.

14 2. Pencemaran air Di dalam tata kehidupan manusia, air banyak memegang peranan penting antara lain untuk minum, memasak, mencuci dan mandi. Di samping itu air juga banyak diperlukan untuk mengairi sawah, ladang, industri, dan masih banyak lagi

15 a. Pembuangan limbah industri, sisa insektisida, dan pembuangan sampah domestik, misalnya, sisa detergen mencemari air. Buangan industri seperti Pb, Hg, Zn, dan CO, dapat terakumulasi dan bersifat racun.

16 b. Sampah organik yang dibusukkan oleh bakteri menyebabkan 02 di air berkurang sehingga mengganggu aktivitas kehidupan organisme air.

17 c. Fosfat hasil pembusukan dan pupuk pertanian terakumulasi dan menyebabkan eutrofikasi, yaitu penimbunan mineral yang menyebabkan pertumbuhan yang cepat pada alga (Blooming alga). Akibatnya, tanaman di dalam air tidak dapat berfotosintesis karena sinar matahari terhalang.

18 APA LAGI ? Isi disini !

19 Bila terjadi pencemaran di air, maka terjadi akumulasi zat pencemar pada tubuh organisme air. Akumulasi pencemar ini semakin meningkat pada organisme pemangsa yang lebih besar.

20 3. Pencemaran tanah Tanah merupakan tempat hidup berbagai jenis tumbuhan dan makhluk hidup lainnya termasuk manusia. Kualitas tanah dapat berkurang karena proses erosi oleh air yang mengalir sehingga kesuburannya akan berkurang. Selain itu, menurunnya kualitas tanah juaga dapat disebabkan limbah padat yang mencemari tanah.

21 a. sampah-sampah plastik yang sukar hancur, botol, karet sintesis, pecahan kaca, dan kaleng b. detergen yang bersifat non bio degradable (secara alami sulitdiuraikan) c. zat kimia dari buangan pertanian, misalnya insektisida

22 4. Pencemaran suara Disebabkan oleh suara bising kendaraan bermotor, kapal terbang, deru mesin pabrik, radio/tape recorder yang berbunyi keras sehingga mengganggu pendengaran

23 B. Menurut macam bahan pencemar 1. Kimiawi: berupa zat radio aktif, logam (Hg, Pb, As, Cd, Cr dan Hi), pupuk anorganik, pestisida, detergen dan minyak. 2. Biologis: berupa mikroorganisme, misalnya Escherichia coli, Entamoeba coli, dan Salmonella thyposa. 3. Fisik: berupa kaleng-kaleng, botol, plastik, dan karet. 4. Energi

24 C. Menurut tingkat pencemaran Menurut WHO, tingkat pencemaran didasarkan pada kadar zat pencemar dan waktu (lamanya) kontak. Tingkat pencemaran dibedakan menjadi 3, yaitu:

25 1. Pencemaran yang mulai mengakibatkan iritasi (gangguan) ringan pada panca indra dan tubuh serta telah menimbulkan kerusakan pada ekosistem lain. Misalnya gas buangan kendaraan bermotor yang menyebabkan mata pedih.

26 2. Pencemaran yang sudah mengakibatkan reaksi pada faal tubuh dan menyebabkan sakit yang kronis. Misalnya pencemaran Hg (air raksa)di Minamata Jepang yang menyebabkan kanker dan lahirnya bayi cacat.

27 3. Pencemaran yang kadar zat-zat pencemarnya demikian besarnya sehingga menimbulkan gangguan dan sakit atau kematian dalam lingkungan. Misalnya pencemaran nuklir.

28 D. Berdasar pada sumber pencemar Pencemaran dari kegiatan rumah tangga dan perorangan Pencemaran dari kegiatan rumah tangga dan perorangan Pencemaran lingkungan oleh kegiatan pertanian (pembukaan lahan – pemeliharaan – panen – pasca panen Pencemaran lingkungan oleh kegiatan pertanian (pembukaan lahan – pemeliharaan – panen – pasca panen Pencemaran Limbah Industri Pencemaran Limbah Industri Pencemaran oleh Kegiatan Transportasi Pencemaran oleh Kegiatan Transportasi

29

30

31

32 Limbah industri

33

34

35

36 ISU LINGKUNGAN GLOBAL Perubahan tingkat pertumbuhan Penduduk Perubahan tingkat pertumbuhan Penduduk Limbah B-3 Limbah B-3 Pergeseran lokasi sumber Pergeseran lokasi sumber Penyebaran Pencemaran dari negara maju ke negara berkembang Penyebaran Pencemaran dari negara maju ke negara berkembang Dampak pencemaran lokal – global (Pollution know no national boundary) Dampak pencemaran lokal – global (Pollution know no national boundary)

37 Langkah-langkah untuk mengatasi kerusakan lingkungan

38 PP RI No.63 Thn 2002 Tentang Hutan Kota Hutan kota adalah suatu hamparan lahan yang bertumbuhan pohon-pohon yang kompak dan rapat di dalam wilayah perkotaan baik pada tanah negara maupun tanah hak, yang ditetapkan sebagai hutan kota oleh pejabat yang berwenang. Hutan kota adalah suatu hamparan lahan yang bertumbuhan pohon-pohon yang kompak dan rapat di dalam wilayah perkotaan baik pada tanah negara maupun tanah hak, yang ditetapkan sebagai hutan kota oleh pejabat yang berwenang.

39 Tujuan penyelenggaraan hutan kota adalah untuk kelestarian, keserasian dan keseimbangan ekosistem perkotaan yang meliputi unsur lingkungan, sosial dan budaya. Tujuan penyelenggaraan hutan kota adalah untuk kelestarian, keserasian dan keseimbangan ekosistem perkotaan yang meliputi unsur lingkungan, sosial dan budaya.

40 Fungsi hutan kota adalah untuk: a. memperbaiki dan menjaga iklim mikro dan nilai estetika; b. meresapkan air; c. menciptakan keseimbangan dan keserasian lingkungan fisik kota; dan d. mendukung pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia.

41

42

43 Mencegah Illegal Logging

44

45

46 Mencegah Pembakaran hutan

47 Mengurangi gas buang

48 Pengolahan limbah

49 Pengolahan sampah mandiri

50 APA LAGI ?

51 Berdasar pada sumber pencemar Pencemaran dari kegiatan rumah tangga dan perorangan Pencemaran dari kegiatan rumah tangga dan perorangan Pencemaran lingkungan oleh kegiatan pertanian (pembukaan lahan – pemeliharaan – panen – pasca panen Pencemaran lingkungan oleh kegiatan pertanian (pembukaan lahan – pemeliharaan – panen – pasca panen Pencemaran Limbah Industri Pencemaran Limbah Industri Pencemaran oleh Kegiatan Transportasi Pencemaran oleh Kegiatan Transportasi

52 ISU LINGKUNGAN GLOBAL Perubahan tingkat pertumbuhan Penduduk Perubahan tingkat pertumbuhan Penduduk Limbah B-3 Limbah B-3 Pergeseran lokasi sumber Pergeseran lokasi sumber Penyebaran Pencemaran dari negara maju ke negara berkembang Penyebaran Pencemaran dari negara maju ke negara berkembang Dampak pencemaran lokal – global (Pollution know no national boundary) Dampak pencemaran lokal – global (Pollution know no national boundary)

53 Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat! 1. Sebutkan tiga macam pencemaran lingkungan berdasarkan lingkungan yang mengalami pencemaran! 2. Apa yang dimaksud dengan eutrofikasi? 3. Sebutkan pencemar udara yang berbentuk gas dan pencemar udara yang berbentuk partikel cair atau padat! 4. Apa saja dampak yang ditimbulkan dari efek rumah kaca dan hujan asam? 5. Sebutkan upaya-upaya penanggulangan pencemaran lingkungan


Download ppt "PENCEMARAN LINGKUNGAN Pengertian: Umum Umum Suatu kejadian yang tidak diingini, menimbulkan gangguan atau kerusakan lingkungan bahkan dapat menimbulkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google