Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manusia Sains dan Teknologi Kuliah ke 13. E. Peran dan Pengaruh IPTEK Dalam Bidang Pertahanan Dengan kemanjuan IPTEK kini manusia tlah mampu menciptakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manusia Sains dan Teknologi Kuliah ke 13. E. Peran dan Pengaruh IPTEK Dalam Bidang Pertahanan Dengan kemanjuan IPTEK kini manusia tlah mampu menciptakan."— Transcript presentasi:

1 Manusia Sains dan Teknologi Kuliah ke 13

2 E. Peran dan Pengaruh IPTEK Dalam Bidang Pertahanan Dengan kemanjuan IPTEK kini manusia tlah mampu menciptakan alat alat atau persenjataan yang sangat canggih sehingga diharapkan dapat mempertahankan keamanan wilayah dengan baik. Indonesia telah mampu membuat dan memproduksi ALUSTSISTA ( Alat alat sistim persenjataan),baik berupa senjata api senapan,samapai dengan mobil baja Panser dan Tank serta kapal laut dan pesawat udara.

3 Diharapkan senjata yang telah dibuat dan diproduksi hendaknya digunakan secara benar dalam upaya untuk menjaga pertahanan suatu negara.

4 E.Peran dan pengaruh IPTEK Dalam Pembangunan Lingkungan. Manusia dapat memanfaatkan lingkungan tetapi perlu memelihara lingkunan agar tingkat kemaanfaatannya bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan. Timbulnya pencemaran lingkungan sangat erat kaitanna dengan berbagai aktivitas manusia antara lain. 1. Kegiatan industri,kepulan asap kebisingan suara dll.

5 2. Kegiatan pertambangan terjadinya kerusakan intalasi kebocoran,pencemaran dllan rusaknya lahan akibat pertmbangan. 3.Kegiatan trasportasi berupa kepulan asap nainya suhu udara kota,kebisingan tmpukan bahan bakar dll. 4 Kegiatan pertanian terutama reidu pemakaian zat zat kimia yang memberantas hama dll.

6 Bencana polusi dapat dibagi menjadi 4 al – 1.Yang langsung mengganggu kesehatan manusia 2.Efek tak lansung pada manusia.Mis: polusi udara atas gedung gedung. 3.Efek langsung yang menggangu aktifitas manusia (onggokan pupuk kandang ) 4.Efek tak langsung terhadap masyarakat : pertambangan minyak bumi penebangan hutan.

7 Beberapa pencemaran lingkungan : a.Pencemaran air dan tanah : 1,Zat kimia seperti limbah industri pupuk buatan dan detergen dapat berakibat buruk pada tananaman serta organisme lainnya. 2. Zat zat limbah industri 3.beberapa sampah organik yang dibuang kesuangai

8 4.terjadinya pembusukan yang berlebihan 5 DDT merupakan insektisida yang dahulu dipergunakan oleh petani memberantas hama b. Pencemaran Udara : Pencemaran udara disebabkan oleh pembakaran bahan bakar yangtidak sempurna dari Pabrik,Asap rokok yang menybabakan polusi pada diri maupun oang lain.

9 c. Pencemaran Suara : Penyebab adalah suara yang bising terus menerus. Gangguan terdapat pada pendengaran yang kemudian mempengaruhi 1.Perubahan tekanan darah. 2. Perubahan denyut nadi 3. Komtraksi perut, Gangguan jantung,Stress,dll.

10 d. Efek Rumah kaca : Efek rumah kaca ini disebabkan oleh adanya pencemaran udara yang banyak menganfung zat zat yang dapat mengbah suhu udara,karena adanya pencemaran udara menybabkan munculnya pemansan global yang merupakan efek rumah kaca ini menyebabkan sinar violet yang dapat membahayakan manusia tidak akan disaring lagioleh lapisan ozon.

11 G.Peran dan pengaruh Iptek dalammeningkatkan kesejahtraan Manfaat Iptek yang dapat mensejahtrakan manusia : 1.Penggunaan tiknik nuklir : yang dipergunakan untuk maksud damai an : Keperluan bidang kesehatan,di bidang pertanian. 2.Penggunaan teknologi hutan : hutn memiliki banyak fungsi,kertas industri kayu lapis,parieisata,p[enyimpanan air.

12 Pengetahuan dan Teknologi memungkinkan terjadinya perkembangan : 1.Tersedianya sarana dan prasaran penujang kegiatan ilmiah. 2.Meningkatkan kemakmuran materi dan kesehatan masyarakat.

13 H Dampak penyalah gunaan IPTEK bagi Kehidupan sosial dan Budaya. 1.Nklir : BOM di hirozima dan Nagasaki menghairi perang dunia ke II hal ini berdampak pada bahaya timbunya radiasi dan dari radio aktif akan berdampak dapat merusak sel tubuh dan juga akan merakbat munculnya Kanker. 2.Hand phone : Merupakan salah satu alat komunkasi canggih yang kini merebak di masyarakt.

14 Bila handphone ini digunakan untuk hal hal yang tiada bermoral maka akan berdampak negatif bahkan akan dapat menjatuhkan martabat manusia itu sendiri


Download ppt "Manusia Sains dan Teknologi Kuliah ke 13. E. Peran dan Pengaruh IPTEK Dalam Bidang Pertahanan Dengan kemanjuan IPTEK kini manusia tlah mampu menciptakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google