Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENCEMARAN UDARA DAN GAS PENGERTIAN PENCEMARAN UDARA Masuk atau tercampurnya unsur berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENCEMARAN UDARA DAN GAS PENGERTIAN PENCEMARAN UDARA Masuk atau tercampurnya unsur berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan."— Transcript presentasi:

1 PENCEMARAN UDARA DAN GAS PENGERTIAN PENCEMARAN UDARA Masuk atau tercampurnya unsur berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan pada kesehatan manusia, serta secara umum menurunkan kualitas lingkungan. Masuk atau tercampurnya unsur 2 berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan pada kesehatan manusia, serta secara umum menurunkan kualitas lingkungan. DEFINISI PENCEMARAN UDARA (UUPLH NO.23 TAHUN 1997) Masuk/dimasukkannya mahkluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke udara, dan atau berubahnya tatanan udara oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam, sehingga kualitas udara turun sampai ke tingkat tertentu dan menyebabkan udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.

2 UDARA: Udara adalah suatu campuran gas yang terdapat pada lapisan yang mengelilingi bumi. Komponen yang konsentrasinya paling bervariasi yaitu uap air (HO) dan CO. Udara adalah suatu campuran gas yang terdapat pada lapisan yang mengelilingi bumi. Komponen yang konsentrasinya paling bervariasi yaitu uap air (H 2 O) dan CO 2. DALAM UDARA TERDAPAT: 1. Oksigen (O) untuk bernafas 1. Oksigen (O 2 ) untuk bernafas 2. Karbon dioksida (CO) untuk fotosintesis klorofil daun 2. Karbon dioksida (CO 2 ) untuk fotosintesis klorofil daun 3. Ozon (O) untuk menahan sinar ultra violet dari sinar matahari 3. Ozon (O 3 ) untuk menahan sinar ultra violet dari sinar matahari

3 PENCEMARAN UDARA TERJADI DI MANA: PENCEMARAN UDARA TERJADI DI MANA 2 : Misal:  Di dalam rumah,  sekolah,  kampus,  kantor disebut pencemaran dalam ruang (indoor air pollution) Selain itu gejala ini secara akumulatif juga terjadi di luar ruangan (outdoor air pollution) mulai dari tingkat lingkungan rumah, perkotaan hingga ke tingkat regional bahkan sudah menjadi gejala global.

4

5

6 SUMBER PENCEMARAN UDARA ADA 2: 1. DARI KEGIATAN MANUSIA  Transportasi  Rokok  Industri  Penggunaan zat kimia yang disemprotkan ke udara  Penggunaan zat 2 kimia yang disemprotkan ke udara  Kegiatan rumah tangga 2. DARI FAKTOR ALAM  Debu akibat letusan gunungapi  Semburan gas CO  Proses pembusukan sampah organik

7 PENGARUH PENCEMARAN TRANSPORTASI BAGI KESEHATAN  AKIBAT TIMBAL (Pb): stress, hambatan pertumbuhan kecerdasan pada anak, sembelit, gangguan ginjal akibat Pb dan gangguan sistem reproduksi  AKIBAT SULFUR OKSIDA: gatal, hujan asam, paru kanker, flek dan bronchitis  AKIBAT SULFUR OKSIDA: gatal 2, hujan asam, paru 2 kanker, flek dan bronchitis  AKIBAT HIDROKARBON DAN NITROGEN OKSIDA: iritasi mata, peradangan mata, flek, paru dan bronchitis  AKIBAT HIDROKARBON DAN NITROGEN OKSIDA: iritasi mata, peradangan mata, flek, paru 2 dan bronchitis  AKIBAT KARBON MONOKSIDA: sakit jantung dan kekurangan oksigen  AKIBAT CO: penyumbang terbesar terjadinya gas rumah kaca  AKIBAT CO 2 : penyumbang terbesar terjadinya gas rumah kaca

8 PENGARUH PENCEMARAN UDARA PADA MANUSIA Polutan: menjadi sumber penyakit virus, bakteri Alergi: bakteri berpotensi menjadi infeksi Kronis: menyebabkan kanker Iritasi PADA HEWAN Terjadi melalui pakan hewan yang dicemari polusi udara. Udara di atas normal: menyebabkan produksi hewan menurun dan pada musim kering: menyebabkan pasokan rumput kurang PADA TANAMAN Menurunkan produksi beberapa jenis pangan, sayuran dan buah 2 an PADA BENDA MATI LAIN Menyebabkan kerusakan peralatan produksi, peralatan rumah tangga korosi atau karat metal, korosi kawat listrik, merusak atau melapukkan batu candi dan kereta api

9 PENCEMARAN UDARA BERUPA GAS Dapat dibagi menjadi  Belerang = Sulfur = S  Sulfur Oksida (SO )  Sulfur Oksida (SO X )  Sulfur Dioksida (SO)  Sulfur Dioksida (SO 2 )  Sulfur Trioksida (SO)  Sulfur Trioksida (SO 3 )  Nitrogen (NO)  Nitrogen (NO X )  Ozon (O)  Ozon (O 3 )  Lubang Ozon  Gas Rumah Kaca (GRK)  Ikatan Karbon (C)  Karbon Monoksida (CO)  Karbon Dioksida (CO)  Karbon Dioksida (CO 2 )  Hidrokarbon (HC)

10 PENCEMARAN UDARA BERUPA PARTIKEL Dapat berupa:  Debu padat  Titik-titik cair


Download ppt "PENCEMARAN UDARA DAN GAS PENGERTIAN PENCEMARAN UDARA Masuk atau tercampurnya unsur berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google