Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengaruh Bahan Bakar Transportasi terhadap Pencemaran Udara dan Solusinya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengaruh Bahan Bakar Transportasi terhadap Pencemaran Udara dan Solusinya."— Transcript presentasi:

1 Pengaruh Bahan Bakar Transportasi terhadap Pencemaran Udara dan Solusinya

2 Batasan Masalah Pencemaran Udara yang Berasal dari Sektor Transportasi.

3 Jenis Parameter Pencemar Udara Sulfur dioksida (SO 2 ) Karbon monoksida (CO) Nitrogen dioksida (NO 2 ) Ozon (O 3 ) Hidro karbon (HC) PM 10 Partikel debu ( PM 2,5 ) TSP (debu) Pb (Timah Hitam).

4 Sumber dan Standar Kesehatan Emisi Gas Buang

5 Pertumbuhan Kendaraan

6 Jumlah kendaraan di Indonesia mulai tahun (Tidak termasuk kendaraan ABRI dan CD )

7 Emisi Gas Buang dari Berbagai Kendaraan.

8 Pengaruh Zat Hasil Bakar Terhadap Makhluk Hidup

9 Apa Yang Harus Dilakukan?

10

11 Solusinya

12 Solusi

13

14 The End

15

16 POLUSI UDARA Pengaruh Bahan Bakar Transportasi Terhadap Pencemaran & Solusinya

17 Latar Belakang Tingginya pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor di kota-kota besar di Indonesia cukup tinggi yaitu berkisar 8-12% per tahun (Sumber : Kepolisian Negara Republik Indonesia, Direktorat Lalu Lintas (Januari 2000)).

18 Udara Tercemar ? Udara merupakan campuran dari gas yang terdiri dari 78% nitrogen, 20% oksigen, 0,93 %argon, 0,03% karbon dioksida, dan sisanya terdiri dari neon, helium, metan dan hidrogen. TERCEMAR berbedanya komposisi udara aktual dengan kondisi udara normal dan dapat mendukung kehidupan manusia

19 Jenis Pencemaran… Dalam bentuk gas dapat dibedakan dalam golongan belerang (sulfur dioksida, hidrogen sulfida, sulfat aerosol), golongan nitrogen (nitrogen oksida, nitrogen monoksida, amoniak, dan nitrogen dioksida), golongan karbon (karbon dioksida, karbon monoksida, hidrokarbon), golongan gas yang berbahaya (benzene, vinyl klorida, air raksa uap). Jenis pencemaran udara berbentuk partikel dibedakan tiga. Pertama, mineral (anorganik) dapat berupa racun seperti air raksa dan timah. Kedua, bahan organik terdiri dari ikatan hidrokarbon, klorinasi alkan, benzene. Ketiga, makhluk hidup terdiri dari bakteri, virus, telur cacing.

20 Jenis Pencemaran Sementara itu, jenis pencemaran udara menurut tempat dan sumbernya dibedakan menjadi dua: Kategori pencemaran udara bebas meliputi secara alamiah (letusan gunung berapi pembusukan, dan lain- lain) dan bersumber kegiatan manusia, misalnya berasal dari kegiatan industri, rumah tangga, asap kendaraan bermotor). Pencemaran udara ruangan meliputi dari asap rokok, bau tidak sedap di ruangan.

21 Sumber dan Standar sehatan Emisi Gas Buang

22 Pertumbuhan Produksi Kendaraan Bermotor dan Konsumsi BBM Untuk Transportasi

23 Perkiraan Emisi dan Buang Dari Berbagai Kendaraan Bermotor di JABOTABEK

24 Cukup berbahaya bukan???

25 Indeks Standar Pencemaran Udara

26 Solusi Keringanan pajak kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar gas berupa PBBKB (Pajak Bahan Bakar Kendaran Bermotor). Ref. PERPU. No.21 tahun Pemberian keringanan pajak untuk bea-impor conversion kit, sehingga harga jualnya dapat ditekan dan terjangkau oleh masyarakat. Peraturan pemerintah yang mewajibkan kepada Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) untuk memasang Catalytic Converter pada setiap kendaraan baru yang sudah diproduksi. 1.Insentif utk kendaraan bermotor yg memakai BBG

27 2.Pembuatan Bahan Bakar Nabati (BBN) PP No.5 tahun 2006 tentang kebijakan energi nasional Inpres No.1 tahun 2006 tentang penyediaan dan pemanfaatan BBN Keppres No.10 tahun 2006 tentag Tim Nasional pengembangan BBN untuk percepatan pengurangan kemiskinan dan pengangguran Skenario Implementasi BBN

28 3. 3. Pemeriksaan Emisi & Perawatan Mobil Penumpang / Pribadi

29 Kesimpulan Tingkat polusi udara dari sektor transportasi sudah melebihi baku mutu lingkungan. Sehingga diperlukan kerjasama yang komprehensif dari pemerintah terutama Departemen Perhubungan, masyarakat dan produsen kendaraan bermotor.


Download ppt "Pengaruh Bahan Bakar Transportasi terhadap Pencemaran Udara dan Solusinya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google