Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Aemelia XISI/01 Farenza XISI/06 Kevin Ryan XISI/15 Maria Clarita XISI/18 Theresia Adelin.L XISI/25.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Aemelia XISI/01 Farenza XISI/06 Kevin Ryan XISI/15 Maria Clarita XISI/18 Theresia Adelin.L XISI/25."— Transcript presentasi:

1

2 Aemelia XISI/01 Farenza XISI/06 Kevin Ryan XISI/15 Maria Clarita XISI/18 Theresia Adelin.L XISI/25

3 Energi Terbarukan Energi Bersahabat dengan Lingkungan Zero Carbon Kemandiriam Energi Konsep Baru Energi Alternatif Panas Bumi Lahan Gambut

4 Energi terbarukan adalah energi yang menghasilkan dari sumber alami, seperti cahaya matahari,angin,hujan, arus pasang surut,lahan gambut, dan panas bumi, yang terbarui atau secara alami dapat muncul kembali setelah dipergunakan. Energi yang tidak dapat diperbaruhi, seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam yang memerlukan waktu yang lama dalam proses membentuknya. Dengan demikian, agar energi yang tidak dapat diperbarui.Contohnya kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar minyak diganti dengan energi listrik.

5  Sumber energi yang dapat diperbaruhi seperti biomassa kadang-kaang disebut sebagai alternatif untuk bahan fosil yang membahayakan bagi ekologi, karena jika biomassa dikomersialkan dikhawatirkan akan membahayakan hutan sebagai penghasil biomassa terbesar (kayu juga meruakan biomassa). Energi yang dapat diperbaruhi belum tentu sebagai energi alternatif dengan tujuan tersebut. Contohnya di belanda, yang pernah menggunakan minyak kelapa sawit sebagai bahan bakar bio, saat ini dihentikan akibat bukti ilmiah bahwa penggunaannya menciptakan kerusakan lebih parah dibandingkan bahan bakar fosil, seperti kemungkinan ekspansi lahan kelapa sawit yang menghabiskan hutan alami.

6  Dari sudut pandang isu perubahan iklim, bahan bakar ekonomis rendah karbon adalah sumber alternatif untuk mengeliminasi emisi karbon dan metana. Hal ini bertujuan agar sumber energi yang dapat diperbaruhi dan berkelanjutan, seperti biomassa dan hidrogen yang dihasilkan dari gas alam, jumlahnya dibatasi agar mengurangi zat karbon yang ada sekarang ini.

7  Eropa mempunyai harapan untuk lebih mandiri dan tidak bergantung lagi terhadap suplai energi (minyak dan gas) dari rusia, begitu juga di amerika serikat yang beraharap terbebas dari import minyak yang diproduksi oleh negara lain. Dari sudut pandang ini gas alam domestik dan bahan bakar fosil adalah energi alternatif terhadap bahan bakar yang diimport dari luar negri.

8  a. Area Penangkapan Energi Angin Mengapung. Area penangkapan energi angin mengapung yaitu, penangkapan energi angin biasa ditengah tengah lautan,bisanya ditempatkan di perairan sedalam 40 meter.Keuntungannya adalah pada kemampuannya menangkap energi angin di tengah lautan tanpa halangan bukit,pepohonan, dan bangunan. Angin di tengah lautan dapat mencapai ke.cepatan dua kali kecepatan angin di daratan. b. Biogas Hasil Pencernaan. Biogas hasil pencernaan berhubungan dengan pemanfaatan gas metana yang dilepaskan dari hasil kotoran hewan membusuk. Selain itu,gas ini dapat diperoleh dari sampah dan sistem saluran limbah, memproses gas metana melalui bakteri atau dekomposer yang memecah biomasa dalam lingkungan atau kondisi anaerobik. Gas metana yang dikumpulkan dan dimurnikan dapat di manfaatkan sebagai sumber energi alternatif.

9 c.Heliokultur Heliokultur adalah proses mengumpulkan energi matahari menjadi bahan bakar dengan memindahkan karbon diogsida di atmosfir untuk pemanfaatan dalam pertanian. d. Energi Alternatif Dalam Transportasi Akibat peningkatan harga gas dan bahan bakar, dikembangkan kendaraan dengan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi serta kendaraan dengan bahan bakar alternatif. Menanggapi hal tersebut, banyak perusahaan kecil meningkatkan penelitian dan pengembangan serta menghasilakan kendaraan hybird dan bertenaga baterai setelah tersedi secara komersial dan dapat di terima masyarakat secara luas di seluruh dunia.

10  Geotermal adalah bentuk energi yang dapat diperbarui yang bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan beban dasar listrik. Jika mendapatkan dukungan keuangan sektor swasta serta kebijakan dari pemerintah maka diotermal akan menjadu alternatif yang bisa menggantikan batu bara, gas alam, dan nuklir.

11  Lahan Gambut di Indonesia cukup luas karena mencapai dua tujuh juta HA. Lahan Gambut terdapat diwilayah Kalimantan,Pantai timur Sumatra, dan bagian Selatan Papua. Lahan Gambut mengandung Biogas, sehingga mudah terbakar.


Download ppt "Aemelia XISI/01 Farenza XISI/06 Kevin Ryan XISI/15 Maria Clarita XISI/18 Theresia Adelin.L XISI/25."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google