Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BMS, BDA, DFA & DMM. 1.Pendahuluan 2.Energi Fosil, Energi Alternatif dan Terbarukan 1 Surya 3.Energi Alternatif dan Terbarukan 2 Angin, Air, Mikrohidro.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BMS, BDA, DFA & DMM. 1.Pendahuluan 2.Energi Fosil, Energi Alternatif dan Terbarukan 1 Surya 3.Energi Alternatif dan Terbarukan 2 Angin, Air, Mikrohidro."— Transcript presentasi:

1 BMS, BDA, DFA & DMM

2 1.Pendahuluan 2.Energi Fosil, Energi Alternatif dan Terbarukan 1 Surya 3.Energi Alternatif dan Terbarukan 2 Angin, Air, Mikrohidro 4.Energi Alternatif dan Terbarukan 3 Laut, Biomassa, Geothermal, Nuklir dll 5.Review Teori Dasar Listrik 6.Sistem Pembangkitan Energi Listrik 7.Sistem Distribusi/Transmisi Energi Listrik

3 1.Review Energi di Bidang Pertanian 2.Teori Pembakaran 1 3.Teori Pembakaran 2 4.Teori Pembakaran 3 5.Teori Pembakaran 4 6.Teori Pembakaran 5 7.Teori Pembakaran 6/Pengayaan (Aplikasi)

4 1.Sel Surya 2.Pengukuran Energi Listrik 3.Pembakaran

5 Energi = adalah suatu kuantitas yang dapat diamati yang dimengerti sebagai kemampuan dari suatu sistem fisik untuk melakukan kerja terhadap sistem fisik yang lain, energi merupakan besaran skalar Satuan =Joule, Kalori, Watt-hour, BTU

6 1.Energi Potensial 2.Energi Kinetik 3.Energi Mekanik 4.Energi Kimia 5.Energi Termal 6.Energi Listrik

7

8

9  ENERGI PRIMER  ENERGI SEKUNDER  ENERGI FINAL DAN  ENERGI BERMANFAAT

10  Energi primer adalah energi yang diperoleh langsung dari alam seperti : minyak mentah, gas bumi, batu bara, tenaga air, panas bumi, mineral radio aktif, angin, pasangsurut,kayu bakar, sampah, dll.  Energi sekunder adalah energi yang berasal dari energi primer diubah melalui proses teknologi menjadi bentuk energi yang lebih mudah / praktis digunakan misalnya minyak tanah IDO, listrik, gas buatan, kokas, arang briket batu bara dll.

11  Energi final adalah energi yang dimanfaatkan oleh pemakai akhir contohnya energi listrik.  Energi bermanfaat adalah energi dalam bentuk panas, cahaya, kerja/gerakan atau tenaga mekanik dan lain – lain yang bermanfaat bagi pemakai.

12  Energi komersial : adalah dalam kelompok energi yang biasa/umum dipedagangkan mis: minyak, listrik, gas, batubara dll.  Energi non komersial : adalah kelompok bentuk energi yang tidak biasa (layak) diperdagangkan mis: kayu, sampah jerami, dll. Energi non komersial disebut juga dengan energi tradisional.

13 MENURUT JENIS TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN ENERGI DAPAT DIKELOMPOKKAN MENJADI :  energi konvensional  energi non konvensional DITINJAU DARI SIFAT PENYEDIAAN ENERGI DAPAT JUGA DIKELOMPOKKAN MENJADI : energi tidak terbarukan dan energi terbarukan misalnya: tenaga matahari, tenaga surya, tenaga samudera, tenaga panas bumi, tenaga tarik hewan, biomassa, kayu bakar dll.

14 Energi Fosil - Batubara - Minyak - Gas Alam Energi Non-Fosil - Matahari - Air - Biomass - Geothermal - Nuklir, dll

15

16

17

18

19

20 Terima kasih


Download ppt "BMS, BDA, DFA & DMM. 1.Pendahuluan 2.Energi Fosil, Energi Alternatif dan Terbarukan 1 Surya 3.Energi Alternatif dan Terbarukan 2 Angin, Air, Mikrohidro."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google