Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DI INDONESIA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DI INDONESIA."— Transcript presentasi:

1 KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DI INDONESIA

2 DARATAN Merupakan bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi air. Daratan secara umum terbagi atas 4 bagian: 1.Pantai 2.Dataran rendah 3.Dataran tinggi 4.Pegunungan 5.Gunung

3 Pantai Pantai adalah perbatasan antara daratan dan lautan Manfaat: berlabuhnya berbagai jenis kapal dan perahu, berbagai objek wisata.

4

5 Dataran rendah Dataran rendah adalah bentangan tanah datar yang sangat luas pada ketinggian kurang dari 200 meter diatas permukaan laut.

6

7 Dataran tinggi Dataran tinggi adalah dataran yang ketinggiannya diatas 600 meter diatas permukaan laut.

8

9 Pegunungan Pegunungan adalah rangkaian dari beberapa gunung. Ketinggiannya 600 meter dari atas permukaan laut.

10

11 Gunung Gunung adalah bukit yang sangat besar dan tinggi. tinggi gunung biasanya lebih dari 600 meter dari permukaan laut.

12

13 PERAIRAN Indonesia memiliki wilayah perairan yang sangat luas, yaitu dua pertiga bagian dari keseluruhan luas wilayah negara. Wilayah perairan ini terdiri atas: 1.Sungai 2.Danau 3.Rawa 4.Selat 5.Laut

14 Sungai Sungai merupakan bagian dari permukaan bumi yang rendah dan dialiri oleh air. Air itu mengalir dari dataran tinggi (hulu sungai) menuju dataran rendah dan bermuara di laut. Manfaat: sarana transportasi, perikanan, pengairan, sumber tenaga listrik.

15 Sungai

16 Danau Danau adalah permukaan bumi berupa cekungan yang sangat luas dan digenangi air. Terbentuknya danau ada yang berasal dari letusan gunung berapi. Contoh: Danau kelimutu, Danau toba, danau singkarak. Manfaat : untuk perikanan, pengairan, tempat wisata, dan persediaan air.

17 Danau

18 Rawa Rawa merupakan tanah yang digenangi air. rawa banyak dijumpai didaerah pesisir timur pulau sumatera, kalimantan selatan bagian barat, serta papua bagian barat dan selatan Manfaat: Rawa yang terdapat ditepi pantai banyak ditumbuhi pohon bakau, pohon bakau bermanfaat untuk mencegah erosi pantai.

19 Rawa

20 Selat Selat adalah laut yang sempit diantara dua pulau. Letak indonesia dibatasi oleh lautan luas menjadikan jarak antara satu pulau dengan yang lainnya. Oleh karena itu kita memiliki banyak selat.

21 Laut Laut adalah bagian permukaan bumi paling rendah dan luas yang digenangi air asin.

22 Kenampakan Buatan di Wilayah Indonesia 1. Waduk atau bendungan merupakan kenampakan buatan yang diciptakan manusia dengan cara membendung aliran sungai. Contoh: Bendungan jati luhur, Saguling, bendungan gajah mungkur di Jawa Tengah.

23 2. Kawasan industri Dikatakan sebagai kawasan industri karena merupakan daerah yang digunakan khusus untuk kegiatan industri.

24 3. Pemukiman Kenampakan buatan berupa pemukiman karena dapat memberikan beberapa manfaat. Contohnya : daerah pemukiman penduduk, daerah perkantoran, dan daerah pertokoan.

25 4. Perkebunan Perkebunan merupakan daerah hutan yang sengaja dibuat oleh manusia untuk dimanfaatkan hasilnya. Contoh: perkebunan teh, perkebunan sawit, dan perkebunan karet.

26 5. Sarana Transportasi Sarana transportasi sangat dibutuhkan sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk yang meningkat. Manfaatnya adalah mempersingkat waktu serta mengurangi kemacetan lalu lintas.

27 Pembagian wilayah waktu Wilayah Indonesia Barat (WIB) Wilayah waktu ini terletak pada 105 BT selisih waktu 7 jam lebih awal dari pada Greenwich (GMT). Wilayah meliputi seluruh Provinsi Sumatera, seluruh Provinsi Jawa, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Madura.

28 Waktu Indonesia Tengah (WITA) Wilayah waktu ini terletak pada 120 BT. Selisih waktu 8 jam lebih awal dari pada waktu Greenwich (GMT). Wilayahnya meliputi seluruh provinsi sulawesi, kalimantan timur, kalimantan selatan, Bali, NTB, dan NTT. Waktu Indonesia Timur (WIT) Wilayah waktu ini terletak pada 135 BT. Selisih waktu 9 jam lebih awal dari pada waktu Greenwich (GMT), Wilayah meliputi Maluku dan Papua, serta pulau-pulau kecil disekitarnya.

29 Terima kasih


Download ppt "KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DI INDONESIA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google