Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IPS kelas VI Kenampakan Alam. Kenampakan alam Adalah : berbagai bentukan muka bumi yang terjadi secara alamiah, dapat juga di artikan segala sesuatu di.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IPS kelas VI Kenampakan Alam. Kenampakan alam Adalah : berbagai bentukan muka bumi yang terjadi secara alamiah, dapat juga di artikan segala sesuatu di."— Transcript presentasi:

1 IPS kelas VI Kenampakan Alam

2 Kenampakan alam Adalah : berbagai bentukan muka bumi yang terjadi secara alamiah, dapat juga di artikan segala sesuatu di alam yang menampakkan diri atau menunjukkan diri kepada kita.

3 Permukaan dataran tinggi terletak di atas 200 meter dari permukaan laut.

4 a.Gunung: 1. Gunung berapi : menghasilkan barang-barang tambang, seperti, batu, pasir, belerang, dan sumber air panas, dll. 2. Gunung yang tidak berapi :dimanfaatkan untuk kegiatan perkebunan, kehutanan, suaka margasatwa, atau tempat rekreasi.

5 Gunung berapi Gunung tidak berapi

6 adalah daratan berbukit- bukit dan bergunung- gunung sehinga membentuk suatu rangkaian (sirkum).

7

8 Sirkum Medetarian berawal dari Pegunungan Alpen di Eropa kemudian menyambung ke pegunungan Himalaya di Asia lalu memasuki Indonesia melalui Pulau Sumatra. Jalur Sirkum Medetarian di Indonesia membentang dari Pulau Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Maluku.

9 berawal dari dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan, lalu bersambung ke pegunugan Rocky di Amerika Utara, lalu ke Jepang, Filipina, sampai akhirnya sampai ke Indonesia melalui Sulawesi. Sirkum Pasifik juga bercabang ke Pulau Halmahera dan akhirnya sampai di Papua.

10 adalah wilayah di daratan dengan Ketinggian antara 0–200 meter di Atas permukaan laut. Umumnya daerah dataran rendah terdapat di sekitar pantai.

11 adalah dataran rendah yang selalu terendam air, sehingga setengah berlumpur. Ini membuat rawa kurang baik untuk daerah pertanian. Untuk areal pertanian di rawa harus dikeringkan dan dilakukan pengapuran yang bertujuan untuk meneltrakan sifat asam dari rawa Di daerah rawa bisa ditemukan tanaman bakau (mangrove)

12

13

14 adalah pantai yang bentuknya cekung ke dalam, atau juga bisa dikatakan menjorok ke darat. Contoh teluk di Indonesia : Teluk Bone di Sulawesi Selatan, Teluk Tomini di Sulawesi Tengah

15 Gambar Teluk bayur

16

17 Gambar tanjung di belitung

18 adalah daratan yang terletak di muara sungai. Proses pembentukan delta diakibatkan oleh proses sedimentasi sungai. Contoh Delta di Indonesia: Delta Sungai Mahakam di Pulau Kalimantan, Delta Sagara Anakan di Jawa Tengah

19

20

21


Download ppt "IPS kelas VI Kenampakan Alam. Kenampakan alam Adalah : berbagai bentukan muka bumi yang terjadi secara alamiah, dapat juga di artikan segala sesuatu di."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google