Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemanfaatan SDA Kelompok 4 Nasya Aldina (22) Maulani P Hardini (18) Indina Ashri Sahputri (16) Fathiya Amirahana (13) Aprillia az-zahra (8)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemanfaatan SDA Kelompok 4 Nasya Aldina (22) Maulani P Hardini (18) Indina Ashri Sahputri (16) Fathiya Amirahana (13) Aprillia az-zahra (8)"— Transcript presentasi:

1 Pemanfaatan SDA Kelompok 4 Nasya Aldina (22) Maulani P Hardini (18) Indina Ashri Sahputri (16) Fathiya Amirahana (13) Aprillia az-zahra (8)

2 Pemanfaatan sumber daya alam Pemanfaatan potensi sumber daya alam telah dilakukan dalam berbagai bentuk aktivitas. Aktivitas pemanfaatan sumber daya alam dapat dibagi ke dalam aktivitas : 1. Pertanian 2. Pertambangan 3. Kehutanan 4. Kelautan Pemanfaatan potensi sumber daya alam telah dilakukan dalam berbagai bentuk aktivitas. Aktivitas pemanfaatan sumber daya alam dapat dibagi ke dalam aktivitas : 1. Pertanian 2. Pertambangan 3. Kehutanan 4. Kelautan

3 1. Aktivitas Pertanian Keadaan tanah yang subur serta iklimnya yang mendukung membuat penduduk indonesia banyak menggantungkan hidupnya pada aktivitas pertanian : A. Pertanian lahan basah B. pertanian lahan kering

4 A. Pertanian lahan basah Pertanian lahan basah sangat baik dikembangkan di dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 300 meter. Contoh: aktivitas pertanian lahan basah tersebut tedapat di pantai utara jawa, kalimantan, dan sumatra. Jenis tanaman yang umumnya dibudidayakan pada lahan basah adalah padi. Pertanian lahan basah sangat baik dikembangkan di dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 300 meter. Contoh: aktivitas pertanian lahan basah tersebut tedapat di pantai utara jawa, kalimantan, dan sumatra. Jenis tanaman yang umumnya dibudidayakan pada lahan basah adalah padi.

5 Lahan basah

6 B. Pertanian Lahan Kering Pertanian lahan adalah bentuk pertanian yang mengandalkan air hujan. Pertanian lahan kering banyak dikembangkan di daerah dengen ketinggian meter. Pertanian lahan kering cocok untuk tanaman palawija, sayuran, dan buah-buahan.

7 Komoditas Pertanian Lahan Kering Indonesia merupakan produsen dari sejumlah komoditas pertanian. Komoditas yang banyak dihasilkann adalah padi, jagung, ubi kayu, kedelai,dan kacang tanah. Indonesia merupakan produsen dari sejumlah komoditas pertanian. Komoditas yang banyak dihasilkann adalah padi, jagung, ubi kayu, kedelai,dan kacang tanah. NoJenis komoditasContoh Daerah Penghasil 1.PadiPulau Jawa dan Sumatra 2.JagungJawa Tengah dan Jawa Timur 3.Ubi KayuSumatra dan D.I. Yogyakarta 4.KedelaiJawa Tengah dan Jawa timur 5.Kacang TanahJawa Tengah dan Nusa Tenggara

8 Lahan kering

9 2. Aktivitas Perkebunan Perkebunan merupakan aktivitas budi daya tanaman tertentu pada lahan yang luas. Tanaman tertentu adalah tanaman semusim atau tanaman tahunan yang jenis pengolahannya ditetapkan sebagai tanaman perkebunan(UU 0.18 tahun 2004)

10 Perkebunan dapat dibedakan menjadi : perkebunan besar dan perkebunan rakyat. Perkebunan besar adalah perkebunan yang dikelola oleh perusahaan yang berbadan hukum. Perkebunan rakyat adalah perkebunan yang diselenggarakan oleh rakyat.

11 Perkebunan ditujukan untuk menghasilkan komoditas pertanian dalam jumlah yang besar. Komoditas perkebunan yang dikembangkan diIndonesia diantaranya adalah Teh, Karet, Kelapa, Kopi, Cokelat, dan Kelapa Sawit Perkebunan ditujukan untuk menghasilkan komoditas pertanian dalam jumlah yang besar. Komoditas perkebunan yang dikembangkan diIndonesia diantaranya adalah Teh, Karet, Kelapa, Kopi, Cokelat, dan Kelapa Sawit

12 Lokasi penghasil komoditas perkebunan tersebut adalah seperti berikut NoJenis KomoditasContoh Daerah Penghasil 1.Kelapa SawitSumatra dan Kalimantan 2.CengkihSulawesi dan Maluku 3.TebuJawa Timur dan Jawa Tengah 4.TehJawa Barat dan Sumatra 5.TembakauSumatra dan Jawa 6.KopiSumatra dan Papua 7.KelapaSulawesi dan Nusa Tenggara Barat

13 NoJenis KomoditasContoh Daerah Penghasil 8.PalaMaluku dan Jawa Barat 9.VaniliNusa Tenggara Timur dan Papua 10.KaretSumatra dan Jawa 11.LadaSumatra Selatan dan Maluku 12.CokelatJawa Tengah dan Sulawesi Tenggara

14 3. Aktivitas Peternakan Indonesia masih mengimpor produk peternakan berupa sapi atau daging sapi, bahan baku susu, pakan ternak dan lain- lain mencapai angka 23 triliun. Sementara itu ekspor peternakan Indonesia hanya sepertiga.

15 Daerah penghasil komoditas peternakan NoJenis KomoditasContoh Daerah Penghasil 1.AyamJawa, Bali 2.KerbauJawa, Aceh, Sulawesi 3.SapiSumatra, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat 4.KudaNusa Tenggara Timur (Sumba), dan Sumatra Barat 5.BabiSulawesi Utara (Mnahasa), Sumatra Utara (Tapanuli), Maluku, Bali, Jawa Barat (Karawang)

16 4. Aktivitas Perikanan Aktivitas perikanan dapat dikelompokkan menjadi aktivitas perikanan tangkap dan budi daya. Aktivitas perikanan tangkap dilakukan dengan menangkap ikan di laut Aktivitas perikanan budi daya dilakukan dengan cara mengembangbiakkan dan memelihara ikan tertentu di tambak, jaring terapung, dan lain-lain. Aktivitas perikanan dapat dikelompokkan menjadi aktivitas perikanan tangkap dan budi daya. Aktivitas perikanan tangkap dilakukan dengan menangkap ikan di laut Aktivitas perikanan budi daya dilakukan dengan cara mengembangbiakkan dan memelihara ikan tertentu di tambak, jaring terapung, dan lain-lain.

17 Berdasarkan data BPS tahun 2011, jumlah produksi ikan tangkap di laut Indonesia mencapai angka ton. Beberapa sentra perikanan dan daerah tangkapan ikan, antara lain seperti berikut: 1.Budi daya udang dan bandeng, banyak dikembangkan di pantai utara Jawa, Sumatra, dan Sulawesi. Berdasarkan data BPS tahun 2011, jumlah produksi ikan tangkap di laut Indonesia mencapai angka ton. Beberapa sentra perikanan dan daerah tangkapan ikan, antara lain seperti berikut: 1.Budi daya udang dan bandeng, banyak dikembangkan di pantai utara Jawa, Sumatra, dan Sulawesi.

18 2.Budi daya ikan darat, banyak dikembangkan di kolam-kolam penduduk, terutama di Jawa Barat, bendungan/waduk (misalnya keramba terapung di waduk Jatiluhur), danau, sawah, dan sungai. 3.Daerah penangkapan ikan laut biasanya tersebar di Sumatra Timur (bagian Siapi-api) dan Bengkalis (ikan terubuk). Kepulauan Maluku banyak menghasilkan tongkol, tiram, mutiara. Laut Jawa, Selat Sunda, Pantai Cilacap, Selat Makasar, Selat Flores, dan Kepulauan Maluku banyak menghasilkan cumi, udang, dan rumput laut. 2.Budi daya ikan darat, banyak dikembangkan di kolam-kolam penduduk, terutama di Jawa Barat, bendungan/waduk (misalnya keramba terapung di waduk Jatiluhur), danau, sawah, dan sungai. 3.Daerah penangkapan ikan laut biasanya tersebar di Sumatra Timur (bagian Siapi-api) dan Bengkalis (ikan terubuk). Kepulauan Maluku banyak menghasilkan tongkol, tiram, mutiara. Laut Jawa, Selat Sunda, Pantai Cilacap, Selat Makasar, Selat Flores, dan Kepulauan Maluku banyak menghasilkan cumi, udang, dan rumput laut.

19 5. Aktivitas Pertambangan Minyak bumi dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, baik rumah tangga, industri, kendaraan bermotor sampai Perusahaan listrik Negara(PLN). Produksi minyak bumi di Indonesia pada tahun 2011 mencapai ribu barel. Produksi minyak bumi dan gas alam Indonesia dimanfaatkan untuk konsumsi dalam negeri dan juga diekspor ke berbagai negara.

20 Pemanfaatan sumber daya alam lainnya adalah batu bara. Batu bara dimanfaatkan untuk kepentingan rumah tangga(memasak) dan berbagai industri seperti besi baja dan semen. Produksi batu bara pada tahun 2011 mencapai ton. Batu bara yang dihasilkan sebagian besar diekspor dan sebagai lagi dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

21 Indonesia juga mengembangkan dan ememanfaatkan sumber energi terbarukan berupa Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), Pembangkit Listrik Tenaga Angin, Pemnbangkit Listrik Tenga Mikro Hidro (PLTMH), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS atau Solar Cell), dan Pembangkit listrik tenaga Biomass. Selain itu, dikembangkan pula Bahan Bakar Nabati (BBN) seperti bioetanol, biodiesel, dan bio oil.

22 6. Aktivitas Kehutanan Hutan telah lama dimanfaatkan penduduk untuk berbagai keperluan, baik sebagi sumber pangan, penghasil kayu bangunan serta sumber tambang dan mineral berharga. Hutan di Indonesia tidak hanya hutan hujan tropis, tetapi juga hutan mangrove, hutan rawa, hutan musim, hutan, dan hutan pantai. Masing-masing memiliki ciri tersendiri yang nerbeda dari hutan hujan tropis.

23 By : kelompok 4


Download ppt "Pemanfaatan SDA Kelompok 4 Nasya Aldina (22) Maulani P Hardini (18) Indina Ashri Sahputri (16) Fathiya Amirahana (13) Aprillia az-zahra (8)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google