Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bentuk usahatani pertanian primitive yang di anggap lebih efisien antara lain: 1.pemetaan dan registrasi hak pemilik tanah, 2.pemagaran tanah untuk mencegah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bentuk usahatani pertanian primitive yang di anggap lebih efisien antara lain: 1.pemetaan dan registrasi hak pemilik tanah, 2.pemagaran tanah untuk mencegah."— Transcript presentasi:

1

2 Bentuk usahatani pertanian primitive yang di anggap lebih efisien antara lain: 1.pemetaan dan registrasi hak pemilik tanah, 2.pemagaran tanah untuk mencegah 3.pengambilan tanah sewenang-wenang, 4.konsolidasi yang terpancar pancar, 5.distribusi tanah untuk mendapatkan suatu manajemen yang efisien, dan mengubah syarat-syarat penyakapan

3 Pertanian dalam arti luas mencakup (1) pertanian rakyat atau pertanian dalam arti sempit, (2) perkebunan,(3) kehutanan (4) peternakan (5) perikanan  Pertanian rakyat yaitu usaha pertanian rakyat yaitu usaha pertanian keluarga yang memproduksi bahan makan utama,seperti beras,palawija (jagung,kacang-kacangan, dan ubi-ubian),dan tanaman hortikultura yaitu sayur-sayuran dan buah-buahan.

4 PERKEBUNAN Perkebunan atau plantation tidak hanya dikenal di Indonesia,tetapi juga di negara lain. Pada umumnya, perkebunan terdapat didaerah bermusim panas di dekat khatulistiwa. Oleh karena menggunakan sistem menajemen seperti pada perusahan industri dengan memanfaatkan hasil- hasil penelitian dari teknologi terbaru,maka perkebunan sering pula disebut industri perkebunan atau industri pertanian.

5 HUTAN  Hutan di indonesia yang diperkirakan luasnya lebih dari 120 juta hektar dikategorikan berdasarkan rencana peruntukan kedalam beberapa hal berikut.  Hutan lindung yang berfungsi memberikan perlindungan terhadap tanah,tata air,iklim,serta lingkungnya.  Huta suaka alam yang berfungsi memberikan perlindungan terhadap binatang,untuk keperluan pengetahuan, dan kebudayan.  Hutan produksi yaitu hutan hutan yang memberikan manfaat produksi kayu dan hasil hutan yang lain berdasarkan prinsip-prinsip pengelolahan hutan yang berlaku yang mengenal prinsip kekekalan hasil.

6 PETERNAKAN Dilihat dari pola pemeliharaannya,peternakan di indonesia dapat dibagi menjadi tiga kelompok seperti berikut.  Peternakan Rakyat dengan cara pemeliharaan tradisional  Peternakan Rakyat dengan Cara Pemeliharaan yang Semikomersil  Peternak Komersil

7 PERIKANAN  Yang di maksudkan dengan perikanan ialah segala usaha penangkapan budi daya ikan serta pengolahan sampai pada pemasaran hasilnya.  Sedangkan, yang di maksud sumber perikanan ialah binatang dan tumbuh-tumbuhan yang hidup di perairan, baik darat maupun laut.

8 SECARA EKONOMI pertanian di bagi dua:  yaitu pertanian rakyat terutama bersifat subsisten (tidak semata-mata bersifat komersial)  dan yang bersifat komersial dengan tujuan semata-mata untuk pasar.

9 SECARA TEKNIS  Pertama, pertanian dengan proses pengambilan hasil yang bersifat ekstraktif yaitu mengambil hasil dari alam dan tanah tanpa usaha untuk mengembalikan sebagian hasil tersebut untuk keperluan pengambilan pada kemudian hari. Kedua, adalah yang bersifat generatif,yaitu pertanian yang memerlukan usaha pembibitan untuk pembenihan, pengelolahan, pemeliharaan, pemupukan, dan lain-lain, baik untuk tanaman maupun untuk hewan

10 PANCA USAHATANI 1. Penggunaan bibit varietas unggul. 2. Mengusahakan kultur teknik  Rotasi tanaman  Tumpang sari, 3. Proteksi tanaman 4. Penggunaan Pupuk 5. Pengairan

11  Berdasarkan cara orang mengatur pertanamannya ada dua kelompok multiple cropping, Yaitu :  penataan berganda secara tunggal (monokultur)  dan penataan berganda secara campuran (catch cropping).

12 Penataan Pertanaman Sela  tumpang sari (Intertcropping)  tanaman sela (Interplanting)  tanaman sela budidaya (Interculture)  tanam sisipan (Relay planting)


Download ppt "Bentuk usahatani pertanian primitive yang di anggap lebih efisien antara lain: 1.pemetaan dan registrasi hak pemilik tanah, 2.pemagaran tanah untuk mencegah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google