Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BIOSFER BIOMA EKOSISTEM KOMUNITAS POPULASI INDIVIDU TINGKATAN MAHLUK HIDUP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BIOSFER BIOMA EKOSISTEM KOMUNITAS POPULASI INDIVIDU TINGKATAN MAHLUK HIDUP."— Transcript presentasi:

1 BIOSFER BIOMA EKOSISTEM KOMUNITAS POPULASI INDIVIDU TINGKATAN MAHLUK HIDUP

2 BIOTIK MUTUALIS ME PARASITIS ME KOMENSA LISME PREDASI KOMPETISIALELOPATI B. INTERAKSI DALAM EKOSISTEM 1. Interaksi antar komponen biotik  terjadi antar populasi organisme yang menyusun ekosistem

3 B. Interaksi Dalam Ekosistem 1.Interaksi Antarkomponen Biotik A. Mutualisme Mutualisme merupakan bentuk hubungan atau interaksi antarorganisme dan dua spesies yang berbeda.hubungan mutualisme akan menguntungkan bagi kedua organisme yang terlibat didalamnya.Beberapa spesies dapat hidup tanpa organisme partner mutualismenya.Hubungan seperti ini di sebut dengan mutualisme fakultatif.Berbeda lagi dengan mutualisme obligatif,yaitu hubungan yang terjadi antara kedua jenis organisme yang hanya dapat hidup dengan bermutualisme.Contoh bentuk mutualisme adalah bakteri yang hidup di dalam sistem pencernaan hewan herbivora.Hewan herbivora berukuran besar tidak bisa mencerna selulosa.Dibutuhkan bakteri simbiotik atau protozoa dalam saluran pencernaan hewan tersebut untuk memecah selulosa.Dari hubungan mutualisme ini,hewan herbivora mendapatkan nutrisi yang bisa di serap oleh tubuh,sedangkan bakteri simbiotik atau protozoa mendapatkan habitat yang nyaman dengan makanan yang melimpah,yaitu di sistem pencernaan hewan herbivora. Beberapa contoh mutualisme lainnya : a.Simbiosis antara fungi dengan ganggang hijau biru membentuk Lichen b.Simbiosis antara fungi dengan akar tumbuhan membentuk mikoriza c.Simbiosis antara semut dengan aphid.Semut melindungi Aphid dari pemangsanya,sedangkan aphid memberikan cairan sejenis madu kepada semut

4 B. Komensalisme Merupakan bentuk hubungan atau interaksi antarorganisme dari dua spesies yang berbeda,yang mana hanya satu organisme saja yang memperoleh keuntungan sedangkan yang lainnya tidak terpengaruh. Contoh Komensalisme : Ikan remora menempel pada Ikan Hiu,sehingga ikan remora dapat berpindah tempat dengan cepat.Ikan remora juga mendapatkan keuntungan lainnya,yaitu memperoleh makanan dari sisa – sisa makanan ikan hiu.Ikan hiu sendiri tidak diuntungkan dan tidak juga dirugikan dari keberadaan ikan remora. C. Alelopati Adalah hubungan atau interaksi antarorganisme,yang mana keberadaan satu organisme dapat menghambat pertumbuhan atau perkembangan organisme lainnya melalui pelepasan toksin atau racun.beberapa jenis fungi dapat menghasilkan toksin berupa antibiotik yang menghambat pertumbuhan bakteri.

5 D. Predasi Hubungan atau interaksi antarorganisme yang mana satu organisme memakan organisme lainnya di sebut dengan predasi.Organisme yang memakan disebut dengan predator,sedangkan organisme yang dimakan disebut dengan mangsa. Contoh hubungan predasi,yaitu pada singa dengan zebra,kuda dengan rumput,dan ular dengan tikus. Hubungan predator – mangsa sering mempengaruhi kelimpahan suatu jenis organisme.Populasi predator – mangsa saling berkaitan demikian dekatnya,sehingga kelimpahannya terlihat sama. E. Kompetisi Adanya persaingan untuk mendapatkan sumber yang terbatas menyebabkan terjadinya hubungan atau interaksi dalam bentuk kompetisi.Sumber terbatas yang diperebutkan pada kompetisi bisa berupa makanan,pasangan hidup dan wilayah kekuasaan.kompetisi dapat terjadi antarindividu dari spesies yang sama,yaitu kompetisi intraspesifik.Kompetisi juga terjadi antarindividu dari dua spesies yang berbeda,yaitu kompetisi interspesifik.contoh kompetisi intraspesifik,yaitu persaingan antartumbuhan Sorghastrum nutans dalam mendapatkan nitrogen,sedangkan contoh kompetisi interspesifik,yaitu persaingan antara kuda dan sapi dalam memperoleh rumput di ladang penggembalaan yang sama. F. Parasitisme Adalah hubungan antarorganisme berbeda spesies,yang mana satu jenis organisme (parasit) hidup bersama atau menumpang dengan organisme lainnya (inang) dan menimbulkan kerugian bagi organisme yang di tumpanginya.Parasit memperoleh keuntungan dari kehidupan inangnya. Cacing pita merupakan organisme yang hidup secara parasit.cacing pita hidup menempel pada alat pencernaan inangnya,kemudian menyerap makanan yang di cerna oleh inangnya.


Download ppt "BIOSFER BIOMA EKOSISTEM KOMUNITAS POPULASI INDIVIDU TINGKATAN MAHLUK HIDUP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google