Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

* Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. ekologimakhluk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "* Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. ekologimakhluk."— Transcript presentasi:

1

2 * Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. ekologimakhluk hidup

3 Istilah ekosistem pertama kali diusulkan oleh seorang ahli ekologi berkebangsaan inggris bernama A.G Tansley pada tahun Beberapa penulis telah menggunakan istilah yang berbeda tetapi dengan maksud yang sama misalnya: * Tahun 1987 ahli ekologi jerman bernama Karl Mobius menulis tentang komunitas organisme dalam batu karang dan menggunakan istilah biocoenesis (biokinesis) yang artinya ekosistem. * Tahun 1887 ahli ekologi amerika serikat S.A Forbes menulis karangan kuno tentang danau dan menggunakan istlah microcosm (mikrokosm) yang artinya ekosistem.

4 * Memiliki sumber energi yang konstan, umumnya cahaya matahari. * panas bumi pada ekosistem yang ditemukan di dasar laut yang dangkal. * Populasi makhluk hidup mampu menyimpan energi dalam bentuk materi organik. * Terdapat daur materi yang berkesinambungan antara populasi dan lingkungannya. * Terdapat aliran energi dari satu tingkat ke tingkat yang lainnya.

5 Di bagi menjadi 4 yaitu : 1. Individu : makhluk hidup yang berdiri sendiri yang bersifat bebas atau tidak mempunyai hubungan dengan sesamanya. 2. Populasi : sekelompok organisme dari spesies yang sama yang menempati suatu ruang atau tempat tertentu dan waktu tertentu.

6 3. Komunitas : sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, 4.Biosfer : sistem ekologis global yang menyatukan seluruh makhluk hidup dan hubungan antar mereka, termasuk interaksinya dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air), dan atmosfer (udara) Bumi

7 Berdasarkan struktur dasar ekosistem ada 2 yaitu biotik dan abiotik * Berdasarkan segi nutrisi komponen biotik dibagi menjadi 2 : autotrofik dan heterotrofik * Berdasarkan segi penyusunan ada 4 yaitu komponen abiotik, produsen, konsumen dan pengurai

8 * Dibagi menjadi 2 yaitu hubungan makan dan hubungan simbiosis dan hubungan kompetisi

9 Dibagi menjadi 6 bagian yaitu * Nutrisi Autotrof, Makhluk hidup tertentu yang dapat mensintesis makanannya sendiri. * Nutrisi Heterotrof, hubungan makan diantara makhluk hidup yang bergantung pada makhluk hidup yang lain sebagai sumber energinya. * Saprofit, makhluk hidup yang menggunakan bahan organik dari organisme yang telah mati sebagai sumber makanannya. * Herbivora, makhluk hidup pemakan tumbuhan * Karnivora, makhluk hidup pemakan hewan lain * Omnivora, makhluk hidup pemakan segala.

10 * Di bagi menjadi 3 bagian yaitu SimbiosisOrganisme AOrganisme BContoh Mutualisme++Lumut kerak, antara ganggang dan jamur Komensalisme+0Hiu dan ikan remora parasitisme+-Benalu dengan tumbuhan inang

11 Ada 2 bagian yaitu * habitat : tempat suatu organisme dapat hidup dan menyediakan semua hal yang dibutuhkan. * Relung (niche) : cara hidup suatu organisme.

12 Dari presentasi tentang konsep ekosistem, ada tiga pokok yang saling terkait dan mempengaruhi lajunya perkembangan ekosistem, yaitu : * ketersediaan sumber daya * faktor pembatas fisik * kemampuan dari organismenya

13 SEKIAN TERIMA KASIH


Download ppt "* Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. ekologimakhluk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google