Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

.4 Oleh: Rinawati BAB 5 KEANEKARAGAMAN MAHLUK HIDUP A.CHARACTERISTICS OF ORGANISM (CIRI-CIRI MAHLUKHIDUP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: ".4 Oleh: Rinawati BAB 5 KEANEKARAGAMAN MAHLUK HIDUP A.CHARACTERISTICS OF ORGANISM (CIRI-CIRI MAHLUKHIDUP."— Transcript presentasi:

1

2 .4 Oleh: Rinawati BAB 5 KEANEKARAGAMAN MAHLUK HIDUP A.CHARACTERISTICS OF ORGANISM (CIRI-CIRI MAHLUKHIDUP

3 PRE MEMORY

4 Pada awalnya, terdapat celah tipis dalam cangkang telur, kemudian celah membuka lebih besar. Setelah cangkang membuka, pertama kali terlihat mata dan bila kamu saat itu ada di dekat telur, maka kamu akan mendengar suara. Akhirnya anak ayam keluar dari cangkang tersebut. Dari gambar tersebut kamu dapat mengetahui bahwa sebutir telur merupakan tempat bagi perkembangan embrio (janin) ayam. Telur tersebut juga menyimpan makanan dan air yang diperlukan ayam. Hanya beberapa minggu setelah itu anak ayam tumbuh menjadi besar. Anak ayam itu hidup, kamu juga hidup demikian juga rumput. Apakah tanah itu hidup? Bagaimana dengan sepeda? Kamu mungkin jarang memikirkan tentang

5 kenyataan bahwa kamu dikelilingi oleh makhluk hidup dan benda tak hidup. Ternyata banyak aktivitas tertentu yang menempatkan sesuatu itu ke dalam kelompok tumbuhan atau hewan yang mempunyai sifat fisik dan ciri-ciri tertentu untuk bisa dikatakan hidup? Misalnya, sifat manusia meliputi mata hitam,rambut keriting, dan kemampuan berjalan tegak. Sesuatu dikatakan sebagai organisme jika merupakan makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri hidup.organism have specific characteristics which differentiate them from non living things.(MH mempunyai ciri-ciri khusus yg membedakanya dari benda tak hidup)

6 Those characteristics are as follows ( Ciri-ciri tersebut antara lain adalah ) 1.Respirasi / Bernapas/Need oxygen to breathe All of organism need oxygen to breathe.Dari proses respirasi ini akan dihasilkan energi, uap air dan gas karbondioksida sebagai sisa pemecahan molekul makanan.Energi yang dihasilkan selama respirasi digunakan untuk seluruh aktivitas dalam proses kehidupan. Sedangkan karbondioksida yang dihasilkan pada saat respirasi akan dikeluarkan berupa gas saat bernapas.alat pernapasan pada hewan dan tumbuhan berbeda-beda.al:hewan bertulang belakang yg hidup didarat bernapas dengan paru-paru,yg hidup di air bernapas dengan insang.sedangkan pada tumbuhan pengambilan oksigen dilakukan oleh stomata dan lenti sel

7 Makhluk hidup atau benda yang ada di sekeliling kita

8 English-UN SMP 2009 Ot Setiawan Djuharie 2.Move / Bergerak All of organism can move Bergerak adalah ciri dari suatu makhluk hidup. Burung terbang di udara, ular melata di tanah. Kuda dan kambing berjalan di tanah. Kita berjalan dan berlari di tanah. Terbang,melata, berjalan, dan berlari adalah cara-cara organisme bergerak dan berpindah tempat dari suatu tempat ke tempat lain.Alat gerak dapat berupa kaki utk berlari,sayap untuk terbang,sirip untuk berenang. Gerak pada manusia dan hewan disebut gerak aktif.pada tumbuhan disebut gerak pasif. Pergerakan pada tumbuhan dilakukan oleh sebagian tubuhnya sehingga tidak terlihat jelas adannya perpindahan tempat.

9 Gambar: Makhluk hidup yang bergerak dengan cara terbang (a), melata (b), berjalan dan berlari( c ) Ujung batang bergerak kearah datangnya cahaya,akar bergerak ke bawah menembus tanah dan daun putri malu akan menguncup ketika disentuh.

10 English-UN SMP 2009 Otong Setiawan Djuharie 3. Sensitive to stimulation/ peka terhadap Rangsangan / Iritabilitas In humans,the eye sense organs is sensitive to light stimulus.The ear is sensitive to sound stimulus.The nose is sensitive to smell stimulus.the tongue is sensitive to taste (sentuhan) stimulus.The whether is sensitive to the staste is sweet, salty(asin),sour(asam),or bitter (pahit).contoh pada tumbuhan,Bila kamu menyentuh tanaman putri malu,kamu akan melihat kemampuan mereka bereaksi terhadap rangsang yang datang dari lingkungannya,yaitu sentuhan. Ujung tanaman yang membengkok ke arah sinar juga menunjukkan bahwa tanaman tersebut mampu menerima dan menanggapi rangsang yaitu berupa sinar.

11 Gambar tanaman putri malu: Daun tanaman putri malu mengatupkan daunnya ketika disentuh.

12 4.Grow and develop/Tumbuh dan Berkembang Bila kamu melihat pohon kelapa, tanaman jagung, atau pohon pisang, kamu akan melihat tumbuhan tersebut tumbuh, menghasilkan bunga, dan buah setelah beberapa bulan. Tumbuh adalah pertambahan ukuran tubuh yang tidak kembali lagi ke ukuran semula, akibat penambahan jumlah sel dan pembesaran sel-sel penyusun tubuh.Semua perubahan yang terjadi selama kehidupan dari suatu organisme dikenal sebagai berkembang (perkembangan). Pada tumbuhan ditunjukan mulainya berbunga pada tumbuhan tersebut. Pada hewan perkembangan ditunjukan dengan kemampuan menghasilkan keturunan,pada manusia dapat diamati mulai dari bayi hingga dewasa.

13 Jumlah sel yang membentuk tubuhmu bertambah dan kamu menjadi bertambah besar. Beberapa sel pada tubuhmu berkembang menjadi sel kulit, sedangkan sel lainnya menjadi sel saraf dan sel tulang. Perkembangan itu tidak mudah dilihat dalam semua organisme, misalnya bakteri yang tidak tampak perkembangannya. Sel tunggal seperti bakteri tumbuh dan kemudian berkembangbiak sendiri dengan membelah diri. Walaupun bakteri tidak tampak berkembang, banyak perubahan terjadi dalam sel karena sel melaksanakan bermacam-macam aktivitas kehidupan. Cermati proses perubahan bentuk yang terjadi pada katak. Di manakah tempat hidup mereka ketika masih kecebong (di air) dan ketika sudah menjadi katak dewasa mereka hidup di darat.

14 English-UN SMP 2009 Otong Setiawan Djuharie Cermati proses perubahan bentuk yang terjadi pada katak pada Gambar berikut ini: Apakah menurutmu, perubahan bentuk pada katak menggambarkan proses pertumbuhan dan perkembangan?

15 5. Reproduce / Berkembang biak/ Reproduksi All of organisms have the ability to reproduce to maintain their species.(semua MH memmiliki kemampuan berkembang biak untuk melestarikan keturunnannya) Anakan tanaman hias berasal dari induk tanaman hias. Demikian juga anak harimau dilahirkan oleh induk harimau. Proses ini disebut dengan berkembang biak, yang berarti bahwa makhluk hidup tersebut menghasilkan keturunan. Hewan seperti sapi dan rusa menghasilkan keturunan dengan cara melahirkan, sedangkan beberapa hewan seperti kura-kura, ayam, menghasilkan keturunan dengan cara bertelur.

16 Jl. Permai 20 No Margahayu Permai, Bandung, Ph , Makhluk hidup mampu berkembang-biak dengan dua cara, yaitu secara generatif (seksual) dan vegetatif (aseksual). Disebut seksual jika melibatkan sel- sel kelamin induknya, yaitu sel telur dan sel sperma.Disebut aseksual jika satu organisme dapat menghasilkan individu baru misalnya dengan cara membentuk tunas atau membelah diri. Cara ini tidak melibatkan sel-sel kelamin induknya. Jika kamu memperbanyak tanaman bunga mawar dengan cara stek, atau memperbanyak tanaman mangga dengan cara mencangkok, termasuk dalam perkembangbiakan secara apa? Pernahkah terpikir olehmu bahwa bunga memiliki bagian-bagian jantan dan betina yang mengandung sel sperma dan sel telur.

17 Gambar : Bagian-bagian bunga

18 6. Need water / Memerlukan Air Semua makhluk hidup memerlukan air. Pernahkah kamu mengambil beberapa bunga segar dan meletakkannya dalam gelas yang berisi air? Mengapa kamu perlu melakukan ini? 7. Need Food / Memerlukan Makanan/ Nutrisi Makhluk hidup tumbuh dan berkembang, menanggapi rangsang, dan melakukan kegiatan lainnya selama mereka hidup memerlukan energi untuk melakukan segala kegiatan itu? Seperti halnya mobil memerlukan bahan bakar, makhluk hidup juga memerlukan bahan bakar yang berupa energi yang berasal dari makanan.

19 Darimana tumbuhan memperoleh makanannya? Ternyata tumbuhan yang berwarna hijau mampu membuat makanannya sendiri. Tumbuhan mampu menangkap energi dari cahaya sinar matahari untuk diubah menjadi energi kimia dalam bentuk makanan melalui proses fotosintesis. 8. Eksresi / mengeluarkan zat sisa Makanan yg telah dimakan oleh mahluk hidup selain menghasilkan energi juga menghasilkan zat sisa berupa CO2 dan uap air.manusia mengeluarkan CO2 melalui paru-paru, sedangkan ikan melalui insang.proses pengeluaran zat sisa dari dalam tubuh keluar tubuh disebut eksresi.pada tumbuhan zat sisa berupa CO2 yg dilepaskan ke udara di ambil kembali untuk fotosintesis.

20 Jl. Permai 20 No Margahayu Permai, Bandung, Ph , Adaptasi adaptasi adalah kemampuan mahluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya.terdapat tiga macam adaptasi: 1.Adaptasi Morfologi yaitu penyesuain diri tehadap alat-alat tubuhnya. ex.burung elang mempunyai kuku tajam untuk menerkam mangsa,bunga teratai mempunyai lebar untuk memperluas bidang penguapan. 2.Adaptasi Fisiologi yaitu penyesuaian terhadap lingkungan dengan fungsi alat– alat tubuh.ex:manusia menambah sel darah merah saat berada dipegunungan. 3.Adaptasi Tingkah laku yaitu penyesuaian diri terhadap lingkungan dengan tingkah lakunya. Ex: Bunglon mengubah warna tubuhnya, ikan paus muncul kepermukaan secara periodik


Download ppt ".4 Oleh: Rinawati BAB 5 KEANEKARAGAMAN MAHLUK HIDUP A.CHARACTERISTICS OF ORGANISM (CIRI-CIRI MAHLUKHIDUP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google