Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ima Yudha Perwira.  Sel adalah unit terkecil dari mahluk hidup.Bagian sel dibagi 3 bagian penting,yaitu: Membran sel (selaput yang membungkus seluruh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ima Yudha Perwira.  Sel adalah unit terkecil dari mahluk hidup.Bagian sel dibagi 3 bagian penting,yaitu: Membran sel (selaput yang membungkus seluruh."— Transcript presentasi:

1 Ima Yudha Perwira

2  Sel adalah unit terkecil dari mahluk hidup.Bagian sel dibagi 3 bagian penting,yaitu: Membran sel (selaput yang membungkus seluruh isi sel), Inti sel (Nucleus) (bagian utama yang yang mengatur seluruh kegiatan pada sel), dan Sitoplasma (bagian yang mengisi seluruh bagian sel antara yang berada di dalam Membran dan diluar Inti sel).

3  Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan adalah bahwa: Sel Hewan tidak memiliki dinding sel, tidak memiliki plastida, memiliki lisosom, memiliki sentrosom, timbunan zat berupa lemak dan glikogen, dan bentuk tidak tetap.  Jaringan adalah kumpulan dari beberapa sel yang sejenis dan memiliki fungsi yang sama.  Jaringan penting pada hewan,antara lain: Jaringan Epitel, Jaringan Otot, Jaringan Syaraf, Jaringan Ikat, dan Jaringan penyokong.

4  Jaringan Epitel yaitu jaringan yang melapisi permukaan tubuh bagian luar maupun dalam. Bentuk jaringan ini dibagi 3 yaitu Jaringan epitel pipih, epitel silindris bersilia dan epitel kubus berlapis tunggal.  Jaringan Otot yaitu jaringan yang tersusun atas sel-sel otot dan bersifat lentur. Jaringan otot dibagi 3 yaitu: Otot polos terdapat pada dinding alat-alat dalam, Otot lurik terdapat pada rangka, dan Otot jantung terdapat pada dinding jantung.

5  Jaringan Syaraf yaitu jaringan yang tersusun atas sel-sel syaraf.  Jaringan Ikat yaitu jaringan yang menghubungkan bagian tubuh satu dengan tubuh lain.  Jaringan penyokong atau penunjang yaitu jaringan yang terdiri dari jaringan tulang lain yang dan memiliki fungsi sebagai pemberi bentuk tubuh selain rangka, melindungi bagian tubuh dan menguatkan tubuh.

6  Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan untuk melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh, sedangkan sistem organ adalah gabungan dari organ-organ tubuh yang menjalankan fungsi tertentu.  Fisiologi adalah sains yang meneliti dan mempelajari fungsi-fungsi dari organ mahluk hidup.

7  Sistem pernapasan atau sistem respirasi adalah sistem organ yang digunakan untuk pertukaran gas.  Pertukaran gas yang dimaksud adalah pertukaran gas Oksigen dan gas Karbondioksida.  Oksigen yang dibutuhkan untuk proses respirasi sel ini berasal dari atmosfer, yang menyediakan kandungan gas oksigen sebanyak 21% dari seluruh gas yang ada.

8 Respirasi Aerobik Metabolisme: Pertumbuhan, Reproduksi, dll

9  Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular adalah suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel.  Sistem peredaran darah, merupakan bagian dari kinerja organ jantung, jaringan pembuluh darah, dan sel darah.  Pertama, darah mengangkut oksigen dari paru- paru ke sel dan karbon dioksida dalam arah yang berlawanan, Kedua, yang diangkut dari nutrisi yang berasal pencernaan seperti lemak, gula dan protein dari saluran pencernaan dalam jaringan masing-masing untuk mengonsumsi, sesuai dengan kebutuhan mereka, diproses atau disimpan.

10 Sistem peredaran darah ikan

11  Osmoregulasi adalah proses untuk menjaga keseimbangan antara jumlah air dan zat terlarut yang ada dalam tubuh hewan.  Alasan utama ikan melakukan osmoregulasi karena perubahan keseimbangan jumlah air dan zat terlarut di dalam tubuh memungkinkan terjadinya perubahan arah aliran air/zat terlarut menuju ke arah yang tidak diharapkan.  Proses inti dalam osmoregulasi yaitu osmosis. Osmosis adalah pergerakan air dari cairan yang mempunyai kandungan air lebih tinggi (yang lebih encer) menuju ke cairan yang mempunyai kandungan air yang lebih rendah (yang lebih pekat).

12 Mekanisme Osmoregulasi Ikan Air Tawar Mekanisme Osmoregulasi Ikan Air Laut Pada ikan air tawar minum sedikit air dan mengeluarkan urine dalam jumlah besar, hal ini dikarenakan lingkungannya yang bersifat hipotonis. Pada ikan air tawar berlangsung mekanisme filtrasi dan reabsorpsi mineral dan zat-zat makanan yang lebih banyak diabsorpsi, sedangkan air hanya sedikit diserap. Pada ikan air tawar terdapat glomerulus dalam jumlah banyak dan berukuran besar. Pada ikan laut sangat mudah terjadi dehidrasi karena air sangat mudah keluar karena perbedaan tekanan osmotik dan ikan air laut memiliki glomerulus yang sedikit dan berukuran lebih kecil daripada ikan air tawar sehingga reabsorpsi di tubulus hanya sedikit, ini menyebabkan ikan air laut banyak meminum air dan mengeluarkan sedikit urine. Pada ikan insang juga termasuk organ ekskresi karena mengelurkan CO 2 dan H­ 2 O.

13  Sistem saraf adalah sistem koordinasi (pengaturan tubuh) berupa penghantaran impul saraf ke susunan saraf pusat, pemrosesan impul saraf dan perintah untuk memberi tanggapan rangsangan.  Unit terkecil pelaksanaan kerja sistem saraf adalah sel saraf atau neuron.  Sistem saraf sangat berperan dalam iritabilitas tubuh. Iritabilitas memungkinkan makhluk hidup dapat menyesuaikan diri dan menanggapi perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya. Jadi, iritabilitas adalah kemampuan menanggapi rangsangan.

14  Sistem hormon adalah sistem yang tersusun dari penghasil hormon (kelenjar/glandula) dan hormon itu sendiri. Hormon berbentuk cair yang dihasilkan oleh kelenjar. Hormon merupakan senyawa kimia yang targetnya bisa berupa kelenjar lain atau suatu jaringan tertentu.  Kelenjar secara umum ada 2 macam, yaitu kelenjar eksokrin dan kelenjar endokrin.  Kelenjar eksokrin didefinisikan sebagai kelenjar yang menghasilkan hormon yang dikeluarkan tidak di darah, tetapi di permukaan suatu organ atau jaringan epitel. Sedangkan kelenjar endokrin adalah kelenjar yang mengeluarkan hormon ke darah.

15  Sistem reproduksi adalah suatu rangkaian dan interaksi organ dan zat dalam organisme yang dipergunakan untuk berkembang biak.  Organ utama pada ikan jantan berupa testis yang nantinya akan menghasilkan sel spermatozoa. Organ utama pada ikan betina berupa ovarium yang nantinya akan menghasilkan sel ovum.  Ketika sel gamet jantan yaitu spermatozoa dan sel gamet betina yaitu ovum bila terjadi pembuahan akan menghasilkan zigot (individu baru) dan terjadi perkembangan embrio di dalam telur.


Download ppt "Ima Yudha Perwira.  Sel adalah unit terkecil dari mahluk hidup.Bagian sel dibagi 3 bagian penting,yaitu: Membran sel (selaput yang membungkus seluruh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google