Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

By : VIVIN DIANA DAMAYANTI ( 0910211102 ). 2. Epitel selapis Jaringan epitel selapis di bedakan menjadi 3 macam bentuk : pipih, batang ( silindris ) dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "By : VIVIN DIANA DAMAYANTI ( 0910211102 ). 2. Epitel selapis Jaringan epitel selapis di bedakan menjadi 3 macam bentuk : pipih, batang ( silindris ) dan."— Transcript presentasi:

1 By : VIVIN DIANA DAMAYANTI ( )

2 2. Epitel selapis Jaringan epitel selapis di bedakan menjadi 3 macam bentuk : pipih, batang ( silindris ) dan kubus

3 a. Epitel pipih Srtuktur epitel pipih Bentuknya seperti sisik ikan sehingga disebut squamous cell. Pada potongan tegak lurus permukaan epitel tampak bentuk sel yang memanjang dengan bagian tengahnya yang berisi inti lebih menebal. Bentuk pipih pada sel epitel hanyalah sel-sel yang terletak pada lapisan permukaan.

4 Jaringan ini berfungsi dalam proses difusi, osmosis, filtrasi, dan sekresi. Lokasi terdapat pada jaringan epitelium pembuluh limfe (getah bening), pembuluh darah kapiler, selaput pembungkus jantung, paru-paru, ginjal, dan selaput perut.

5 menurut lapisannya, Epitel pipih di bagi menjadi 2 : 1.Epitel pipih selapis Jaringan epitel pipih selapis berperan dalam proses filtrasi, sekresi, dan difusi osmosis. Jaringan epitel pipih selapis (sederhana) banyak ditemukan pada organ-organ seperti pembuluh darah, pembuluh limfa, paru- paru, dan selaput perut. Sitoplasma jaringan ini sangat jernih, inti selnya berbentuk bulat di tengah, dan sel-selnya tersusun sangat rapat.

6

7 2.Epitel Pipih Berlapis Seperti epitel pipih selapis, sel jaringan epitel pipih berlapis (kompleks) tersusun sangat rapat. Rongga mulut, esofagus, laring, vagina, saluran anus, dan rongga hidung banyak tersusun oleh jaringan ini. Fungsinya adalah sebagai pelindung dan penghasil mukus.

8

9 b. Epitel batang ( silindris ) terdiri dari satu lapis sel dan selnya berbentuk silindiris sehingga inti yang berbentuk oval tampak terletak pada satu deretan. Epitel ini dapat ditemukan pada permukaan selaput lendir tractus digestivus dari lambung sampai anus, vesica fellea, dan ductus excretorius beberapa kelenjar. Pada beberapa tempat kadang-kadang pada permukaan selnya mengalami modifikasi yaitu dengan adanya silia, misalnya dapat dijumpai pada permukaan uterus dan bronchiolus.

10 Menurut lapisannya epitel batang ( silindris ) di bagi menjadi 2 : 1. Epitel batang selapis. Sel berbentuk batang, sitoplasma jernih, dengan inti sel bulat berada di dekat dasar merupakan ciri jaringan ini. Epitel batang selapis banyak ditemukan pada usus, dinding lambung, kantong empedu, saluran rahim, saluran pencernaan, dan saluran pernafasan bagian atas. Jaringan epitel batang selapis berfungsi dalam proses sekresi, penyerapan (absorpsi), penghasil mukus, dan pelicin/pelumas permukaan saluran.

11

12 2. Epitel batang berlapis banyak. Seperti namanya, jaringan ini tersusun banyak lapisan sel yang berbentuk batang. Jaringan epitel batang berlapis banyak terdapat pada beberapa organ tubuh seperti bagian mata yang berwarna putih, faring, laring, dan uretra. Fungsi epitel batang berlapis banyak yaitu sebagai tempat sekresi yakni penghasil mukus,dan ekskresi, misalnya kelenjar ludah dan kelenjar susu. berlapis banyak

13

14 3. Epitel kubus Sel kubus mempunyai ukuran tebal dan panjang yang sama sehingga tampak sebagai bujur sangkar. Dari permukaan epitel, bentuk selnya tampak poligonal.

15 Menurut lapisannya sel kubus d bagi menjadi 2 : 1. Epitel kubus selapis Jaringan epitel berbentuk kubus selapis ditemui pada beberapa bagian, meliputi permukaan ovarium, nefron, ginjal, dan lensa mata. Fungsi epitel kubus selapis adalah tempat sekresi.

16

17 2. Epitel kubus berlapis banyak Epitel kubus berlapis banyak terdapat pada beberapa bagian tubuh, yakni folikel ovarium, testis, kelenjar keringat, dan kelenjar ludah. Fungsi jaringan ini adalah sebagai pelindung dan penghasil mukus. Selain itu, jaringan ini juga berfungsi sebagai pelindung dari gesekan.

18

19


Download ppt "By : VIVIN DIANA DAMAYANTI ( 0910211102 ). 2. Epitel selapis Jaringan epitel selapis di bedakan menjadi 3 macam bentuk : pipih, batang ( silindris ) dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google