Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ORGANISASI KEHIDUPAN. SEL JARINGAN ORGAN SISTEM ORGAN ORGANISME.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ORGANISASI KEHIDUPAN. SEL JARINGAN ORGAN SISTEM ORGAN ORGANISME."— Transcript presentasi:

1 ORGANISASI KEHIDUPAN

2

3 SEL JARINGAN ORGAN SISTEM ORGAN ORGANISME

4 Apakah yang dimaksud dengan sel ? sel adalah suatu satuan atau unit terkecil yang menyusun tubuh mahluk hidup

5 Apakah yang dimaksud dengan organisme uniseluler dan organisme multiseluler, Berikan pula contohnya ! Mahluk hidup bersel satu (Uniseluler), contohnya yaitu: bakteri, paramecium, dan ameba. Mahluk hidup bersel banyak (multiseluler), contohnya yaitu : manusia, ikan, kucing, ayam, buaya, katak, tanaman jambu air, lumut dan sebagainya

6

7 Sebutkan tiga bagian utama sel beserta fungsinya ? 1.Membran sel atau selaput sel fungsi sebagai pelindung sel dan mengatur masuknya zat-zat yang diperlukan dan mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan lagi oleh sel 2.Sitoplasma Di dalam sitoplasma terdapat struktur halus yang disebut organel sel. Yang termasuk organel sel, antara lain : mitokondria, sentrosom, plastida, dan lain-lain. Secara umum sitoplasma merupakan tempat berlangsungnya kegiatan sel. 3.Inti sel atau nukleus Inti sel berfungsi sebagai pengatur seluruh kegiatan sel termasuk perkembangbiakan sel dan pertumbuhan sel. Di dalam inti sel terdapat kromosom, yang hanya tampak ketika sel sedang membelah. Kromosom berfungsi sebagai pembawa sifat keturunan.

8 Apakah fungsi dari gambar di bawah ini ! Sebagai pusat pernapasan sel

9 PERBEDAAN SEL HEWAN DENGAN SEL TUMBUHAN

10 Sebutkan perbedaan antara sel hewan dengan sel tumbuhan ? 1.Sel tumbuhan memiliki plastida dan dinding sel yang tersusun dari selulosa 2.Sel hewan memiliki sentriol

11 JARINGAN

12 JARINGAN EPITEL

13 APA FUNGSI JARINGAN EPITEL ? Fungsinya adalah melindungi jaringan lain yang ada di bawahnya, sebagai kelenjar, penyerap zat, dan penerima rangsang.

14 JARINGAN OTOT

15 APA FUNGSI JARINGAN OTOT ? Fungsi jaringan otot adalah sebagai alat gerak aktif

16 JARINGAN TULANG

17 APA FUNGSI JARINGAN TULANG ? Fungsi jaringan tulang adalah sebagai alat gerak pasif, untuk menegakkan tubuh, memberi bentuk tubuh dan melindungi alat-alat tubuh yang penting.

18 JARINGAN SARAF

19 APA FUNGSI JARINGAN SARAF ? Fungsi jaringan saraf sebagai penerima dan penerus rangsang

20 JARINGAN PADA TUMBUHAN

21 JARINGAN PENGANGKUT

22 APA FUNGSI JARINGAN PENGANGKUT –Jaringan xilem/pembuluh kayu. Jaringan xilem terdiri dari beberapa tipe sel, tetapi yang paling penting adalah pembuluh xilem dan trakeid xilem. Jaringan ini berfungsi mengangkut air dan garam mineral. –Jaringan floem/pembuluh tapis. Jaringan floem juga terdiri dari beberapa tipe sel, tetapi sel-sel yang paling penting adalah tabung tapis. Fungsi jaringan ini adalah mengangkut makanan ke seluruh tubuh tanaman.

23 ORGAN JANTUNG

24 DAUN

25 AKAR

26 BATANG

27 SISTEM ORGAN PADA MANUSIA

28 NoSistem OrganOrgan penyusunFungsi 1. Sistem pencernaan/Digesti Mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar,anus, hati, kantung empedu, pan-kreas Mencernakan makanan agar dapat diserap dan digunakan oleh sel-sel tubuh. 2. Sistem Pernapasan/ Respirasi Hidung, tenggorokan, paru- paru Memperoleh atau menyediakan oksigen dan me-ngeluarkan karbondiok-sida dan uap air. 3. Sistem peredaran darah/Transportasi jantung, arteri, vena, kapiler, pembuluh ge-tah bening, kelenjar limfe mengedarkan mengang-kut zat makanan, oksigen. Melindungi tubuh dari bibit penyakit, mengeluarkan zat sisa ( CO 2, uap air, dll) 4. Sistem pengeluaran/ ekskresi Kulit, paru-paru, ginjal, dan hati Mengeluarkan zat sisa/ sampah ke luar dari tubuh. Menjaga keseimbangan cairan di sekitar sel. 5Sistem koordinasi otak, sumsum tulang belakang, alat indera, dan hormon Menerima dan merespon rangsang dari lingkungan, mengatur aktivitas tubuh. 6.Sistem reproduksi Testis, ovarium, uterus, kantong semen Untuk proses perkem-bangbiakan 7.Sistem gerakRangka & otot tubuh Memberi bentuk tubuh, pelindung tubuh, alat gerak.


Download ppt "ORGANISASI KEHIDUPAN. SEL JARINGAN ORGAN SISTEM ORGAN ORGANISME."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google