Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kode MK : TI Revisi Terakhir : SESI 1 Tim Dosen PENDAHULUAN 2006T.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kode MK : TI Revisi Terakhir : SESI 1 Tim Dosen PENDAHULUAN 2006T."— Transcript presentasi:

1 Kode MK : TI Revisi Terakhir : SESI 1 Tim Dosen PENDAHULUAN 2006T

2 SesiPokok BahasanSub Pokok Bahasan 1Pendahuluan1.Definisi organisasi dan arsitektur computer 2.Arsitektur Von Neuman 3.Hubungan organisasi komputer dengan arsitektur komputer 2Struktur Komputer dan Fungsi1.Organisasi komputer 2.Blok diagram CPU 3.Organisasi register 4.Register data dan alamat 3Mikroprossesor dan arsitektur internalnya 1.Arsitektur prosessor X86 2.Penerapan untuk PC 4Memori1.Memori internal 2.Memori eksternal 3.Hirarki memori 5Cache memori1.Organisasi cache memori 2.Direct mapped cache 2

3 3 SesiPokok BahasanSub Pokok Bahasan 6Cache memori1.Associative cache 2.Set associative cache 7Virtual memoriKonsep virtual memori 8Mode pengalamatan dan set instruksi 1.Mode pengalamatan register 2.Mode pengalamatan register segera 3.Mode pengalamatan langsung 4.Mode pengalamatan tidak langsung 9Mode pengalamatan dan set instruksi 1.Mode pengalamatan relatif dasar 2.Mode pengalamatan langsung terindeks 3.Mode pengalamatan dasar terindeks 10Interkoneksi bus1.Pengertian bus dan sistem bus 2.Struktur bus, jenis bus, metode arbitrasi, interkoneksi bus dan prinsip operasi bus

4 4 SesiPokok BahasanSub Pokok Bahasan 11I/O Fungsi I/O, Piranti I/O, Operasi I/O dan Mode transfer data. 12Risc dan Pipelining1.Reduced instruction set architecture 2.Pipelining RISC 3.Perbedaan RISC dan CISC 4.Prosesor supersaklar 13Pengenalan multiprosessor1.Macam-macam arsitektur clean 2.Simetric multiprosessor 14Operasi unit kendali1.Operasi mikro 2.Kendali prosesor 3.Kendali mikroprogrammed

5  Mampu menjelaskan definisi organisasi dan arsitektur komputer  Mampu menjelaskan sejarah mikroprosessor dan penerapannya pada PC 5

6  Perkuliahan di mulai pukul 07.30 WIB  Toleransi keterlambatan + 15 menit  Toleransi keterlambatan berlaku untuk kedua belah pihak  Tingkat kehadiran perkuliahan 70% (Peraturan dari AKAKOM) 6

7 7 NoJenis PenilaianBobot 1Tugas dan Kuis30 2UTS35 3UAS35 Jumlah100

8 1. Definisi organisasi dan arsitektur komputer 2. Arsitektur Von Neuman 3. Hubungan organisasi komputer dengan arsitektur komputer 8

9 Definisi Organisasi Komputer  Organisasi komputer : berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural.  Contoh: Control signals, interfaces, memory technology. 9

10  Arsitektur komputer : berkaitan dengan atribut – atribut yang mempunyai dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.  Contoh: Set Instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk penyajian data, mekanisme I/O, teknik pengalamantan (addressing techniques). Definisi Arsitektur Komputer 10

11  Kata komputer berasal dari bahasa :  Latin yaitu Computare yang artinya menghitung.  Inggris disebut to compute.  Definisi komputer : sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.  Komputer memiliki struktur dan fungsi:  Struktur adalah bagaimana masing-masing komponen saling berhubungan satu sama lain  Fungsi merupakan operasi dari masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur 11

12  Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal (John von Neumann (1903-1957)). 12

13  ALU, berfungsi untuk melakukan semua perhitungan aritmatika dan logika yang terjadi sesuai dengan instruksi program.  Control Unit, berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer.  Memori, digunakan untuk menyimpan informasi baik program maupun data.  Perangkat input-output, berfungsi sebagai media yang menangkap respon dari luar serta menyajikan informasi keluar sistem komputer. 13

14  Pada arsitektur Von Neumann, program dan data dibagi pada ruang memori yang sama.  Pengumpulan program dan data diselesaikan menggunakan time division multiplexing yang akan berpengaruh pada performa mikrokontroler itu sendiri.  Salah satu contoh mikrokontroler yang menggunakan arsitektur Von Neumann (princeton) adalah Motorola 68HC11. 14

15 15 A Pentium II based motherboard. [Source: TYAN Computer, http://www.tyan.com.]

16  Arsitektur komputer berkaitan dengan atribute- atribute yang nampak bagi programmer.  Contoh : apakah tersedia instruksi untuk perkalian?  Organisasi komputer berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisaskan spesifikasi arsitektural.  Contoh : apakah instruksi perkalian diimplementasikan secara hardware, ataukah dikerjakan dengan penambahan secara berulang? 16

17  Arsitektur sama, tapi organisasi dapat berbeda.  Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi.  Semua intel famili x86 memiliki arsitektur dasar yang sama.  Famili IBM system/370 memiliki arsitektur dasar yang sama.  Organisasi antar versi memiliki perbedaan 17

18  1. Computer Organization & Architectur Designing For Performance : By William Stallings. Chapter 1.  2. Principle of Computer Architecture : By Miles J. Murdocca and Vincent P. Heuring. Chapter 1 18

19 1. Sebutkan organisasi komputer intel famili x86 ? 2. Jelaskan evolusi komputer dari generasi pertama sampai komputer generasi kelima!  Catatan : Tugas dikumpulkan pada sesi ke-2 dalam kertas A4 minimal 2 halaman, tulis tangan. 19


Download ppt "Kode MK : TI Revisi Terakhir : SESI 1 Tim Dosen PENDAHULUAN 2006T."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google