Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STKIP PGRI PONTIANAK Danar Santoso, S.Kom. Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STKIP PGRI PONTIANAK Danar Santoso, S.Kom. Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah."— Transcript presentasi:

1 STKIP PGRI PONTIANAK Danar Santoso, S.Kom

2 Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam komputer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah. Daftar perintah tersebut dinamakan program komputer dan unit penyimpanannya adalah memori komputer. Dalam bentuk yang paling sederhana komputer terdiri dari lima bagian utama yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Unit-unit tersebut adalah: masukan, memori, aritmetika dan logika, keluaran, dan kontrol. KOMPUTER

3 FUNGSI DASAR KOMPUTER  Fungsi Operasi Pengolahan Data  Fungsi Operasi Penyimpanan Data  Fungsi Operasi Pemindahan Data  Fungsi Operasi Kontrol Fungsi dasar sistem komputer adalah sederhana secara prinsipnya terdapat empat buah fungsi operasi, yaitu :

4

5 ORGANISASI KOMPUTER Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Menurut Andrew S. Tanembaum (2001), mengartikan orgasisasi komputer terstruktur merupakan cara membiuat struktur komputer sebagai rangkaian abstraksi yang setiap abstraksinya dibuat berdasarkan abstraksi sebelumnya sehingga kompleksitasnya dapat diatasi dan sistem komputer dirancang secara sistematis dan terorganisasi.

6 Lanjutan... Jadi menurut pengertian diatas, berarti bahwa organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer. Contoh unit-unit operasional tersebut adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.

7 ARSITEKTUR KOMPUTER Arsitektur Komputer secara umum lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Arsitektur komputer menurut, William Stalling (1988) mengartikan bahwa arsitektur komputer merupakan ilmu yang berkaitan dengan atribut-atribut sebuah sistem yang tampak bagi seorang pemrogram, atau yang mempunyai dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program pada komputer.

8 Dari pengertian ditas dapat disimpulkan bahwa arsitektur komputer merupakan studi dalam merancang komponen hardware yang berhubungan untuk membentuk komputer yang memiliki performance optimal dengan biaya yang wajar. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Lanjutan...

9

10 STRUKTUR KOMPUTER Terdapat empat struktur utama dalam komputer yaitu: 1. Central Processing Unit (CPU) berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan pusat pengolahan fungsi – fungsi komputer. CPU = processor (prosesor) 2. Memori Utama, berfungsi sebagai penyimpan data. 3. I/O, berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya. 4. System Interconnection, merupakan sistem yang menghubungkan CPU, memori utama dan I/O.

11 Struktur dan fungsi komputer

12 Fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing- masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut: 1. Input Device (Alat Masukan) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh : keyboard 2. Output Device (Alat Keluaran) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Penjelasan...

13 3. I/O Ports Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini. 4. CPU (Central Processing Unit) CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer. 5. Memori Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

14 6. Data Bus Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel. 7. Address Bus Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. 8. Control Bus Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

15

16 Kemajuan Teknologi (Komputer) di Dunia (yang real dan nyata) Yang di bahas : Penerapannya Tugas Individu


Download ppt "STKIP PGRI PONTIANAK Danar Santoso, S.Kom. Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google