Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ULUMUL QUR’AN MATERI 2 H. Anas Alhifni, S.EI Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Syariah UNIVERSITAS DJUANDA BOGOR 2012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ULUMUL QUR’AN MATERI 2 H. Anas Alhifni, S.EI Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Syariah UNIVERSITAS DJUANDA BOGOR 2012."— Transcript presentasi:

1 ULUMUL QUR’AN MATERI 2 H. Anas Alhifni, S.EI Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Syariah UNIVERSITAS DJUANDA BOGOR 2012

2 DEFINISI AL-QURAN Menurut bahasa, “Qur’an” berarti “bacaan”, yaitu masdar dari kata qara` qira`atan, qur`anan. Sebagaimana dalam firman Allah SWT : إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآَنَهُ فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُرْآَنَهُ ( القيامة 17-18) ِ Artinya : "Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya dan membacanya. Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu`. (Al;-Qiyamah :17-18)

3 Adapun menurut istilah Al-Qur’an القرآن هو كلام الله المنزل على محمد عليه السلام المتعبد بتلاوته Artinya : “Kalam Allah yang merupakan mu’jizat yang diturunkan kepada nabi Muhammad, yang disampaikan secara mutawatir dan membacanya adalah ibadah”.

4 Dari Pengertian tersebut dapat diambil beberapa pemahaman diantaranya : a.Definisi`kalam`(ucapan) merupakan kelompok jenis yang meliputi segala kalam. Dan dengan menghubungkannya dengan Allah ( kalamullah ) berarti tidak semua masuk dalam kalam manusia, jin dan malaikat. b. Batasan dengan kata-kata (almunazzal)`yang diturunkan` maka tidak termasuk kalam Allah yang sudah khusus menjadi milik-Nya. Sebagaimana disebutkan dalam Firman Allah :`Katakanlah: Sekiranya lautan menjadi tinta untuk kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu `.(al-Kahfi: 109).

5 c.Batasan dengan definisi hanya `kepada Muhammad saw` Tidak termasuk yang diturunkan kepada nabi-nabi sebelumnya seperti taurat, injil dan yang lain. d. Sedangkan batasan (al-muta'abbad bi tilawatihi) `yang pembacanya merupakan suatu ibadah` mengecualikan hadis ahad dan hadis-hadis qudsi.

6 NAMA-NAMA AL-QURAN : 1. Qur`an إِنَّ هَذَا الْقُرْآَنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ `Al Qur`an ini memberikan petunjuk kepada yang lebih lurus`.( al-Israa:9) 2. Kitab لَقَدْ أَنْزَلْنَا إِلَيْكُمْ كِتَابًا فِيهِ ذِكْرُكُمْ `Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab- sebab kemuliaan bagimu`.(al-Anbiyaa: 10)

7 3. Furqan تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَى عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا Artinya : “Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam`,(al-Furqan: 1) 4. zdikr إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ Artinya : “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur`an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya`.( al-Hijr :9) 5. Tanzil وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ Artinya : ”Dan sesungguhnya Al Qur`an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam`,(as-Syuaraa:192 ).

8 Penyebutan Al-Quran dan al-kitab lebih populer dari nama-nama yang lain. Dalam hal ini para ulama Qurra’ menyebutkan bahwa ia dinamakan Quran karena ia `dibaca` dengan lisan, dan dinamakan al- kitab karena ia `ditulis` dengan pena. Kedua kata ini menunjukkan makna yang sesuai dengan kenyataannya`. Penamaan Quran dengan kedua nama ini memberikan isyarat bahwa selayaknyalah ia dipelihara dalam bentuk hafalan dan tulisan

9 SIFAT-SIFAT AL-QURAN : 1. Nur (cahaya ) : وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكُمْ نُورًا مُبِينًا Artinya :`Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu. dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang`.(an-nisaa : 174 ) 2. Huda ( petunjuk ), Syifa` ( obat ), Rahmah ( rahmat ),dan Mau’idzah ( nasehat ) : يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ Artinya : “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman`.( Yunus : 57 ).

10 3. Mubin ( yang menerangkan ) : قَدْ جَاءَكُمْ مِنَ اللَّهِ نُورٌ وَكِتَابٌ مُبِينٌ Artinya :”Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menerangkan`.( al-Maidah :15 ). Dan sifat-sifat yang lain sebagaimana disebutkan dalam banyak ayatnya, seperti : Mubarak ( yang diberkati ), Busyra ( kabar gembira ),`Aziz ( yang mulia, perkasa ), Majid ( yang dihormati ), Basyr ( pembawa kabar gembira ) dan lain sebagainya.

11 PERBEDAAN ANTARA QURAN DENGAN HADIS QUDSI DAN HADITS NABAWI Ada beberapa perbedaan antara Quran dengan hadits Qudsi,yang terpenting diantaranya ialah : Al- Quranul karim hanya dinisbatkan kepada Allah, sehingga dikatakan: Allah ta`ala telah berfirman, sedang hadits Qudsi- seperrti telah dijelaskan diatas-terkadang diriwayatkan dengan disandarkan kepada Allah; sehingga nisbah hadits Qudsi kepada Allah itu merupakan nisbah yang dibuatkan.

12 Seluruh isi Quran dinukil secara mutawatir, sehingga kepastiannya sudah mutlak. Sedang hadits-hadits Qudsi kebanyakannya adalah khabar ahad, sehingga kepastiannya masih merupakan dugaan. Ada kalanya hadis Qudsi itu sahih, terkadang hasan ( baik ) dan terkadang pula da`if (lemah). Al-Quranul Karim dari Allah, baik lafal maupun maknanya. Maka dia adalah wahyu, baik dalam lafal maupun maknanya. Sedang hadis Qudsi maknanya saja yang dari Allah, sedang lafalnya dari Rasulullah SAW. hadis Qudsi ialah wahyu dalam makna tetapi bukan dalam lafal. Membaca Al-Quranul Karim merupakan ibadah, karena itu ia dibaca didalam shalat. Sedang hadis kudsi tidak di baca dalam shalat. Allah memberikan pahala membaca hadis Qudsi secara umum saja. Maka membaca hadis Qudsi tidak akan memperoleh pahala seperti yang disebutkan dalam hadis mengenai membaca Quran bahwa pada setiap huruf akan mendapatkan kebaikan.

13 Pahala membaca Al-Qur’an عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.”

14 Contoh hadits Qudsi عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : ” قَالَ اللَّهُ : أَنْفِقْ يَا ابْنَ آدَمَ، أُنْفِقْ عَلَيْكَ ( رواه البخاري ( وكذلك مسلم Diriwayatkan dari Abi Hurairah r.a, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman, berinfaklah wahai anak adam, (jika kamu berbuat demikian) Aku memberi infak kepada kalian

15 KARAKTERISTIK AL-QURAN 1. Al-Quran adalah Kitab Ilahi : الر كِتَابٌ أُحْكِمَتْ آَيَاتُهُ ثُمَّ فُصِّلَتْ مِنْ لَدُنْ حَكِيمٍ خَبِيرٍ Artinya : Alif laam raa, (Inilah) suatu Kitab yang ayat-ayatNya disusun dengan rapi serta dijelaskan secara terperinci yang diturunkan dari sisi (Allah) yang Maha Bijaksana lagi Maha tahu ( Huud 1)

16 2. Al-Quran adalah Kitab Suci yang terpelihara بِمَا اسْتُحْفِظُوا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ Artinya :…. disebabkan mereka diperintahkan memelihara kitab-kitab Allah … (Al-Maidah 44) 3. Al-Quran adalah Kitab Suci yang menjadi Penjelas dan dimudahkan Pemahamannya وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآَنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ Artinya : Dan Sesungguhnya Telah kami mudahkan Al- Quran untuk pelajaran, Maka Adakah orang yang mengambil pelajaran? (Al-Qomar 17)

17 4. Al-Quran adalah Kitab Suci yang Lengkap وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَانًا لِكُلِّ شَيْءٍ Artinya :..dan kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu (An-Nahl 89) 5. Al-Quran adalah Kitab suci bagi Seluruh Umat Manusia إِنْ هُوَ إِلَّا ذِكْرٌ لِلْعَالَمِينَ Artinya : Al-Quran itu tiada lain hanyalah peringatan bagi alam semesta (At-Takwir 27)


Download ppt "ULUMUL QUR’AN MATERI 2 H. Anas Alhifni, S.EI Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Syariah UNIVERSITAS DJUANDA BOGOR 2012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google