Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GELOMBANG Gelombang Transversal Gelombang Longitudinal Interferensi Gelombang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GELOMBANG Gelombang Transversal Gelombang Longitudinal Interferensi Gelombang."— Transcript presentasi:

1 GELOMBANG Gelombang Transversal Gelombang Longitudinal Interferensi Gelombang

2 Gelombang Transversal Gelombang transversal adalah gelombang yang mempunyai arah getar/simpangan tegak lurus dengan arah penjalaran. Untuk sebuah gelombang harmonik sederhana dinyatakan dalam bentuk fungsi : y(x,t) = A sin (kx -  t +  ) Dengan :A : Amplitudo k : bilangan gelombang  : kecepatan sudut  : Fase awal y(x,t) menyatakan arah simpangan dan x menyatakan arah penjalaran

3 Gelombang Transversal x y A -A Dengan : panjang gelombang f : frekuensi

4 Gelombang Longitudinal Gelombang transversal adalah gelombang yang mempunyai arah getar/simpangan sejajar dengan arah penjalaran. Untuk sebuah gelombang harmonik sederhana dinyatakan dalam bentuk fungsi :  (x,t) = A sin (kx -  t +  ) Dengan :A : Amplitudo k : bilangan gelombang  : kecepatan sudut  : Fase awal  (x,t) menyatakan arah simpangan dan searah dengan x yang menyatakan arah rambat.

5 Interferensi Gelombang Interferensi gelombang adalah gejala fisis yang teramati akibat terjadi superposisi dua atau lebih gelombang. y 1 (x,t) = A 1 sin(k 1 x -  1 t +  1 ) y 2 (x,t) = A 2 sin(k 2 x -  2 t +  2 ) y r (x,t) = y 1 (x,t) + y 2 (x,t) Dengan y r (x,t) adalah superposisi dari dua gelombang y 1 (x,t) dan y 2 (x,t).

6 Interferensi Gelombang Pola grafik dari superposisi dua gelombang untuk amplitudo A 1 = A 2 = 1 satuan dan  1 =  2 = 0. Pada gambar atas grafik untuk  1 = 18 rad/s dan  2 = 20 rad/s, sedangkan untuk gambar bawah untuk  1 = 2 rad/s dan  2 = 20 rad/s.

7 Interferensi Gelombang


Download ppt "GELOMBANG Gelombang Transversal Gelombang Longitudinal Interferensi Gelombang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google