Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JURNAL PENYESUAIAN Jurnal Penyesuaian (adjusting journal entries) adalah jurnal yang dibuat untuk mengoreksi akun-akun tertentu sehingga mencerminkan keadaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JURNAL PENYESUAIAN Jurnal Penyesuaian (adjusting journal entries) adalah jurnal yang dibuat untuk mengoreksi akun-akun tertentu sehingga mencerminkan keadaan."— Transcript presentasi:

1 JURNAL PENYESUAIAN Jurnal Penyesuaian (adjusting journal entries) adalah jurnal yang dibuat untuk mengoreksi akun-akun tertentu sehingga mencerminkan keadaan aktiva, kewajiban, beban, pendapatan dan modal yang sebenarnya. Alasan dibuatnya jurnal penyesuaian adalah 1.akun di dalam neraca saldo belum sepenuhnya benar. 2.belum dibuatnya dokumen pada akhir periode, sehingga transaksi belum dicatat.

2 Keadaan Jurnal Penyesuaian Dibuat Ada dua macam keadaan dimana jurnal penyesuaian perlu dibuat: 1.Keadaan dimana suatu transaksi telah terjadi, tetapi belum dicatat dalam akun. Contoh: beban gaji (timbul utang gaji) 2.Keadaan dimana suatu transaksi telah dicatat dalam suatu akun, tetapi saldonya perlu dikoreksi untuk mencerminkan keadaan sebenarnya Contoh: perlengkapan yang telah dibeli dan dicatat dalam akun aktiva

3 Dilihat dari pengaruhnya terhadap akun neraca dan laporan laba rugi, jurnal penyesuaian dapat digolongkan sebagai berikut: 1.Jurnal penyesuaian yang mempengaruhi beban dan utang. Jurnal penyesuaian yang dibuat, karena adanya beban yang telah terjadi, tetapi belum dicatat. Beban ini disebut beban yang masih harus dibayar (accrued expense) 2.Jurnal penyesuaian yang mempengaruhi beban dan aktiva. Jurnal penyesuaian ini perlu dibuat, karena saldo akun yang ada sudah tidak mencerminkan keadaan beban dan aktiva yang sebenarnya.

4 3.Jurnal penyesuaian yang mempengaruhi pendapatan dan aktiva Jurnal penyesuaian yang berhubungan dengan pendapatan yang telah dihasilkan tapi belum dicatat. Pendapatan ini disebut pendapatan masih harus diterima (accrued revenue) 4.Jurnal penyesuaian yang mempengaruhi pendapatan dan utang Jurnal penyesuaian yang berhubungan dengan saldo akun pendapatan atau utang yang sudah tidak mencerminkan keadaan sebenarnya. pendapatan ini disebut pendapatan diterima di muka (unearned revenues)

5 CONTOH Saldo akun perlengkapan pada neraca saldo adalah Rp 200,00, sedangkan perlengkapan yang masih tersisa adalah Rp 50,00. TanggalKeteranganRefDebitKredit 31/12-00 Beban perlengkapan Rp 150,00 Perlengkapan Perlengkapan Rp 150,00 Pemakaian Perlengkapan

6 CONTOH Pembayaran gaji terakhir adalah tanggal 28/ Pembayaran gaji berikutnya 4 Januari Gaji tanggal Desember 2000 belum dibayar sebesar Rp 18,00 TanggalKeteranganRefDebitKredit 31/12-00 Beban gaji Rp 18,00 Utang Gaji Utang Gaji Rp 18,00 Gaji yang masih harus dibayar

7 CONTOH Peralatan salon akan dapat dipakai 3 tahun. Penyusutan peralatan salon untuk Desember 2000 sebesar Rp 25,00 TanggalKeteranganRefDebitKredit 31/12-00 Beban penyusutan Rp 25,00 Akm peny peralatan Akm peny peralatan Rp 25,00 Penyusutan peralatan salon


Download ppt "JURNAL PENYESUAIAN Jurnal Penyesuaian (adjusting journal entries) adalah jurnal yang dibuat untuk mengoreksi akun-akun tertentu sehingga mencerminkan keadaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google