Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Penelitian ?  Melakukan Pengama tan,penyelidikan  Tujuannya: untuk mengetahui suatu, menemukan kebenaran.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Penelitian ?  Melakukan Pengama tan,penyelidikan  Tujuannya: untuk mengetahui suatu, menemukan kebenaran."— Transcript presentasi:

1

2 Penelitian ?  Melakukan Pengama tan,penyelidikan  Tujuannya: untuk mengetahui suatu, menemukan kebenaran

3 SIFAT/CIRI KHAS PENELITIAN 1. Penelitian harus berkisar disekeliling ma salah yang ingin dipecahkan 2. Penelitian sedikit-dikitnya harus mengan dung unsur-unsur originalitas 3. Penelitian harus didasarkan pada panda ngan ingin tau 4. Penelitian harus dilakukan dengan pandangan terbuka 5. Penelitian harus didasarkan pada assumsi bah wa suatu fenomena mempunyai hukum dan pengaturan 6. Penelitian berkehendak menemukan generalisasi atau dalil 7. Penelitian merupakan studi tentang sebab akibat 8. Penelitian harus menggunakan pengukuran yang akurat 9. Penelitian harus menggunakan teknik yang secara sa dar diketahui

4 METODE - PENELITIAN  Metode : “ cara yang benar “ sehingga mendapatkan hasil yang benar  Definisi: Suatu metode studi yang dilakukan seseorang Melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempur na terhadap sesuatu masalah,sehingga dipero Leh pemecahan yang tepat terhadap masalah Tersebut ( Hillway: 1956)

5 PENELITIAN –ILMIAH (dilakukan di PT)  Pengertian: Penelitian yang dilakukan untuk: mengem Bangkan Ilmu pengetahuan,teori, dan mene Mukan ilmu pengetahuan dan teori yang ba Ru.  Penelitian ilmiah harus menggunakan me Tode ilmiah

6 METODE ILMIAH KRITERIA 1. Berdasarkan Fakta 2. Bebas dari prasang ka 3. Menggunakan prin sip-prinsip analisa 4. Menggunakan hipo tesa 5. Menggunakan ukur an objektif 6. Menggunakan tehnik kuantifikasi ======================== LANGKAH-LANGKAH 1. Memilih dan mendefinisi kan masalah 2. Survai terhadap data yang tersedia (Studi kepustakaan) 3. Memformulasikan Hipotesa 4. Membangun kerangka a nalisa serta alat-alat dalam menguji hipotesa (menentukan model) 5. Mengumpulkan data primer 6. Mengolah,menganalisa, serta membuat interpretasi 7. Membuat generalisasi dan kesimpulan 8. Membuat laporan

7 METODE BERPIKIR KRITIS  Melalui silogisme yaitu: membuat kesimpulan berdasarkan premis yang ada ( umumnya dibedakan menjadi 2) 1. Pola pikir deduktif 2. Pola pikir induktif

8 KLASIFIKASI PENELITIAN MENURUT TUJUAN 1. Basic reserch (penelitian dasar atau penelitian murni) merupakan penelitian yang meliputi pengembangan ilmu pengetahun ( menguji kebenaran teori atau me ngetahui konsep tertentu secara mendalam 2. Applied reserch merupakan penelitian yang menyang kut aplikasi teori untuk memecahkan masalah, terdiri dari: a. Penelitian evaluasi;(memeberikan masukan untuk pengambil keputusan) b. Penelitian Pengembangan;(pengembangan produk) c. Penelitian tindakan (Sebagai dasar pemecahan masalah yang ada)

9 KLASIFIKASI PENELITIAN MENURUT METODE  Penelitian historis  Penelitian deskriptif  Penelitian korelasional  Penelitian Kausal Komparatif dan eksperimental

10 Suryabrata (1983) mengemukakan sejumlah metode penelitian sebagai berikut : Penelitian Historis yang bertujuan untuk membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan obyektif. Penelitian Deskriptif yang yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi atau daerah tertentu. Penelitian Perkembangan yang bertujuan untuk menyelidiki pola dan urutan pertumbuhan dan/atau perubahan sebagai fungsi waktu. Penelitian Kasus/Lapangan yang bertujuan untuk mempelajari secara intensif latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungansuatu obyek.

11 Penelitian Korelasional yang bertujuan untuk mengkaji tingkat keterkaitan antara variasi suatu faktor dengan variasi faktor lain berdasarkan koefisien korelasi Penelitian Eksperimental sungguhan yang bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat dengan melakukan kontrol/kendali Penelitian Eksperimental semu yang bertujuan untuk mengkaji kemungkinan hubungan sebab akibat dalam keadaan yang tidak memungkinkan ada kontrol/kendali, tapi dapat diperoleh informasi pengganti bagi situasi dengan pengendalian. Penelitian Kausal-komparatif yang bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab-akibat, tapi tidak dengan jalan eksperimen tetapi dilakukan dengan pengamatan terhadap data dari faktor yang diduga menjadi penyebab, sebagai pembanding. Penelitian Tindakan yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan baru atau pendekatan baru dan diterapkan langsung serta dikaji hasilnya.

12 McMillan dan Schumacher (2001) memberikan pemahaman tentang metode penelitian dengan mengelompokkannya dalam dua tipe utama yaitu kuantitatif dan kualitatif yang masing-masing terdiri atas beberapa jenis metode sebagaimana ditunjukkan pada tabel berikut.

13 Jenis – jenis metode penelitian

14 penelitian ex post facto adalah penemuan empiris yang dilakukan secara sistematis, peneliti tidak melakukan kontrol terhadap variable-variabel bebas karena manifestasinya sudah terjadi atau variable- variabel tersebut secara inheren tidak dapat dimanipulasi. Sebagai contoh: seorang peneliti ingin mengetahui pengaruh merokok terhadap kemampuan menyerap oksigen dalam darah. Peneliti tidak mungkin melakukan eksperimen dengan menyuruh orang menghisap beberapa batang rokok dalam sehari untuk diketahui pengaruhnya terhadap kemampuan darah dalam mengikat oksigen.


Download ppt "Penelitian ?  Melakukan Pengama tan,penyelidikan  Tujuannya: untuk mengetahui suatu, menemukan kebenaran."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google